Selasa, 08 Januari 2013

PTK SMA 20 - UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN


UPAYA  MENINGKATKAN  PRESTASI  BELAJAR  SISWA DENGAN  METODE  DEMONSTRASI  DENGAN  MEDIA
SEQIP MATA PELAJARAN BIOLOGI  PADA SISWA
KELAS X/2 SMA NEGERI 4 MADIUN
TAHUN PELAJARAN 2006/2007

ABSTRAK 
Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk mempersiapkan generasi di masa depan, pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan berbagai cara seperti mengganti kurikulum, meningkatkan kualitas guru melalui penataran-penataran atau melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi. UU no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 3 menyatakan bahwa ; “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Negara berkembang selalu berusaha untuk mengejar ketinggalannya, yaitu dengan giat melakukan pembangunan di segala bidang kehidupan.
Proses belajar mengajar kelas X/2 SMA N 4 Madiun terhadap pelajaran Biologi dalam 2 kali ulangan rata – rata masih ada siswa yang belum penguasaan materi sebesar. Hal tersebut terlihat bahwa pelajaran didominasi oleh guru dan penjelasan guru kurang didukung dengan metode yang sesuai dan menarik perhatian siswa. Hal inilah yang mendorong perlu adanya perbaikan pembelajaran.
Sumber data dikumpulkan dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam penelitian. Jenis data yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran, hasil wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama, siklus kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik analisis deskriptif  kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tehnik pembelajaran dengan menggunakan media demontrasi dengan menggunakan media pembelajaran SEQIP misalnya : gambar/sketsa dapat meningkatkan interaksi siswa dalam pembelajaran materi Biologi dan memperkecil tingkat kesulitan siswa untuk bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan gagasan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas/mutu interaksi pembelajaran dalam  proses pembelajaran dan hasil belajar siswa, meningkatkan kemampuan siswa dalam mengguasai teori dan praktek.

Kata kunci : Interaksi pembelajaran, Media demontrasi, Media SEQIP, percobaan.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar