Rabu, 16 Januari 2013

PTK SMA 66 - PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MELALUI


PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MELALUI 
PEMBELAJARAN     KOOPERATIF   MODEL    TGT
DENGAN MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT  (CET)
DI KELAS XI-IPA4 SMA NEGERI 101 JAKARTA
TAHUN AJARAN 2008/2009 SEMESTER II

ABSTRAK


Asmanah. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Pokok Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Chemo-Edutainment (CET) Di Kelas XI-IPA4 SMA Negeri 101 Jakarta Tahun Ajaran 2008/2009 Semester II.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Media Chemo-Edutainment (CET).

Siswa SMA Negeri 101 Jakarta khususnya kelas XI-IPA4, pada ulangan Semester I hanya mencapai ketuntasan belajar kimia sebesar 37,50%. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 101 Jakarta setelah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Chemo-edutainment (CET). Komponen dalam model TGT meliputi penyajian materi, tim, game, turnamen dan penghargaan kelompok. Media CET yang digunakan berupa macromedia flash dan kartu soal kimia.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun fokus dalam penelitian adalah hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes akhir siklus dan kuisioner. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 70,29, pada siklus II adalah 85,08 dan pada siklus III adalah 85,60. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 75,00 %, pada siklus II naik menjadi 97,92 % dan pada siklus III tetap 97,92 %. Rata-rata nilai afektif siswa mengalami peningkatan yaitu 74,38 % pada siklus I naik menjadi 80,31 % pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 90,99 %. Rata-rata nilai psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan yaitu 88,23 % pada siklus I naik menjadi 91,15 % pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 96,98 %.
Simpulan penelitian adalah model pembelajaran TGT dengan media CET dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan adalah model TGT dengan media CET dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu variasi dalam pembelajaran, karena membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan semangat belajar siswa, dan membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami siswa.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar