MENINGKATKAN
MINAT BELAJAR UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF, EFEKTIF
DAN MENYENANGKAN MELALUI
PERMAINAN
DARI BAHAN SISA PADA ANAK
KELOMPOK A DI TAMAN
KANAK
– KANAK PEMBINA 2 XXX
ABSTRAKSI
Pendidikan adalah “ Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk
memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat dan
negara. Pada kenyataannya di sekolah banyak
peserta didik yang kurang
berminat saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Mereka kelihatan
kurang bergairah, tidak bersemangat dan kurang menyenangi materi yang
disampaikan. Oleh karena itu perlu dicari apa penyebabnya dan bagaimana agar
siswa bergairah dan merasa senang mengikuti proses pembelajaran. Salah satu
upaya yang akan penulis lakukan adalah mencoba menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan.
Sesuai dengan permasalahan dan upaya pemecaham masalah tersebut di atas
maka judul penelitian tindakan kelas yang akan peneliti lakukan adalah “ MENINGKATKAN
MINAT BELAJAR UNTUK MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG AKTIF, KREATIF,
EFEKTIF DAN MENYENANGKAN MELALUI PERMAINAN DARI BAHAN SISA PADA ANAK KELOMPOK A
DI TAMAN KANAK – KANAK PEMBINA 2 XXX “. Pentingnya masalah ini diteliti yaitu
untuk mengetahui apakah dengan menggunakan PAKEM dapat meningkatkan minat anak
terhadap proses pembelajaran.
PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang melibatkan siswa kelompok A di Taman Kanak – Kanak Pembina 2 Xxx yang
didukung oleh guru – guru yang tergabung di TK Pembina 2, yang dua orang
diantaranya bertindak sebagai observer pada waktu pelaksanaan PTK. Setelah PTK
selesai hasilnya dapat disimpulkan sebagai
berikut:
1.
Dengan pembelajaran PAKEM melalui permainan dari bahan
sisa dapat meningkatkan perhatian peserta didik terhadap materi yang relevan.
2.
Dengan PAKEM dapat membuat siswa lebih bersemangat dan
tidak merasa bosan mengikuti proses pembelajaran.
3.
Dengan menggunakan permainan dari bahan sisa proses
pembelajaran lebih hidup karena siswa lebih banyak aktif.
DAFTAR PUSTAKA
●
Mulyasa. E. Menjadi
Guru Profesional. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA
●
Bandung. PT. Remaja Rosdakarya
●
Balai Pustaka. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia
●
Suryadin Asyraf. 2007. Bahasa Indonesia Membaca Dan Menulis. Xxx : UBB Press
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar