Senin, 28 Januari 2013

PTK SMA 76 - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
           Hasil belajar siswa ditentukan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah bakat, minat, sarana dan prasarana, pendekatan mengajar, dan metode pembelajaran . Salah satu faktor penting yang perlu mendapat perhatian adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Banyak metode maupun model pembelajaran yang digunakan oleh guru, tetapi tidak semuanya cocok digunakan dalam pembelajaran tertentu atau pokok bahasan tertentu. Maka dari itu guru dituntut agar dapat memilih metode pembelajaran yang tepat, sehingga dapat menciptakan proses belajar mengajar yang baik, menyenangkan dan siswa termotivasi untuk belajar.
           Berdasarkan pengalaman penulis, siswa kelas XIIPA 8 SMA Negeri 5 Medan dalam mengikuti proses pembelajaran terlihat pasif, kurang termotivasi dan tidak terdapat suatu interksi dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya rendah.
           Dari pengalaman tersebut penulis menyimpulkan bahwa metode pembelajaran, merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
           Metode Genius Learning dalam proses pembelajaran dapat membantu siswa untuk bisa mengerti kekuatan dan kelebihan sesuai gaya belajar mereka masing-masing, karena metode ini diawali dengan menggali dan mengerti kebutuhan anak didik. Selain itu metode Genius Learning juga merancang suasana kelas yang menyenangkan, dan dapat meningkatkan aktivitas siswa serta membuat pembelajaran lebih melekat pada diri siswa.
           Dari uraian tersebut, maka penulis akan mencoba untuk menerapkan metode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
           Untuk mengetahui apakah metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka penulis mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul: " UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PALAJARAN PENDID1KAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE GENIUS LEARNING DAN PENEMUAN TERBIMBING DI KELAS XI IPA 8 SMA NEGERI 5 MEDAN"

  Sehubungan dengan masalah yang dikemukakan di atas, maka sebagai identifikasi masalah adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang disebabkan oleh faktor dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa yaitu guru dalam menggunakan metode pembelajaran.

          Sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Apakah motode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI - IPA 8 SMA Negeri 5 Medan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ?
2.      Bagaimana penerapan motode Genius Learning dan Penemuan Terbimbing pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan?

              Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI - IPA 8 SMA Negeri 5 Medan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewaganegaraan .

E.      Manfaat penelitian
                        Berdasarkan tujuan penelitian tersebut maka penulis mengharapkan penelitian ini bermanfaat sebagai berikut:
1.    Bagi Siswa:
a.      Melatih siswa untuk menemukan gagasan-gagasan baru dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
b.      Memupuk pribadi siswa aktif dan kreatif
c.      Memupuk rasa tanggung jawab individu maupun kelompok
2.              Bagi Guru:
a.      Mengembangkan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar
b.      Memberikan alternatif pemilihan metode pembelajaran dalam Pendidikan Kewarganegaraan
c.      Mengembangkan profesionalisme dan karier untuk naik pangkat satu tingkat
3.      Bagi Sekolah:
a.       Memberikan informasi tentang kemampuan guru dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
b.      Memperbaiki proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 5

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar