Selasa, 08 Januari 2013

PTK SMA 19 - PENINGKATAN INTERAKSI PEMBELAJARAN SISWA DALAM


PENINGKATAN INTERAKSI PEMBELAJARAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 4 MADIUN DENGAN TEHNIK PEMBELAJARAN
EVERYONE IS A TEACHER HERE 
TAHUN PELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK


Rendahnya percaya diri siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan berdampak pada kemampuan siswa berinteraksi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa dalam proses pembelajaran materi Biologi di kelas X SMA 4 Madiun Penelitian Tindakan Kelas dipilih dalam rangka memperbaiki, meningkatkan kualitas/mutu interaksi pembelajaran  dan hasil pembelajaran di kelas dengan fokus tehnik pembelajaran everyone is a teacher here. Sebagai indikator peningkatan Interaksi pembelajaran siswa dalam pembelajaran materi Biologi adalah siswa aktif saling berkomunikasi antar siswa dan guru, baik secara lisan maupun tertulis, dengan cara mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan memberikan gagasan, siswa dapat berinteraksi/memanfaatkan sumber belajar secara maksimal dalam proses pembelajaran.
Sumber data dikumpulkan dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam penelitian. Jenis data yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran, hasil wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tehnik pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa dalam pembelajaran materi Biologi dan memperkecil tingkat kesulitan siswa untuk bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan gagasan dalam proses pembelajaran,  sehingga dapat meningkatkan kualitas/mutu interaksi pembelajaran dalam  proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Interaksi pembelajaran, pembelajaran everyone is a teacher here.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar