UPAYA PENINGKATAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SUKU BANYAK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK BAGI SISWA KELAS III IPA 2
SMU NEGERI 1 MADIUN PADA SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2003/2004
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah
: 1. Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMU Negeri 1
Madiun. 2. Meningkatkan kemampuan siswa SMU Negeri 1 Madiun khususnya kelas III
IPA 2 dalam memahami konsep Suku Banyak. 3. Membangkitkan minat belajar siswa
untuk memperoleh prestasi belajar yang lebih optimal. 4. Mengaktifkan siswa
dalam proses pembelajaran yang ditampakkan pada keaktifan siswa dalam
kelompoknya.
Penelitian ini dilakukan
selama tiga bulan yaitu bulan Pebruari sampai dengan April 2004. Subyek dalam
Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMUN 1 Madiun pada kelas III IPA 2 Semester
II Tahun Pelajaran 2003/2004. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi
kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian: Pada
kondisi awal/pra siklus, 21 siswa atau 47% tidak tuntas dan 24 siswa atau 53%
tuntas. Hasil siklus I adalah sebanyak 33 siswa atau 73% tuntas, sedangkan 12 siswa
atau 27% siswa tidak tuntas. Sementara rata-rata prestasi belajar 67,2 berada
di bawah rata-rata 70. Pada Siklus II sebanyak 37 siswa atau 82% tuntas dan 8
siswa atau 18% tidak tuntas. Ketuntasan 82% yang berada di atas 75% ini
menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan
metode kerja kelompok telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan
Kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang mengatakan: “Dengan menggunakan
metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar
matematika pada konsep Suku Banyak bagi siswa kelas III IPA 2 SMU Negeri 1
Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2003/2004”, terbukti
kebenarannya
DAFTAR PUSTAKA
Anita Lie. 2005. Mempraktikkan Cooperative
Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta : Gramedia.
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional
Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi
Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan
Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar
Matematika. Malang : IKIP Malang.
Koko Martono, R. Eryanto, Firman Syah Noor, (2007). Matematika
dan Kecakapan Hidup, Untuk SMA 12A. Bandung : Ganeca Exact.
Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi,
dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas
Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan.
Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar.
Surakarta : UNS Press.
Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Matematika. Solo :
Sindhunata
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winkel. W.S. 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS
lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar