Rabu, 16 Januari 2013

PTK SMA 67 - MENINGKATANKAN PRESTASI DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA


MENINGKATANKAN PRESTASI DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA
MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI REDOKS
PADA KELAS X-7 SMA NEGERI 101 JAKARTA
TAHUN AJARAN 2009/2010 SEMESTER II

ABSTRAK


Asmanah. 2010. Peningkatan Prestasi dan Aktifitas Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Materi Redoks Pada Kelas X-7 SMA Negeri 101 Jakarta Tahun Ajaran 2009/2010 Semester II.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Aktifitas Siswa, Metode Tutor Sebaya.

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktifitas belajar siswa melalui metode Tutor  Sebaya pada materi reaksi redok kelas X-7 SMA Negeri 101 Jakarta. Penerapan metode ini dianggap sesuai untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh siswa karena dalam pembelajaran dengan metode Tutor Sebaya siswa dapat lebih mudah menerima bantuan dari teman-temannya dari pada gurunya, karena dengan temanya, apalagi dengan teman akrab ia tidak punya rasa engan, rendah diri dan sebagainya untuk bertanya ataupun  minta bantuan/diberi bantuan.
Tahapan tindakan ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus dan masing – masing siklus dilakukan dalam 2 (dua) kali pertemuan. Setiap siklus terdiri Dari beberapa langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), obserpasi ( observating), refleksi (reflecting). Waktu pelaksanaan dalam tindakan ini adalah selama tiga bulan, yaitu bulan Pebruari sampai bulan April 2010
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai tes kemampuan pemahaman pada siklus I adalah 62.43. sedangkan hasil tes pemahaman pada siklus II meningkatkan 9,8 poin, sedangkan persentase peningkatan hasil belajar 85 %. Aktifitas belajar siswa mencapai 14 %. Kemudian berdasarkan angket yang diberikan siswa menunjukkan 83.14% siswa setuju dengan menggunakan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan prestasi dan aktifitas siswa.
Dengan demikian hasil penelitian tindakan kelas menyimpulkan bahwa penggunaan metode totor sebaya secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa pada meteri reaksi redoks kelas X-7 SMA Negeri 101 Jakarta .

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar