MENINGKATKAN PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH
MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN KINERJA KLINIS
PADA SMK BINAAN KEPENGAWASAN KOTAMADYA JAKARTA BARAT
ABSTRAK
Bunardi Rudy, 2007.
Peningkatan Profesionalisme Kepala Sekolah Melalui Pengembangan
Manajemen Kinerja Klinis Pada SMK Binaan Kepengawasan Kotamadya Jakarta Barat,
DKI Jakarta.
Kata Kunci : PMKK, Profesionalisme
Pada
hakekatnya pembelajaran dalam suatu sekolah merupakan proses pelayanan
professional yang diberikan oleh kepala sekolah dan guru kepada siswa
berdasarkan kaidah-kaidah yang ada. Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis
(PMKK) kepala sekolah merupakan salah satu upaya peningkatan kemampuan
manajerial dan profesionalisme kepala sekolah dalam memberikan pelayanan
pendidikan dan sekolah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi berbagai
permasalahan pendidikan seperti rendahnya profesionalisme guru dan kepala sekolah
serta rendahnya prestasi belajar yang
dicapai siswa. Selain itu berdasarkan data yang ada menunjukkan bahwa sebagian
besar kepala SMK di daerah binaan paket kepengawasan Kotamadya Jakarta Barat
masih berkategori rendah dalam hal kemampuan dan sikap profesionalismenya.
Masalah ini
merupakan masalah yang serius yang harus segera ditangani, sebab kalau tidak
akan berdampak fatal, misalnya mutu pembelajaran merosot dan hilangnya sikap
professional guru. Oleh karena itu peneliti menawarkan suatu cara pemecahan
masalah melalui Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis (PMKK). Ditenggarai
dengan adanya Pengembangan Manajerial Kinerja Klinis (PMKK) maka kemampuan
kepala sekolah dalam hal pengelolaan secara operasional dan efisien terhadap
komponen-komponen yang berkaitan dengan sekolah akan meningkat sehingga
menghasilkan nilai tambah terhadap komponen tersebut menurut norma standar yang
berlaku.
Diharapkan
dengan diterapkannya Pengembangan Manajerial Kinerja Klinis bagi kepala sekolah
maka minimal 85% kepala sekolah memiliki tingkat profesionalisme dalam kategori
tinggi.
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap
siklusnya melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi.
Adapun tujuan
penelitian ini adalah : 1) Mendiskripsikan peranan Pengembangan Manajemen
Kinerja Klinis dalam upaya meningkatkan kemampuan dan sikap professional kepala
sekolah SMK. 2) Sebagai indicator bagi Pengawas sekolah dan Pembina sekolah
lainnya dalam melaksanakan tugasnya melakukan supervise kepala sekolah selaku
manajer lini pertama di sekolah agar dapat meningkatkan sikap dan kemampuan
profesionalnya dalam mengelola profesionalisme guru yang menjadi binaannya.
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada silkus I mean skor hanya 115
profesionalisme kepala sekolah dalam kategori rendah, siklus II mean skor 148,5
dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus III pada ketegori tinggi dengan
mean skor 163,5.
Hal ini dapat
diartikan bahwa Pengembangan Manajemen Kinerja Klinis (PMKK) dapat meningkatkan
profesionalisme kepala sekolah khususnya kepala SMK di daerah binaan paket
kepengawasan di Kotamadya Jakarta Barat.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Dirjend. DIkdasmen. 1995. Pedoman
Pembinaan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta.
Dirjend. Dikdasmen. 1996. Petunjuk
Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta.
Iskandar, Srini. 2002. Penelitian
Tindakan Kelas. Malang. Universitas Negeri Malang.
Riduwan. 2002. Skala Pengukuran
Varibel-variabel Penelitian. Bandung. Alfabeta
Sale. D. 1996. Quality Assurance
for Nurses and Other Members of The Health Care Team. And Ed. London. Mac.
Millian.
Swanburg, A.C. 1996. Management
and Leadership for Nurses Manages. Jones and Bartlett Publishers
International. London. England.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar