Peningkatan kemampuan Guru dalam menyusun
perencanaan dan melaksanakan pembelajaran PAIKEM-GEMBROT melalui model MAKEK
padsa SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat
ABSTRAK
Gusnanta, 2008 “Peningkatan kemampuan Guru
dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran PAIKEM-GEMBROT melalui
model MAKEK padsa SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat”
Salah satu prinsip dalam KTSP adalah
dalam pembelajaran harus menegakkan lima pilar belajar yakni agar
dapat memberi kesempatan peserta didik untuk belajar untuk beriman dan bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa, belajar untuk memahami dan menghayati, belajar
untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, belajar untuk hidup
bersama dan berguna untuk orang lain, dan belajar untuk membangun dan menemukan
jati diri melalui proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot (
PAIKEM-GEMBROT ). PAIKEM-GEMBROT adalah
sebuah model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan
yang beragam untuk mengembangkan ketrampilan, sikap dan pemahaman berbagai
sumber dan alat bantu belajar termasuk pemanfaatan lingkungan supaya
pembelajaran lebih menarik, menyenangkan dan efektif. Meskipun yang diharapkan pertama dan utama
adalah keaktifan dan kreatifitas siswa, namun sebenarnya gurupun dituntut untuk
aktif dan kreatif. Agar pembelajaran model ini dapat berjalan sesuai dengan yang
diharapkan, sudah tentu guru harus merancang pembelajaran dengan baik,
melaksanakannya dan akhirnya menilai hasilnya. SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat, 84,21 % dari guru-gurunya
kurang faham dan belum melaksanakan PAIKEM-GEMBROT. Sisanya sebesar 17, 79 % sudah
pernah belajar tentang PAIKEM-GEMBROT-GEMBROT dan sudah mencobanya dalam
pembelajaran. Setelah mendapat bimbingan dan binaan melalui tindakan dalam
penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan 80,52 % guru SMK PGRI 29 Jakarta
Barat mampu menyusun menyusun RPP yang
bernuansa PAIKEM-GEMBROT dan 70,98 % guru SMK PGRI 29
Jakarta Barat
Jakarta Barat
mampu melaksanakan PAIKEM-GEMBROT-GEMBROT. Proses tindakan dalam
penelitian tindakan sekolah di SMK PGRI 29 Jakarta Barat Jakarta Barat ini adalah dengan model
MAKEK. Model MAKEK adalah pemecahan
masalah dengan langkah-langkah definisikan Masalahnya, tentukan Alternatif
yang terbaik, tetapkan Kriteria, Evaluasi alternatif-alternatif
tersebut dan buat sebuah Keputusan.
Kata kunci : PAIKEM-GEMBROT, Pemecahan
masalah, model MAKEK.
DAFTAR PUSTAKA
Dardiri, A. 2008, Model Pembelajaran PAKEM, UNY Yogyakarta
( On line ) Tersedia http://www.uny.ac.id/home/data.php?m=951da6b7179a4f697
cc89d36acf74e52&i=i...tanggal 03/09/2008
Depdikbud, 1999, Penelitian Tindakan, Jakarta, Direktorat Pendidikan Menengah Umum,
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Margono, S. 2003, Metodologi Penelitian Tindakan, Jakarta, PT. Rineka Cipta
Syaifuddin, M. 2007, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi, Depdiknas/
Tslimuharrom, T. 2008, Metodologi PAKEM , (On line) Tersedia http://guru pkn, wordpress.com tanggal
03/09/2008
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar