Rabu, 16 Januari 2013

PTK SMA 65 - MENINGKATKAN KONSEP DIRI YANG POSITIF MELALUI


MENINGKATKAN KONSEP DIRI YANG POSITIF MELALUI
KONSELING PEER GROUP PADA SISWA KELAS X.5
DI SMA NEGERI 56 JAKARTA

ABSTRAK

Riwayati:  MENINGKATKAN KONSEP DIRI YANG POSITIF MELALUI KONSELING PEER GROUP PADA SISWA KELAS X.5 DI SMA NEGERI 56 JAKARTA

                      Penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan yaitu di SMA Negeri 56 Jakarta bahwa banyak siswa menunjukkan perilaku seperti: sangat peka terhadap kritik, hiperkritis terhadap orang lain, responsif berlebihan terhadap pujian, kurang mampu mengendalikan emosi, kurang yakin akan kemampuan diri sendiri dan pesimis terhadap kompetisi. Gejala-gejala tersebut mengidentifkasikan bahwa siswa kurang memiliki konsep diri yang positif.
                      Fenomena di atas mendorong peneliti untuk mengkaji efektifitas konseling peer group dalam meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa.
                      Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah suatu kajian reflektif yang dilakukan konselor dalam meningkatkan kemampuannya berfikir secara rasional dan bertindak untuk memperbaiki kualitas bimbingan terhadap siswa sehingga diperoleh kesimpulan: 1) konseling peer group dalam layanan pribadi sosial dapat meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa sebesar 8,66% pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 11,46% pada siklus II; 2) melalui konseling peer group, siswa terlatih dan terampil dalam meningkatkan konsep dirinya yang positif.
                      Penelitian ini menghasilkan rekomendasi yang ditujukan pada peneliti selanjutnya untuk mengkaji efektifitas konseling peer group dengan meneliti variabel yang sama dengan jumlah sampel yang relatif lebih besar sehingga hasil penelitian lebih representatif.


Kata Kunci : Konsep diri yang positif, konseling peer group

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar