Sabtu, 05 Januari 2013

PTS 37 - GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA

KODE PTS 37 -GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM
MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU
DI SMA NEGERI I KARTASURA


ABSTRAK

GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU
DI SMA NEGERI 1 KARTASURA

Muhamad Rizkon Efendi. A 210 050 105, Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan profesionalisme guru ditinjau dari gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah; 2) besar pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap profesionalisme guru.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan explanatory research atau penelitian penjelasan. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Negeri 1 Kartasura yang berjumlah sebanyak 76 orang, seluruh populasi diambil sehingga disebut penelitian populasi. Data gaya kepemimpinan dan profesionalisme guru diperoleh melalui angket yang telah diujicobakan dan diuji validitas serta uji reliabilitas, Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis varians (anava) satu jalur dan analisis regresi linier sederhana, uji t, uji R2, dan perhitungan sumbangan relatif serta sumbangan efektif.
Hasil analisis regresi sederhana memperoleh persamaan garis regresi Y = 20,590 + 0,331.X. Persamaan menunjukkan bahwa profesionalisme guru dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat diambil kesimpulan: 1) Terdapat perbedaan profesionalisme guru ditinjau dari gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah di SMA Negeri 1 Kartasura. Hasil uji hipotesis dengan anava satu jalur diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (21,404 > 2,76) diterima pada taraf signifikansi 5%. Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang mengedepankan pendelegasian wewenang akan menghasilkan profesionalisme guru yang lebih tinggi daripada gaya kepemimpinan lainnya; 2) Besar pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Kartasura adalah sebesar 53,1%, sedangkan 46,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya pengalaman kerja, pengetahuan, tingkat pendidikan, motivasi kerja, dan lain-lain. Terbukti dari hasil uji hipotesis kedua analisis regresi sederhana yang memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) memperoleh nilai R2 sebesar = 0,531.

Kata kunci: profesionalisme guru, gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah           





DAFTAR PUSTAKA



Arikunto Suharsini, 2006. Prosedur penelitian, Suatu Pendekatan Prkatis. Edisi Revisi, Penerbit PT. Bina Aksara Jakarta.

Hamzah B. Uno, 2007. Profesi Pendidikan. Buni Aksara. Jakarta.

Ibrahim Bafadal, 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Penerbit PT. Bumi Aksara. Jakarta

Ermaya, dkk. 1997. Managemen dan Motivasi. Penerbit balai Aksara. Jakarta.

Faustino, 1997. managemen Sumberdaya Manusia. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Hasibuan Malayu, 1999. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hadari Nawawi, 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Maslow, A.H. 1993. Motivasi dan Kepribadia, Teori Motivasi dengan Pendekatan Hierarki Kebutuhan Manusia, Terjemahan PT. Pustaka Bionaman Pressindo. Jakarta.

Martinis yamin, 2006. Profesionalisasi Gru & Implementasi Kurikulum Berbasis Kopetensi. Gaung PersadaPress. Jakarta.

Maslow, Abraham, H. 1994. Motivasi dan Kepribadian - Teori Motivasi dengan Pendekatan Hirarki Kebutuhan Manusia. LPPM. Jakarta.

Musanaf, 1993. Manajemen Kepegawain di Indonesia. cetakan I.  PT. Gunung Angung. Jakarta.

Sarwoto, 1998. Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen. Edisi Revisi. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Stoner JAF. 1999. Manajemen. Terjemahan. Edisi Revisi. Erlangga. Jakarta.

Thoha Miftah. 1999 Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Veithzal Rivai, 2003. Kpemimpinan dan Perilaku Organisasi. PT. Raja Grafindo persada. Jakarta.

Wexley, Kenneth N. dan Gary A. Yukl, 1995, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Terjemahan, PT Bina Aksara, Jakarta.

Wahjosumuijo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT. Raja Grafindo persada. Jakarta.




Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700


0 komentar:

Posting Komentar