PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS X H PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PERSAMAAN
KUADRAT DI SMA NEGERI MADIUN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2005/2006
ABSTRAK
Tujuan
Penelitian ini adalah: “Untuk meningkatkan prestasi belajar Matematika
khususnya dalam Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat dengan menggunakan metode drill
pada siswa kelas X H SMA Negeri 1 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2005/2006”
Penelitian
ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama tiga
bulan yaitu bulan September 2005 s.d. November 2005. Subyek dalam Penelitian
Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1 Madiun pada kelas X H Tahun Pelajaran
2005/2006 yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
dokumentasi dan wawancara Analisis Data dengan analisis diskripsi kualitatif.
Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus
Hasil
penelitian: Pada pra siklus siswa yang mencapai KKM (> 67) yaitu 15
dari 37 siswa atau 40,5%. Siswa yang tidak mencapai KKM (< 67) adalah 22
siswa atau 59,5%. Nilai rata-rata adalah 61,76. Siklus I: Siswa yang mencapai
KKM adalah 24 siswa atau 64,9%. Siswa
yang tidak mencapai KKM adalah 13 siswa atau 35,1%. Nilai rata-rata adalah
68,27. Siklus II, siswa yang mencapai KKM
adalah 34 siswa atau 91,9%. Siswa yang tidak mencapai KKM adalah 3 siswa atau 8,1%. Nilai rata-rata
adalah 75,03, Pada siklus II ini rata-rata kelas 75,03 dan siswa yang memenuhi
KKM sebanyak 91,9%. Peningkatan prestasi ini telah memenuhi indikator
keberhasilan penelitian yaitu ketuntasan lebih dari 75% dan rata-rata kelas berada
di atas 75. Dengan adanya peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus
II, maka hipotesis yang mengatakan “Penggunaan metode Drill dapat meningkatkan
pemahaman dan prestasi belajar siswa kelas X H pada Mata Pelajaran Matematika
Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di SMA Negeri 1 Madiun Semester I Tahun
Pelajaran 2005/2006”, terbukti kebenarannya.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin Zaenal. 1990. Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja
Rosda Karya
Choiriyah, Siti. 2006. Acuan
Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata
Elizabeth B. Hurlock. 1990. Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, 1991. Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
Kuntarti, Sulistyono, Sri Kurnianingsih. 2006. Matematika SMA. Untuk Kelas XII Program
Ilmu Alam. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.
Kusmana Pachrudin, E., 1985, Proses Belajar Mengajar : Azas, Strategi, Metode, Jurusan
Pendidikan Dunia Usaha, FPIPS IKIP Bandung.
Madyo Ekosusilo, dan Kasihadi, 2000. Dasar-Dasar Pendidikan, Semarang,
Penerbit Effhar Publishing.
Martinis Yamin. H. 2005. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi, Jakarta, Penerbit Gaung
Persada Press.
Sriyono, dkk., 1992, Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA, Jakarta, Penerbit Rineka Cipta.
Suryadi, Didi. 1997. Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen
D2 Karunika UT
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem
Pendidikan Nasional
Winkel. W.S. 1987. Psikologi
Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS
lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar