Rabu, 14 November 2012

PTK SMA 12 - PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR


PENERAPAN  METODE  PEMBERIAN  TUGAS  DALAM  UPAYA MENUMBUHKAN  MINAT  
BELAJAR  DAN  MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK
DIMENSI TIGA BAGI SISWA KELAS III IPA 4 SMA NEGERI 1 MADIUN SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2004/2005


ABSTRAK

Oleh : Dra. Nurul Subandiyah

( Guru Matematika SMA Negeri 1 Madiun )

Alamat : Jl. Mastrip No. 19 Madiun Jawa Timur
Tujuan Penelitian ini adalah yaitu: 1. Melalui metode pemberian tugas dapat menumbuhkan minat belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”. 2. Melalui metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Pebruari 2005 s. d. April 2005. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas          III IA 4 Tahun Pelajaran 2004/2005. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Pada kondisi awal kelas III IPA 4, hasil evaluasi Materi Pokok Dimensi Tiga, sebanyak 20 siswa atau 55,6% tidak tuntas, sedangkan yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 44,4%.          Siklus I: 26 siswa atau 72,2% tuntas, sedangkan 10 siswa atau 27,8% siswa tidak tuntas. Tingkat ketuntasan ini masih di bawah 75% maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Ssiklus II adalah keseluruhan siswa sebanyak 36 siswa atau 100% tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 100% yang berada di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode penugasan telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab hipotesis tindakan sebagai berikut : 1. Dengan metode pemberian tugas dapat menumbuhkan minat belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005” terbukti kebenarannya. 2. Dengan metode pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”, terbukti kebenarannya.

 

DAFTAR PUSTAKA



Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Rosda Karya

Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Gelora Aksara Pratama.

Gredler, Margaret E. Ball. 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali

Herman Hudojo, 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang.

Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta : Gaung PErsada Pres.

Prasetyawan Irawan, dkk. 1997. Teori Belajar, Motivasi, dan Ketrampilan Mengajar. Jakarta: Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruktisional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rini Budiharti. 2001, Strategi Belajar Mengajar. Surakarta :  UNS Press.

Siti Choiriyah. 2006. Acuan Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata

Suprayekti. 2003. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan,

UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wagiman, 2003. Prioritas Matematika dalam Penerapan Kehidupan 3, Untuk SMA / MA Program IPA. Surakarta : Widya Dita.

Winkel. W.S 1987. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia  

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar