KODE PTK SMP 064 : Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Melalui Ekspresi Seni Kaligrafi Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri XX Tahun 2006/2007
ABSTRAK
XXX. 2007 Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Rupa Melalui Ekspresi
Seni Kaligrafi Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri XX Tahun 2006/2007
Kata
kunci: Seni, Kaligrafi.
Penelitian
tindakan kelas ini bertujuan untuk memperoleh nilai angka kredit dalam unsur
pengembangan profesi dan untuk mengembangkan kreatifitas siswa melalui gambar
kaligrafi.
Penelitian
ini berbentuk deskriptif kualitatif. Sumber datanya kelas VII A SMPN XX.
Subyek penelitiannya diambil dari jumlah keseluruhan kelas VII A
selanjutnya dihitung dari kelompok-kelompok. Pengumpulan data yang
digunakan
adalah metode tes perbuatan pemberian tugas dan metode wawancara melalui
angket. Teknik analisis data yang digunakan pengkajian data, menghitung
dan
memprosentasikan data, kemudian menarik kesimpulan, apabila ada
kelemahan maka
kelemahan itulah yang akan diatasi pada siklus berikutnya sehingga akan
mendekati kesempurnaan.
Hasil
penelitian (1) Dalam pembelajaran seni rupa menggambar kaligrafi untuk
mendapatkan hasil maksimal bagi siswa adalah dengan mempersiapkan penggunaan
alat dan vahan dengan baik. (2) Siswa yang terampil menggunakan alat dan warna
cenderung lebih punya semangat dan kreatif dalam berkarya dan tampak lebih
artistik dan estetik. (3) Prosedur penelitian ini menggunakan PTK dengan
tindakan perbaikan dan mendapatkan hasil karya yang lebih baik bagi siswa kelas
VII A SMPN XX.
DAFTAR PUSTAKA
Achmad Djazuli. 2002. Gema PWKG: Jakarta Departemen
Pendidikan Nasional.
Bambang Utoro, 1979. Pola-Pola Batik dan Pewarnaan;
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.
Charles Patteaux. 2000. Buku Pendidikan Seni:
Jakarta: Yudistira.
Dyah Purwani Setianingsih.2004. Kesenian SMP Untuk Kelas
VII: Jakarta: Erlangga.
Herman Hudoyo.1979. Pengembangan Kurikulum dan
Pelaksanaanya di Depan Kelas: Surabaya: Usaha Nasional.
Muhammad Nazir.1988. Methode Penelitian: Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Mulyono Abdurahman.1999. Pendidikan Bagi Anak
Berkesulitan Belajar: Jakarta:
Nana Sudjana.1992.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rineka Cipta.
Slameto.1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya: Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarwin Danim.2000. Methode Penelititian untuk Ilmu-Ilmu
Perilaku: Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsini Arikunto. 1989. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan:
Jakarta: Rineka Cipta.
Suyati Dwi Heryati. 2005. Prestasi Belajar PPKn Terhadap
Ketaatan Siswa Dalam Melaksanakan Tata Tertib Sekolah: Ngawi: Dinas
Pedidikan Nasional Kab. Ngawi.
William Wiersma. 2000. Research Metodhs in Education:
Boston: Allyn & Bacow.
Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar