Rabu, 16 Januari 2013

PTK SMA 59 - UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI POKOK DESAIN PENELITIAN SOSIAL DENGAN PENGGUNAAN RUANG MULTI MEDIA


UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI POKOK DESAIN PENELITIAN SOSIAL DENGAN PENGGUNAAN 
RUANG MULTI MEDIA
PADA SISWA KELAS XII IS 1 SMA NEGERI 1 MADIUN
SEMESTER II TAHUN 2008/2009

ABSTRAK

Oleh : ………………….

( Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Madiun )

Alamat : Jl. Mastrip No. 19 Madiun Jawa Timur
                Berawal dari rendahnya pemahaman siswa dan bosannya siswa dengan pembelajaran konvensional di dalam kelas, maka guru mengadakan perbaikan pembelajaran dengan penggunaan ruang multi media. Tujuan Penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan pemahaman Materi Pokok Desain Penelitian Sosial pada siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2008/2009.
                Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan yaitu dari tanggal 01 Pebruari 2009 s. d. 31 Maret 2009. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas XII IS 1 Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
                Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Pada pra siklus sebanyak siswa yang tuntas 32,4% atau 11 dari 34 siswa dan siswa yang tidak tuntas adalah 23 dari 34 siswa atau 67,6%. Pada siklus I, siswa yang tuntas adalah 19 dari 34 siswa atau 55,9% Terdapat peningkatan 23,5% dari sebelum diadakan perbaikan dan siswa yang tidak tuntas adalah 15 dari 34 siswa atau 44,1%. Penguasaan materi Sosiologi sesudah diadakan perbaikan pembelajaran pada siklus II  adalah: siswa yang tuntas 32 dari 34 siswa atau 94,1%. Terdapat peningkatan 38,2% dari siklus I dan siswa yang tidak tuntas adalah 2 dari 34 siswa atau 5,9%. Dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dari pra siklus ke siklus I dan dilanjutkan ke siklus II, maka hipotesa yang mengatakan “Penggunaan Penggunaan Ruang Multi Media dapat meningkatkan prestasi belajar Sosiologi pada materi pokok Desain Penelitian Sosial siswa kelas XII IS 1 SMA Negeri 1 Madiun semester II Tahun Pelajaran 2008/2009” terbukti kebenarannya.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar