Selasa, 08 Januari 2013

PTK SD 27 - Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) Dengan



Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) Dengan Metode Pemberian Tugas Mata Pelajaran
IPA Materi Mengidentifikasi Fungsi Pernafasan Hewan
Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Nglebak Kecamatan Tawangmangu  Kabupaten  Karanganyar
Semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010

Abstrak

Dra. Tri Sulistiyani:        Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) dengan Metode Pemberian Tugas Mata Pelajaran IPA  Materi Mengidentifikasi   Fungsi   Pernafasan   Hewan  pada  Siswa Kelas V SD Negeri 01 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010 

Kata kunci : Petode penugasan, Motivasi Mengerjakan PR

           Tujuan Penelitian ini adalah: “Untuk meningkatkan motivasi mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) melalui metode pemberian Tugas secara tepat pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010”

           Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri 01 Nglebak Tawangmangu. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 1 Agustus 2009 s. d. tanggal 6 September 2009. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SD Negeri 01 Nglebak Tawangmangu kelas V Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri tiga siklus yaitu siklus I, Siklus II, dan Siklus III.

           Hasil penelitian: Siklus I siswa yang mengerjakan  PR lengkap sebanyak 5 siswa atau 23%, mengerjakan PR tidak lengkap 11 siswa atau 50% dan tidak mengerjakan PR sebesar 6 anak atau 27%. Pada siklus II siswa yang mengerjakan PR lengkap sebanyak 13 siswa atau 23%, mengerjakan PR tidak lengkap 6 siswa atau 27% dan tidak mengerjakan PR sebesar 3 anak atau 14%. Siklus III sebanyak 22 siswa atau 100% telah mengerjakan PR. Siklus I terdapat 17 siswa atau 77% tidak tuntas dan hanya 5 siswa atau 23% yang berhasil tuntas. Pada siklus II terdapat 5 siswa atau 23% tidak tuntas dan 17 siswa atau 77% tuntas.  Pada  siklus III siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 91% sedangkan 2 siswa atau 9% tidak tuntas. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka hipotesis tindakan yang mengatakan: “Melalui metode pemberian tugas secara tepat dapat neningkatkan motivasi membuat PR mata pelajaran IPA materi Mengidentifikasi fungsi organ pernafasan hewan pada siswa Kelas V SD Negeri 01 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Semester 1 Tahun Pelajaran 2009/2010”, terbukti kebenarannya 

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700



0 komentar:

Posting Komentar