Jumat, 04 Januari 2013

PTK SD 43 - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI RAJEGWESI 02


UPAYA    MENINGKATKAN   HASIL   BELAJAR   SISWA KELAS VI SD NEGERI RAJEGWESI 02 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL DALAM MENENTUKAN  VOLUM  BANGUN RUANG MELALUI  PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN

ABSTRAK  

Wadiatmo, 2006, FMIPA, Upaya    Meningkatkan   Hasil   Belajar   Siswa Kelas VI SD Negeri Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal dalam Menentukan  Volum  Bangun Ruang Melalui  Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan.
Berdasarkan hasil belajar siswa dua tahun yang lalu yaitu tahun pelajaran 2003/2004 dan tahun 2004/2005 di SD Negeri Rajegwesi 02 pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang rata-rata hasil belajar siswa masih rendah yaitu baru mencapai 5,6 dan 5,9. Hal itu merupakan masalah bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan tersebut. Upaya yang dilakukan melalui penggunaan alat peraga kubus satuan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar pokok bahasan menentukan volum bangun ruang. Rumusan masalah yang diajukan dalam skripsi ini berbunyi “Apakah penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI  SD Negeri Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal dalam menentukan volum  bangun ruang (balok dan kubus)? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI  SD Negeri Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal dalam menentukan volum  bangun ruang (balok dan kubus) melalui penggunaan alat peraga  kubus satuan. Manfaat penelitian ini bagi siswa adalah meningkatnya hasil belajar pokok bahasan menentukan volum bangun ruang, bagi guru meningkatnya kualitas pembelajaran dan bagi sekolah dapat memberikan kontribusi yang positif  bagi upaya peningkatan hasil belajar siswa. 
Penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama tiga siklus,  metode pengumpulan data penelitian ini  menggunakan pengamatan dan tes.  Subyek penelitian adalah siswa kelas VI, indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah meperoleh nilai minimal 7,0.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa  pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang ( balok dan kubus) mencapai rata-rata 6,4 pada  siklus I, 6,8 pada siklus II dan 8,5 pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran.
Saran, yang dapat disampaikan kepada guru kelas VI agar menggunakan alat peraga kubus satuan dalam mengajarkan materi menentukan volum bangun ruang, dan siswa kelas VI diharapkan berlatih dengan menggunakan alat peraga kubus satuan untuk mengerjakan soal-soal latihan menentukan volum bangun  ruang sehingga memudahkan dalam menyelesaikan soal tersebut.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700


0 komentar:

Posting Komentar