Senin, 07 Januari 2013

PTK SD 12 - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENYEDERHANAAN


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PENYEDERHANAAN BILANGAN PECAHAN  MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR
PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI
SABRANG DELANGGU
TP 2007 2008

Bab I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
               Kegiatan belajar merupakan salah satu kegiatan pokok dalam proses pembelajaran. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran dan prestasi belajar secara maksimal.
Pendidikan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menciptakan manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi dengan peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh factor guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan optimal apabila guru mampu merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Menurut Suryo Subroto (1997 : 19) proses belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi dan program tindak lanjut. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak terlepas dari evaluasi.
1
 
 Seiring dengan hal diatas tidak terlepas dari penguasaan materi pelajaran khususnya matematika pada diri siswa di Sekolah Dasar Negeri Sabrang Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten. Menurut data hasil ujian kelas IV Tahun Pelajaran 2007/2008 daya serap terhadap mata pelajaran matematikan hanya 65%. Pada materi penyederhanaan pecahan dalam dua kali ulangan yang mencapai penguasaan materi sebesar 70% hanya 8 orang dari 19 siswa. Dari permasalahan tersebut maka guru kan mencari masalah yang menjadi kendala bagi siswa Sekolah Dasar Negeri Sabrang Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten sehingga dapat membantu meningkatkan penguasaan materi pelajaran matematika sehinggga prestasi belajar siswa juga meningkat, perbaikan pembelajaran bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas dalam mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PGSD 4412) pada program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka.
Susunan laporan ini berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan serta selama pelaksanaan, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Matematika di kelas IV, maka laporan ini disusun dengan sistematika secara garis besar meliputi Pendahuluan, Pelaksanaan Perbaikan, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran.

B.      Tujuan Penelitian

Dari latar belakang yang telah dikemukakan maka penelitian ini bertujuan untuk :
1.       Mendapatkan cara yang lebih efektif dalam membelajarkan matematika pada materi soal penyederhanaan bilangan pecahan
2.       Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika khususnya dalam penyederhanaan bilangan pecahan melalui penggunaan alat peraga bangun datar.
3.       Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika
4.       Membangkitkan minat siswa untuk menyukai mata pelajaran matematika

C.      Manfaat Penelitian

                        Dari hasil perbaikan ini diharapkan agar dapat dimanfaatkan oleh guru dan merupakan masukan bagi sistem pengajaran sehingga dapat :
1.       Membantu menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
2.       Menciptakan lingkungan belajar yang efektif, anak dan guru semua aktif
3.       Membangkitkan semangat siswa yang pasif
4.       Mengatasi kejenuhan siswa     
    

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700





0 komentar:

Posting Komentar