Senin, 28 Januari 2013

PTK SMA 71 - PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI



PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
DENGAN METODE RESITASI MELALUI BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (STUDENT WORK SHEET) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRANGKENG KABUPATEN INDRAMAYU

ABSTRAKSI


H. Lina Herlina. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu.

Kata-kata kunci : Prestasi Belajar Akuntansi, Metode Resitasi, LKS

Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi  di SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu tergolong masih rendah. Hal tersebut diantaranya disebabkan model pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran akuntansi di SMA jika hanya disampaikan melalui ceramah akan sulit diterima oleh siswa dan membosankan. Dalam hal ini diperlukan oleh seorang guru untuk mempertimbangkan model pembelajaran lain yang efektif dan tepat sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dicobakan melalui penelitian ini adalah metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet).
Pada dasarnya LKS sebagai model pembelajaran merupakan usaha yang dilakukan guru agar siswa memiliki kemampuan untuk mengungkapkan dan mengekspresikan dirinya sebagai individu maupun kelompok. Kemampuan tersebut diperoleh siswa melalui pengalaman belajar sehingga memiliki kemampuan mengorganisir informasi yang ditemukan, membuat laporan dan menuliskan apa yang ada dalam pikirannya, dan selanjutnya dituangkan secara penuh dalam tugas-tugasnya.
Rumusan masalah yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) ? (2) Apakah pembelajaran dengan metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) dapat meningkatkan prestasi belajar Akuntansi  pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu ?. Tujuan penelitian ini (1) Ingin mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan memakai metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet). (2) Ingin mengetahui pengaruh metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas berupa penyelesaian suatu permasalahan secara berkelompok, dimana setiap kelompok punya tugas masing-masing, Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet), kemampuan siswa dalam menyampaikan materi di depan kelas dan belajar mandiri di rumah dapat ditingkatkan. Selain itu siswa menjadi lebih berani mengemukakan pendapat dan dapat menerapkan ilmu Akuntansi dalam kehidupan bermasyarakat. Variasi penerapan model pembelajaran ini dapat juga menghindari kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran akuntansi sehingga prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 66% menjadi 85,5 %. Berdasarkan penelitian bahwa prestasi belajar akuntansi yang diperoleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Krangkeng Kabupaten Indramayu nilai rata-ratanya meningkat pada siklus I yaitu 69 menjadi berkisar 85,5 pada siklus II.
Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) yang diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa, karena itu peneliti menyarankan agar metode resitasi (pemberian tugas) melalui lembar kerja siswa (Student Work Sheet) disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi di sekolah.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar