UPAYA MEMBANTU KEPALA SEKOLAH
SUPAYA DAPAT MELAKUKAN TINDAKAN YANG TEPAT
DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PENDIDIK
DI SMP NEGERI 189
JAKARTA MELALUI KUESIONER
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Peningkatan kualitas pendidikan bukanlah merupakan tugas
yang ringan, karena masalah yang dihadapi tidak hanya mencakup masalah
manajemen, tetapi menyangkut berbagai persoalan teknis yang rumit dan kompleks
terutama yang berkaitan dengan stakeholder sekolah.
Di setiap sekolah selalu
terdapat masalah yang perlu mendapat penyelesaian secara proporsional. Setiap
masalah perlu segera dicarikan jalan keluarnya agar tidak berlarut-larut. Untuk
itu perlu ada kegiatan atau upaya kepala sekolah mencari cara penyelesaian yang
profesional dan menguntungkan semua pihak.
Masalah yang ada di sekolah
adalah sesuatu yang alamiah, yang dalam batas tertentu dapat bernilai positip
terhadap perkembangan sekolah. Namun dilain pihak, masalah yang terjadi harus
dikelola dengan baik dan hati-hati, sebab jika melewati batas dapat menimbulkan
akibat yang fatal. Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di sekolah harus
dapat mengelola setiap permasalahan dengan baik, sehingga memberikan manfaat
yang positip dan terhindar dari akibat yang tidak diinginkan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 189 Jakarta, pemilihan
sekolah ini dilatar belakangi dengan prestasi sekolah yang menunjukkan
kecenderungan menurun (tabel 1), selain itu sekolah ini merupakan paket
kepengawasan peniliti sejak tahun 2006.
Tabel 1. Nilai rata-rata Ujian
Nasional SMPN 189 Jakarta
Kelas
|
Tahun
|
||
2006/2007
|
2007/2008
|
2008/2009
|
|
IX
|
8,69
|
8,41
|
7,2
|
Sekolah ini berlokasi
di Jl.H.Rausin Kelapa Dua Kebon Jeruk Jakarta Barat, diakreditasi tahun 2006
dengan kualifikasi A, saat ini dipimpin oleh Ibu Sri Ambar Kosasih, S.Pd,
mempunyai tanah seluas 4.464 m2 dengan 28 ruang belajar pada gedung
berlantai tiga. Pada tahun pelajaran 2009/2010 mengelola 21 rombongan belajar
yang terdiri dari 7 kelas VII, 4 kelas VIII, 3 kelas IX dengan jumlah siswa
sebanyak 817 siswa, diasuh oleh 63 pendidik. Prestasi mata pelajaran yang
diujikan nasional baik pada tingkat Kotamadya Jakarta Barat maupun pada tingkat
Provinsi DKI Jakarta menunjukkan penurunan (lihat tabel 2).
Tabel 2.
Prestasi Ujian Nasional SMPN 189
Kelas
|
Mata
Pelajaran
|
Tahun 2007/2008
|
Tahun 2008/2009
|
||||
Rt.Nilai
|
P.Kodya
|
P.Prov.
|
Rt.Nilai
|
P.Kodya
|
P.Prov.
|
||
IX
|
B.Indonesia
|
8,20
|
7/21
SMPN
|
48/93
SMPN
|
8,15
|
11/29
SMPN
|
35/116
SMPN
|
B.Inggris
|
8,53
|
8,40
|
|||||
Matematika
|
7,21
|
6,82
|
Melihat data yang terdapat pada kedua tabel
diatas timbul pertanyaan faktor apa yang menjadi penyebab menurunnya prestasi
SMPN 189? Dilihat dari nilai rata-rata siswa masukan setiap tahun terus
meningkat (lihat tabel 3).
Tabel 3.
Nilai Rata-rata Ujian Nasional Siswa Baru SMPN 189 Jakarta
Nilai
|
Tahun
|
|||
2005/2006
|
2006/2007
|
2007/2008
|
2008/2009
|
|
Tertinggi
|
9,61
|
9,56
|
9,60
|
9,30
|
Terendah
|
8,17
|
8,38
|
8,64
|
8,09
|
Rata-rata
|
8,66
|
8,84
|
8,92
|
8,60
|
Tenaga pendidik 90%
berpendidikan S1 keatas, 90% mempunyai masa kerja diatas 10 tahun, 75% berusia
diatas 40 tahun dan 79% merupakan pegawai negeri (lihat Lampiran 1).
Berdasarkan data faktor siswa dan pendidik diharapkan dapat menunjang
peningkatan mutu, tetapi ternyata hal tersebut tidak memberikan hasil yang
sesuai. Berarti ada sesuatu masalah yang mengganggu sehingga situasi belajar
mengajar tidak kondunsif.
Berdasarkan wawancara dengan beberapa pendidik dan laporan yang masuk ke Dinas
Dikdas Provinsi DKI Jakarta diketahui terjadi hubungan yang kurang harmonis
antara sekelompok pendidik dengan kepala sekolah. Dua kepala sekolah terdahulu
mempunyai kebijakan yang dirasakan oleh sekelompok pendidik kurang adil dan
kurang transparan. Saran dan
pendapat tidak diakomodasi, saluran komunikasi kepada pimpinan cenderung
tertutup. Keadaan inilah yang menyebabkan pendidik menjadi apatis dan akhirnya
tidak maksimal melaksanakan tugas yang berujung dengan menurunnya prestasi
sekolah. Hal inilah yang menjadi pendorong bagi peneliti untuk mengetahui lebih
jauh lagi permasalahan yang dihadapi pendidik, untuk dicari upaya
penyelesaian agar peningkatan prestasi siswa sekaligus prestasi
sekolah dapat dilanjutkan. Upaya ini sejalan dengan konsep kepala sekolah baru
yang menjabat di sekolah ini mulai 31 Januari 2006.
B. Perumusan Masalah dan Rencana Pemecahan
a. Rumusan Masalah
Apakah
melalui kuesioner yang ditindak lanjuti dengan tindakan yang tepat dapat
meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan tindakan yang tepat dalam
menyelesaikan masalah pendidik di SMP Negeri 189 Jakarta?
b.
Rencana Pemecahan Masalah
Dalam
penelitian ini tindakan (treatment) yang akan digunakan untuk menyelesaikan
masalah pendidik di sekolah adalah melalui kuesioner yang ditindak lanjuti
dengan tindakan oleh kepala sekolah.
C. Tujuan
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui: 1) masalah pendidik yang ada di sekolah, 2) cara kepala sekolah dalam menyelesaikan
masalah pendidik, 3) membantu kepala sekolah untuk menemukan cara yang efektif
dalam penyelesaian masalah pendidik di sekolah sehingga tidak memberikan dampak
negatip terhadap kegiatan pembelajaran.
D. Manfaat
Manfaat penelitian ini adalah :
1. Bagi sekolah; dengan menyelesaikan
masalah-masalah non teknis dan psikologis dari pendidik, kegiatan pembelajaran
dapat berjalan kondusif sehingga prestasi belajar siswa dapat ditingkatkan.
2.
Bagi kepala
sekolah; penelitian ini dapat menambah wawasan bagaimana membuat suatu
kuesioner yang diperlukan untuk mendapatkan sejumlah informasi yang tepat
terhadap masalah pendidik di sekolah sehingga dapat dicari solusi pemecahan
yang sesuai. Selain itu kegiatan ini dapat memotivasi kepala sekolah
untuk memperbaiki strategi dan pendekatan kepada pendidik sehingga pelaksanaan
tugasnya dapat berjalan lancar.
3.
Bagi pendidik penyelesaian masalah baik yang berkaitan
dengan dirinya maupun masalah pendidik
secara umum akan memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam melaksanakan tugas
sehingga kinerjanya akan meningkat.
4.
Bagi Pengawas; dengan mengetahui akar permasalahan yang
ada disekolah khususnya yang berkaitan dengan pendidik, memudahkan memberikan
alternatif solusi kepada kepala sekolah.
Selain itu informasi yang diperoleh dapat dijadikan dasar untuk melakukan
pembinaan baik melalui supervisi akademik maupun supervisi manajerial
DAFTAR
PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi; Prosedur
Penelitian, 1985, Penerbit PT Bina Aksara, Jakarta.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1988, Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan
Republik Indonesia.
Koster, Wayan. 1999. Keefektifan Sekolah,
Survai di SLTP Negeri DKI Jakarta,
Disertasi, Sinopsis. Jakarta:
Fakultas Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.
Kunandar; Penelitian Tindakan Kelas,
2007, Rajawali Pers,PT Rajagrafindo Persada,
Jakarta.
Laporan
Penelitian Tindakan Sekolah, 2007, Departemen Pendidikan Nasional.
Manajemen
Sekolah, 2005,
Pusdiklat Pegawai Depdiknas.
Mulyasa
E: Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Cetakan Ketiga 2004, Penerbit
PT
Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nuraeni, Ani. 1999, Hubungan
Motivasi Kerja Dengan Kinerja Dosen Akademi Keperawatan Depkes di DKI Jakarta, Tesis, Jakarta:
Program Pasca Sarjana, Program Studi Ilmu Kesehatan Masayarakat Universitas
Indonesia
Panduan
Manajemen Sekolah,
1999, Departemen Pendidikandan Kebudayaan
Penelitian
Tindakan, 1999,
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Petunjuk Teknis Penelitian
Tindakan Sekolah,
2007, Departemen Pendidikan Nasional.
Pickering, Peg: How To Manage
Conflict, Edisi ketiga 2001, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Sudjana, Nana dan Ibrahim; 1989, Penelitian
dan Penilaian Pendidikan, Penerbit Sinar Baru, Bandung.
Sukawati, Anak Agung Nyoman. 2001. Produktivitas
Kerja Karyawan, Survei di Kantor Wilayah Departemen Pendidikan Nasional
Propinsi Bali, Disertasi, Sinopsis. Jakarta: Fakultas Pasca Sarjana
Universitas Negeri Jakarta.
Sumidjo, Wahjo; Kepemimpinan Kepala
Sekolah, Cetakan Keempat 2003, Manajemen PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Tampubolon,
Manahan P. 2002. Loyalitas Karyawan Dalam Mendukung Kelangsungan Organisasi,
Survei di STIE Trisakti. Sinopsis Disertasi. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar