Senin, 28 Januari 2013

PTK SMA 72 - UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DISKUSI DENGAN


UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DISKUSI
DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING  
SISWA KELAS X-5 SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH BIDANG STUDI EKONOMI PADA KONSEP PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA KESEIMBANGAN SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2004/2005
(Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 1 Kotagajah)

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DISKUSI DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS X-5 SMANEGERI 1KOTAGAJAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH BIDANG STUDI EKONOMI PADA KONSEP PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA KESEIMBANGAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2004/2005
(Penelitian Tindakan Kelas di SMA Negeri 1 Kotagajah)

Suatu kenyataan dalam penelitian di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kotagajah, pemberian metode diskusi mata pelajaran Ekonomi dalam konsep permintaan, penawaran dan harga keseimbangan ternyata disukai siswa.
Metode diskusi merupakan salah satu pilihan pendekatan pembelajaran pada kurikulum 2004. Metode diskusi ini sangat penting diberikan kepada siswa, karena dalam proses belajar mengajar hendaknya menekankan pada keterampilan memperoleh pengetahuan dan mengkomunikasikan perolehannya. Maka dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus melibatkan siswa baik secara fisik maupun mental (pikiran dan perasaan). Salah satu pendekatan pembelajaran siswa aktif yaitu Discovery Learning. Dalam pendekatan Discovery Learning perlu adanya suatu bentuk pembelajaran penemuan terbimbing, yang mana peran guru adalah sebagai fasilitator dan pemimpin.

Dari data analisa penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran penemuan dapat meningkatkan keterampilan diskusi siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa serta mampu meningkatkan ketuntasan belajar siswa, yaitu dari 85 % menjadi 100%.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar