Senin, 12 November 2012

PTK TK 04- MENINGKATKAN MINAT BELAJAR UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI


MENINGKATKAN MINAT BELAJAR UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI
PERMAINAN DARI BAHAN SISA PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN
KANAK – KANAK PEMBINA 2 XXX
ABSTRAKSI

Pendidikan adalah “ Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan  suasana belajar dan proses  pembelajaran agar peserta  didik  secara  aktif   mengembangkan potensi  dirinya untuk  memiliki  kekuatan  spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan  yang diperlukan dirinya, masyarakat dan negara. Pada kenyataannya di sekolah banyak  peserta didik  yang  kurang  berminat saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Mereka kelihatan kurang bergairah, tidak bersemangat dan kurang menyenangi materi yang disampaikan. Oleh karena itu perlu dicari apa penyebabnya dan bagaimana agar siswa bergairah dan merasa senang mengikuti proses pembelajaran. Salah satu upaya yang akan penulis lakukan adalah mencoba menciptakan pembelajaran yang menyenangkan.
Sesuai dengan permasalahan dan upaya pemecaham masalah tersebut di atas maka judul penelitian tindakan kelas yang akan peneliti lakukan adalah                             “ MENINGKATKAN MINAT BELAJAR UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI PERMAINAN DARI BAHAN SISA PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK PEMBINA 2 XXX “. Pentingnya masalah ini diteliti yaitu untuk mengetahui apakah dengan menggunakan PAKEM dapat meningkatkan minat anak terhadap proses pembelajaran.
PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan siswa kelompok A di Taman Kanak – Kanak Pembina 2 Xxx yang didukung oleh guru – guru yang tergabung di TK Pembina 2, yang dua orang diantaranya bertindak sebagai observer pada waktu pelaksanaan PTK. Setelah PTK selesai hasilnya dapat disimpulkan sebagai     berikut:
1.       Dengan pembelajaran PAKEM melalui permainan dari bahan sisa dapat meningkatkan perhatian peserta didik terhadap materi yang relevan.
2.       Dengan PAKEM dapat membuat siswa lebih bersemangat dan tidak merasa bosan mengikuti proses pembelajaran.
3.       Dengan menggunakan permainan dari bahan sisa proses pembelajaran lebih hidup karena siswa lebih banyak aktif.
DAFTAR PUSTAKA

        Mulyasa. E. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
        Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
        Balai Pustaka. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia
        Suryadin Asyraf. 2007. Bahasa Indonesia Membaca Dan Menulis.   Xxx : UBB Press

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar