Rabu, 16 Januari 2013

PTK SMA 42 - PENGGUNAAN PENDEKATAN KUIS TIM UNTUK MENINGKATKAN


PENGGUNAAN PENDEKATAN KUIS TIM
UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB INDIVIDU
DALAM KELOMPOK BELAJAR SISWA KELAS 3 AKUNTANSI-1
DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

ABSTRAK

Purbowati,Tutut,Endri 2006.Penggunaan Pendekatan Kuis Tim Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Individu Dalam Kelompok Belajar Siswa Akuntansi-1 Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
Kata-kata Kunci; model pembelajaran kuis tim, tanggung jawab individu, kelompok belajar.
Pengembangan diri melalui pembelajaran aktif dengan penggunaan pendekatan Kuis tim ini  lebih memusatkan  pada keragaman  kegiatan  siswa dalam kelompok belajar yang dinamis, mulai dari pemahaman konsep materi pembelajaran, membuat  pertanyaan merancang kegiatan kelompok, pembagian tugas anggota kelompok, merencanakan presentasi sampai pada pemberian penghargaan berupa score  dan penobatan kelompok terbaik pada setiap sesi. Oleh sebab itu , penggunaan model pembelajaran aktif dengan pendekatan kuis tim ini diharapkan dapat mengatasi masalah masalah pengembangan diri ,utamanya masalah tanggung jawab siswa dalam hubungannya dengan kelompok belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam penyelesaian tugas –tugas belajarnya secara kelompok , dalam rangka proses pengembangan diri.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Akuntansi – 1  SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo Tahun Pelajaran 2006 – 2007.Penelitian Tindakan Kelas ini dirancang  dalam 2 Siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Rencana tindakan beserta instrumen penelitian ( SAP, bahan ajar,lembar observasi,dan angket ) disiapkan oleh peneliti. Dalam pelaksanaan tindakan di kelas peneliti bertindak sebagai guru pembimbing sekaligus pengamat. Hasil tindakan dalam suatu siklus yang berupa keaktifan siswa, serta kemajuan – kemajuan aspek kepribadian dan pengembangan diri siswa, dievaluasi sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan tindakan dalam siklus berikutnya. Materi yang digunakan sebagai obyek penelitian adalah model pembelajaran aktif kuis tim dan implementasinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran aktif dengan pendekatan Kuis Tim dapat meningkatkan tanggung jawab individu dalam kelompok belajar. Peningkatan tanggungjawab tersebut dapat diketahui  dari makin aktifnya siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas dalam kelompok, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam presentasi kelompok, semangat bersaing secara sehat dalam kelompok dan membangun kekompakan kelompok. Model pembelajaran melalui pendekatan ini mendapat respon positif dari seluruh siswa dengan idikator hasil analisa angket pada akhir sesi, dan meningkatnya  penyelesaian tugas-tugas dan unjuk kerja.      
DAFTAR PUSTAKA
Nur, M., Wikandari, Prima, R., Sugiarto. 1998. Pendekatan – pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran.
                Surabaya, IKIP Surabaya
Semiawan, C 1987, Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajaran.
                Jakarta, PT  Gramedia
Silberman L Manvil, 1996. Active Learning, Bandung PT. Nusa Media Arikunto, S. 1998 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
                Jakarta, PT Rineka Cipta
Slavin, R.E. 1986. Learning Together, VII/002. Summer 1986 1-7
                America, American Educator
Tim Peneliti Proyek PGSM, 1999 Penelitian Tindakan Kelas.
                Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Winkel, W.S. 1999, Psikologi Pengajaran (Edisi Revisi),
                Jakarta, Grasindo

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar