Rabu, 09 Januari 2013

PTK SMA 24 - INOVASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKITAR (IPAS)



INOVASI PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKITAR (IPAS)
POKOK BAHASAN KIMIA LINGKUNGAN MELALUI PEMBUATAN FILM TENTANG PENCEMARAN LINGKUNGAN SEKITAR

ABSTRAK

Lingkungan hidup di Indonesia  masih merupakan masalah yang krusial. Hal ini dapat kita saksikan setiap hari seperti kegiatan dan perilaku masyarakat dan industri yang menghasilkan sampah, limbah cair, dan emisi terhadap lingkungan. Alternatif  penyelesaian permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan dan pembinaan pada pendidikan formal (pendidikan dasar, menengah, dan tinggi), non formal (lingkungan masyarakat), dan informal (rumah tangga) yang melibatkan unsur pusat dan daerah. Menangani pendidikan dan pembinaan pada ketiga bentuk pendidikan tersebut memerlukan kebijakan, program dan pendanaan, partisipasi dan  kerjasama semua pihak untuk menyelesaikan masalah lingkungan di Indonesia.
Pendidikan Lingkungan Hidup adalah suatu mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Semarang dan terintegrasi dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar. Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) di dalamnya terdapat pokok bahasan Kimia Lingkungan. Pokok bahasan Kimia Lingkungan ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan sikap peserta didik dalam menjaga lingkungan hidup
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film  tentang pencemaran lingkungan sekitar  dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan. Dapat dilihat dari skor rata-rata minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan sebesar 28,78 berarti lebih besar dari skor  pada kriteria keberhasilan minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan yaitu 25.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film  tentang pencemaran lingkungan sekitar  dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Dapat dilihat dari skor rata-rata kepedulian siswa terhadap lingkungan sebesar 29,47 berarti lebih besar dari skor  pada kriteria kepedulian siswa terhadap  lingkungan yaitu 25.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film  tentang pencemaran lingkungan sekitar dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Dapat dilihat dari skor rata-rata keaktifan siswa sebesar 29,79 berarti lebih besar dari skor  pada kriteria keberhasilan performans (unjuk kerja) siswa  yaitu 25.
Inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan Kimia Lingkungan melalui pembuatan film tentang pencemaran lingkungan sekitar  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari  peningkatan nilai rata-rata ulangan harian dari sebelumnya 5,81 menjadi 7,98, sehingga ada peningkatan 2,17.
Siswa yang mendapat nilai ≥ 6,5 sebanyak 84,38 %. atau lebih dari 80%. Jadi penelitian ini berhasil karena melewati batas kriteria keberhasilan yaitu 80%.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700


0 komentar:

Posting Komentar