Rabu, 27 April 2016

KODE PTK SMP 069 : Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Mts. Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak(Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas Vii-B Mts. XXX

 KODE PTK SMP 069 : Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Mts. Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak(Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas Vii-B Mts. XXX



ABSTRAK
Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Mts. Melalui Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Learning Model Jigsaw Pada Pelajaran Akidah Akhlak(Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas Vii-B Mts. XXX
Permasalahan dalam proses belajar mengajar dewasa ini adalah kecenderungan umum bahwa siswa yaitu memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan sebagian kecil saja dari potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada domain kognitif saja sehingga domain afektif dan domain psikomotor terabaikan. Begitu pula dengan penggunaan metode pembelajaran yang konvensional dan tidak variatif.
Maka dari itu peneliti mencoba menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan dari penerapan metode ini adalah agar siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi melalui desain pembelajaran yang kooperatif dan kondusif serta partisipatif sehingga mereka akhirnya dapat menguasai materi pelajaran dengan baik.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) mendapat gambaran tentang tingkat rata-rata aktivitas belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan metode kooperatif Jigsaw, (2) mendapat gambaran tingkat rata-rata aktivitas siswa dalam belajar akidah akhlak tentang materi akhlak terpuji kepada Allah setelah metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw digunakan, (3) bagaimana metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Ada tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa, (3) Penguasaan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan variatif. Dengan memberlakukan tindakan di atas, diharapkan aktivitas belajar siswa semakin meningkat. Data mengenai efektivitas tindakan dikumpulkan dari observasi kelas, angket skala sikap, wawancara dengan siswa dan refleksi.
Berdasarkan analisis data selama siklus I, dan II dapat disimpulkan: (1) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw menjadi alternatif terbaik pada materi akhlak terpuji kepada Allah, (2) Penerapan metode kooperatif tipe Jigsaw dapat menciptakan pembelajaran yang partisi pasif dan multi arah, (3) Melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan perubahan suasana kelas yang cenderung demokratis dan perubahan sikap peneliti untuk lebih peduli terhadap suasana kelas.




DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, dkk., 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi Abu, dkk., 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad Tafsir, 1992. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Depag RI, 2002. Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Departemen Agama Republik Indonesia. 1999. Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta: CV. Semarang Mandiri.
Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Model-model Pembelajaran yang Efektif.
Elliot J. 2001. Action Research for Educational Change. Great Britain: Bidles Ltd.
M. Sobary Sutikno, 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.
Mahmud, dkk., 2009. Modul Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.
Ghofar dan Jamil. 2003. Reformasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Pedoman Dosen, Guru dan Mahasiswa. Jakarta. Nurinsari.
Ruswandi, Uus., dkk., 2009. Teori Kepribadian dan Etika Guru. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati.
Soeito, Samuel, 1982. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sudjarwo, dkk., 2007. Proses Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahidin, 2006. Pembelajaran Konvensional. Surabaya.




Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar