Selasa, 08 Januari 2013

PTK SMA 18 - UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA


UPAYA  PENINGKATAN  HASIL  BELAJAR  BIOLOGI  PADA  MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELOMPOK BELAJAR MODEL JIGSAW SISWA
KELAS X-2 SMA NEGERI 4 MADIUN SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

ABSTRAK


UPAYA  PENINGKATAN  HASIL  BELAJAR  BIOLOGI  PADA  MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN METODE PEMBELAJARAN
KOOPERATIF KELOMPOK BELAJAR MODEL JIGSAW SISWA
KELAS X-2 SMA NEGERI 4 MADIUN SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2007/2008

Oleh :
Drs. DWI YULTRA BIMANTARA
NIP: 131 658 361

( Guru Biologi SMA Negeri 4 Madiun )


        Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Melalui metode eksperimen dapat menumbuhkan minat belajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati pada siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2008/2009; 2. Melalui metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati pada siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2008/2009.


Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Negeri 4 Madiun. Penelitian ini dilaksanakan pada 21 Agustus 2008 sampai dengan 21 Oktober 2008. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari  2 siklus.

 

Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Hasil penelitian: Pra siklus: Penguasaan materi Biologi sebelum diadakan perbaikan pembelajaran (pra siklus) dan siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 15 dari 39 siswa atau 32% dan yang tidak tuntas adalah 18 dari 29 siswa atau 62%; Pada siklus I siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 28 dari 39 siswa atau 72% dan yang tidak tuntas adalah 11 dari 39 siswa atau 28%; Pada Siklus II, Siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 37 dari 39 siswa atau 95% dan yang tidak tuntas adalah 2 dari 39 siswa atau 5%. Berdasarkan hasil penelitian Siklus I dan Siklus II, maka hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa, “Penerapan metode belajar kelompok kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi pada materi Keanekaragaman Hayati siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun, Semester II Tahun Pelajaran 2007/2008 ”, terbukti kebenarannya.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700



0 komentar:

Posting Komentar