Senin, 12 November 2012

PTS 28- MENINKATKAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI SUPERVISI


MENINKATKAN KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI SUPERVISI DI SMA PAKET BINAAN  SANGGAR 07 JAKARTA BARAT

ABSTRAK
Oleh :
DRS.H.MAHNURI. M.Si.
NIP : 131273034

Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran guru harus mampu memilih dan menggunakan model pembelajaran. Keterbatasan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif dipengaruhi oleh penguasaan guru. Pembinaan melalui supervisi akan menambah wawasan guru sehingga guru dalam melaksanakan pembelajarannya lebih inovatif dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajarannya.
Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan guru biologi menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif dalam kegiatan pembelajaran di SMA Peket Binaan Sanggar 07 Jakarta Barat.  Populasi penelitian seluruh guru biologi berjumlah 16 orang di SMA Paket Binaan Sanggar 07 Jakarta Barat.   Teknik analisis data dilakukan dengan analisa deskriptif.
Hasil analisa menunjukkan bahwa kemampuan guru menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif dalam kegiatan pembelajaran meningkat setelah dilakukan tindakan pembinaan melalui supervisi pada siklus 1 dan siklus 2, untuk:
-            Komponen Prapembelajaran kemampuan awal guru 72,56% (balk), pada sikius I meningkat menjadi 75% (baik), dan pada siklus 2 meningkat menjadi 82,51% (baik).
-            Komponen Kegiatan inti model STAD kemampuan awal guru 42,18% (kurang), pada siklus 1 meningkat menjadi 50,91% (kurang), dan pada siklus 2 meningkat menjadi 58,63% (cukup).
-            Komponen Penutup pembelajaran kemampuan awal guru 56,67% (cukup), pada siklus 1 meningkat menjadi 61,67% (cukup), dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80% (baik).
-            Komponen Pengelolaan waktu kemampuan awal guru 65% (cukup), pada sikius I meningkat menjadi 70% (balk), dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80% (balk).
-            Komponen Teknik bertannya kemampuan awal guru 65% (cukup), pada siklus I meningkat menjadi 75% (baik), dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80% (baik)
-            Komponen Penggunaan bahasa lisan dan tulisan kemampuan awal guru 75% (balk), pada sikius 1 meningkat menjadi 80% (balk), dan pada siklus 2 tetap 80% (balk).
-            Komponen Pengamanan suasana kelas kemampuan awal guru 50% (kurang), pada sikius I meningkat menjadi 65% (cukup), dan pada siklus 2 meningkat menjadi 70% (baik)
-            Untuk keseluruhan komponen aspek parameter yang diamati pada aksi pembelajaran guru pada awal (sebelum tindakan dilakukan) sejumlah 16 orang. guru pada kriteria kurang, pada siklus 1 sejumlah 4 orang guru pada kriteria kurang dan 12 orang guru pada kriteria cukup, dan pada siklus 2 sejumlah 8 orang pada kriteria cukup dan 8 orang guru pada kriteria baik.

Impilkasi hasil penelitian ini adalah bahwa supervisi dapat meningkatkan kemampuan guru biologi menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif di SMA Paket Binaan Sanggar 07 Jakarta Barat. Dengan demikian hasil penelitian ini diharap kan dapat menjadi masukan bagi Guru dalam menggunakan Model Pembelajaran Saran Kooperatif pada kegiatan pembelajaran, dan bagi Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah sebagai masukan dalam melakukan pembinaan terhadap guru.


DAFTAR PUSTAKA

Lie,A.,(2004), Cooperative  Learning,  Mempraktikkan  Cooperative  Learning  di
 Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia

Gulo,W.,(2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Grasindo.
lsjoni (2007), Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok, Bandung: Alfabeta

Sahertian P.A. dan F. Mataheru. (1982) Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan.
Surabaya: Usaha Nasional.

Sukardi (2003) Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno H.B. (2006) Orienrasi  Baru  Dalam  Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara.

Wiles,  K.  (1967).  Supervision  for  Better  School.  Wood - Cliff. New Jersey:
Prentice Hall,inc.Engle.



Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700

0 komentar:

Posting Komentar