PENGGUNAAN METODE TEAM TEACHING DAN DISKUSI KELOMPOK DALAM
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN VEKTOR BAGI
SISWA KELAS XII IA 1
SMA NEGERI 1 MADIUN SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2006/2007
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah
untuk 1. Mngetahui penggunaan metode team teaching dan diskusi kelompok terahdap
efektifitas pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Vektor kelas XII IA.1 SMA
Negeri 1 Madiun. Semester I Tahun pelajaran 2006/2007. 2. Mengetahui penggunaan
metode team teaching dan diskusi kelompok terhadap peningkatan prestasi belajar
matematika pada pokok bahasan Vektor kelas XII IA.1 SMA Negeri 1 Madiun Semester
I Tahun pelajaran 2006/2007.
Penelitian ini mengambil
lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan
September 2006 s. d. November 2006. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini
adalah siswa kelas XII IA.1 SMAN 1 Madiun Tahun Pelajaran 2006/2007 Teknik
pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data
dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2
(dua) siklus.
Hasil dari Penelitian
Tindakan Kelas: Pada pra siklus 25 siswa atau 62,5% tidak tuntas dan 15 siswa
atau 37,5% tuntas. Siklus I adalah
sebanyak 22 siswa atau 55% tuntas dan 18 siswa atau 45% tidak tuntas. Siklus II
sebanyak 34 siswa atau 85% tuntas dan 6 siswa atau 15% tidak tuntas.
Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas maka hipotesis yang mengatakan: 1.
Dengan metode Team Teaching dan Diskusi Kelompok akan efektif dalam
pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Vektor kelas XII IA.1 SMA Negeri 1 Madiun
terbukti kebenarannya. 2. Dengan metode Team Teaching dan Diskusi Kelompok
dapat meningkatkan Prestasi belajar Pokok Bahasan Vektor kelas XII IA.1 SMA
Negeri 1 Madiun Semester I Tahun pelajaran 2006/2007, terbukti kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
Choiriyah, Siti. 2006. Acuan
Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono, 2000, Proses Belajar
Mengajar, Bandung, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.
Kuntarti, Sulistyono, Sri Kurnianingsih. 2004. Matematika SMA. Untuk Kelas X Program
Ilmu Alam. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan
Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.
Madyo Ekosusilo, dan Kasihadi, 2000. Dasar-Dasar Pendidikan, Semarang,
Penerbit Effhar Publishing.
Moedjiono dan Dimyati, Moh. , 1991, Strategi Belajar
Mengajar, Jakarta, Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan, Dikti, Depdikbud.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta, Penerbit Gaung
Persada Press.
Sriyono, dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Suryadi, Didi. 1997. Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen
D2 Karunika UT
Tri Wahyono. 2004. Matematika SMA. Untuk Kelas X Program Ilmu Alam. Surakarta :
Penerbit PT. Mefi Caraka
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem
Pendidikan Nasional
Winkel. W.S. 1987. Psikologi
Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar