Kamis, 21 April 2016

KODE PTK SMP 068 : Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VII MTs Negeri xxx

 KODE PTK SMP 068 : Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VII MTs Negeri xxx



ABSTRAK
Upaya Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Kelas VII MTs Negeri xxx
Permasalahan dalam proses belajar mengajar dewasa ini kecenderungan umum bahwa siswa yaitu memiliki aktivitas belajar yang rendah dan mereka hanya terbiasa menggunakan sebagian kecil saja potensi atau kemampuannya, yaitu hanya pada pengetahuan saja sehingga sikap dan tingkah laku terabaikan. Begitu juga dengan bentuk pembelajara yang konvensional dan tidak variatif. Maka dari itu peneliti mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tujuan agar siswa memiliki aktivitas belajar yang tinggi.
Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 1 di MTs. Negeri xxx dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 2 di MTs. Negeri xxx dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri xxx dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Upaya penelaahan masalah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Dengan model STAD ini diharapkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran akidah akhlak meningkat.
Adapun tiga tindakan yang menjadi fokus upaya pemecahan masalah, yaitu (1) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 1 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 2 di MTs. Negeri Sungai Besar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada siklus 3 di MTs. Negeri xxx dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dari tindakan di atas, diharapkan aktivitas cara belajar siswa semakin meningkat. Data mengenai efektifitas tindakan dikumpulkan dari observasi, tes, wawancara, kuesioner dan diskusi.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri xxx pada siklus 1 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 5,48, (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. xxx pada siklus 2 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 6,53, (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs. Negeri xxx pada siklus 3 dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai nilai rata-rata 7,33.



DAFTAR PUSTAKA
Abu, Ahmad. 1986. Metode Khusus Pendidikan Agama. Bandung: CV Amrico
Nana, Sudjana. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.  Bandung: Sinar Baru
Muhaimin, Abdul Mujib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya
Roestiyah, NK. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara
Winarno, Surakhmad. 1994. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar.  Bandung: Tarsito
Abdurrahman Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.  Jakarta: Rineka Cipta
Oemar, Hamalik. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan Belaja.  Bandung. Tarsito
Anselm. 1997. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Prosedur, Tehnik danTeori Grounded), 1997. Penyadur Junaidi Ghony, P T Bina Ilmu




Untuk Mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116 

0 komentar:

Posting Komentar