Rabu, 09 Januari 2013

PTK SMA 21 - PENGGUNAAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN


PENGGUNAAN  METODE  DISKUSI  KELOMPOK  DAN  PEMBERIAN TUGAS DALAM  UPAYA  MENINGKATKAN   PRESTASI   BELAJAR
SsSEJARAH PADA MATERI POKOK PERKEMBANGAN MUTAKHIR SEJARAH DUNIA BAGI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1
NGUTER SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2008/2009


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Manusia adalah makhluk istimewa dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Hal ini karena manusia dilengkapi dengan akal pikiran, sehingga manusia mampu mengembangkan segala sesuatu yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Kuasa. Kemampuan belajar dan mengolah informasi pada manusia merupakan ciri penting yang membedakan manusia dari makhluk lain, kemampuan belajar itu memberi manfaat bagi individu dan juga bagi masyarakat untuk menempatkan diri dalam makhluk yagn berbudaya. Dengan belajar seseorang mampu mengubah perilaku dan membawa pada perubahan individu-individu belajar, yang memiliki pengetahuan, sikap, dan ketrampilan.
Kegiatan belajar merupakan salah satu kegiatan pokok dalam proses pembelajaran. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung pada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran dan prestasi belajar secara maksimal.
Pendidikan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menciptakan manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi dengan peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh faktor guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan optimal apabila guru mampu merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Menurut Suryo Subroto (1997 : 19) proses belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi dan program tindak lanjut. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak terlepas dari evaluasi.
Seiring dengan hal di atas tidak terlepas dari penguasaan materi pelajaran khususnya Sejarah pada diri siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Nguter. Menurut data hasil evaluasi Kelas XII IPS Tahun Pelajaran 2008/2009 daya serap terhadap mata pelajaran Sejarah pada Materi Pokok Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia sangat rendah. Pada kondisi awal pembelajaran Sejarah materi pokok Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia, hasil evaluasi yang dicapai sebanyak 27 dari 40 siswa tidak memenuhi KKM yang ditentukan yaitu di bawah 65. Hal ini disebabkan karena di dalam kegiatan belajar hanya mengandalkan teori dan kurang menyadari pentingnya pendekatan pembelajaran yakni metode pembelajaran.
                Metode pembelajaran dalam Sejarah ini banyak sekali yang tepat dan sesuai dengan tuntutan perkembangan pembelajaran Sejarah. Metode-metode pembelajaran Sejarah yakni metode demonstrasi, metode pemecahan masalah, metode drill dan latihan, metode penemuan, metode tanya jawab, metode inkuiri, dan sebagainya.
                Berdasarkan kajian latar belakang masalah tersebut di atas, maka ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Nguter   sebagai berikut:
1.       Prestasi Sejarah siswa SMA Negeri 1 Nguter masih tergolong rendah.
2.       Pelajaran Sejarah belum memiliki makna sebagai bagian dalam kehidupan sehari-hari.
3.       Pembelajaran Sejarah yang dilaksanakan oleh guru masih bersifat konvensional.
4.       Minimnya penerapan metode pengajaran dalam pembelajaran Sejarah khususnya Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia.
                Agar kualitas pendidikan anak meningkat maka seorang guru harus tahu pentingnya metode pembelajaran. Ada tiga cara utama dalam belajar yaitu model visual, auditorial, dan kinestetik. Visual adalah belajar melalui indra penglihatan. Auditorial adalah belajar melalui indra pendengaran. Kinestetik adalah belajar melalui peraba dan penglihatan. Dari ketiga cara tersebut harus didukung oleh sarana dan prasarana dan tidak kalah pentingnya dengan metode diskudi kelompok dan pemberian tugas. Dengan metode ini ketiga cara turut bisa menyatu sehingga belajar anak lebih maksimal. Dalam hal ini penulis mencoba menerapkan metode diskusi dalam pemahaman Perkembangan Mutakhir Sejarah Dunia guna meningkatkan prestasi belajar Sejarah kelas XII Sejarah di SMA Negeri 1 Nguter.
Berangkat dari masalah-masalah yang sangat mengganggu dan menghambat siswa yang bersangkutan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi, maka guru mengadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan terhadap mata pelajaran Sejarah pada diri siswa. Adapun perbaikan pembelajaran yang dipergunakan adalah penggunaan metode  

DAFTAR PUSTAKA



Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya

Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.

Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali

Hasibuan, J.J. Drs. Dip. Ed dan Moedjiono, Drs., 2000, Proses Belajar Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Sejarah. Malang : IKIP Malang.

Kusmana Pachrudin, E., Drs., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.

Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung PErsada Pres.

Moedjiono dan Dimyati, Moh. , 1991, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.

Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta :  UNS Press.

Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Sejarah. Solo : Sindhunata

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan,

Sriyono, Drs., dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.

UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia 

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar