Senin, 28 Januari 2013

PTK SMA 69 - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI 
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL
STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
DI KELAS XI-IPA1 SMA NEGERI 101 JAKARTA
TAHUN AJARAN 2008/2009 SEMESTER II

ABSTRAK

Asmanah: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Di Kelas XI-IPA1 SMA Negeri 101 Jakarta Tahun Ajaran 2008/2009 Semester II

Kata  kunci:  Hasil  belajar  kimia,  umpan  balik  kuis  dan  Student  Teams Achievement  Division (STAD)


Metode yang digunakan dalapenelitian  ini  adalah  metode  penelitian tindakan kelas dengan empat siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XI-IPA1 SMA Negeri 2 Demak. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif .
Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 67,26, kemudian siklus II meningkat menjadi 76,66 dan  meningkat  lagi  pada  siklus  III  menjadi  80,1.  Ketuntasan  belajar  siswa  juga mengalami  peningkatan,  pada  siklus  I  adalah  80,95%,  kemudian  pada  siklus  II sebesar 92,86% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 95,26%. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa. Siswa semakin aktif bekerjasama dalam kelompok dan merasa senang          selama   proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah pemberian umpan balik kuis dalam model pembelajaran STAD dapat meningkatkan  hasil  belajar  kimia  siswa  kelas  XI  semester  2  SMA  Negeri  2 Demak, sehingga mencapai standar ketuntasan belajar secara klasikal. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: (1) Dalam   menggunakan   model pembelajaran STAD dibutuhkan manajemen waktu yang baik. (2) Guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran  yang  lebih  bervariasi  sehingga siswa  tidak  mengalami  kebosanan.  (3)  Guru  hendaknya  meningkatkan




Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar