Sabtu, 05 Januari 2013

PTK PLB 01 - PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI


PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI
DENGAN STRATEGI PEMETAAN PANCA INDERA
BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS D III
SDLBN SAMBIROTO, PADAS, NGAWI

ABSTRAKSI

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI
DENGAN STRATEGI PEMETAAN PANCA INDERA BAGI SISWA TUNARUNGU KELAS D III SDLBN SAMBIROTO
KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI

Nama                          : TRI MARGOWATI
NIP.                              : 132 270 458
Nama Lembaga        : SDLBN Sambiroto, Kecamatan padas, Kabupaten Ngawi

Menulis sangat penting bagi anak tunarungu, karena merupakan prasarat bagi upaya belajar berbagai mata pelajaran lainnya. Siswa tunarungu kelas III B SDLBN Sambiroto Kecamatan Padas dalam pembelajaran menulis diharapkan dapat menulis karangan dengan topik yang sederhana dengan ejaan siswa yang merniliki kosakata terbatas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Strategi Pernetaan Panca.lndera Bagi Siswa Tunarungu Kelas D III SDLBN Sambiroto, Padas, Ngawi.
Desain penelitian menggunakan "Penelitian Tindakan Kelas" dan yang menjadi subyek atau populasi penelitian adalah siswa tunarungu kelas III B di SDLBN Sambiroto, Padas, Ngawi yang berjurnlah 5 anak.
Metode penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan kelas dengan jenis deskriptif kualitatif. Dengan tenik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan catatan di lapangan.
Teknik analisa data adalah reduksi data penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi pemetaan panca indera dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa tunarungu.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pernetaan panca indera merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa tunarungu D III SDLBN Sambiroto, Padas, Ngawi, dengan pemetaan panca indera siswa dapat memanfaatkan indera visual dan indera lainnya untuk mengungkapkan ide dan gagasannya.

Kata Kunci : Manulis Deskripsi, Pernetaan Panca Indera.


Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700


0 komentar:

Posting Komentar