Jumat, 04 Januari 2013

PTK SMP 16 - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP I KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2006-2007


MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
KELAS VIII A SMP I KALIWUNGU KUDUS
TAHUN PELAJARAN 2006-2007
DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI POKOK
SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DENGAN TUTOR SEBAYA

ABSTRAK

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP 1 Kaliwungu Kudus masih rendah terutama dalam menyelesaikan soal-soal pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar  Matematika tersebut yaitu melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Dengan demikian muncul permasalahan “Apakah melalui implementasi pembelajaran dengan tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus sebanyak 40 orang, seorang guru Matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi : hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai ≥ 6,0.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dalam tabel sebagai berikut.
Siklus
Hasil belajar siswa
Nilai rata- rata
Prosentase ketuntasan
I
5,7
55%
II
6,57
81,08%

Dari tabel diatas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV. Dengan demikian disarankan sebaiknya guru Matematika dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700


0 komentar:

Posting Komentar