PENDEKATAN DISKUSI
INTERAKTIF DALAM PENINGKATAN
PELAYANAN DASAR BIMBINGAN
DAN KONSELING
PADA SMA DAN SMK BINAAN DI KOTA PADANG
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
(1) mengetahui terjadinya peningkatan wawasan, kemampuan konselor dalam
merencanakan pelayanan dasar bimbingan dan konseling dengan pendekatan diskusi
interaktif. (2) Mengungkap partisipasi konselor dalam diskusi interaktif.
Penelitian ini menganut model penelitian tindakan dengan empat tahapan. Dimulai
dari tahap perencanaan, pengumpulan data, dan dengan 2 siklus. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik wawancara, obsevasi dan studi documenter. Analisis data
dimulai sejak penelitian dimulai ketika diadakan persetujuan mengikuti diskusi
interaktif. Kegiatan refleksi dengan membayangkan kembali peristiwa-peristiwa
yang telah terjadi. Melibatkan semua peserta dan membandingkan hasil pre-tes
dengan satuan pelayanan dasar konseling, dilanjutkan dengan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru pembimbing mengingkat dalam
merencanakan satuan pelayanan dasar konseling dengan materi yang menarik,
menantang dan up todate serta Menggunakan metoda yang disesuaikan dengan
karakteristik konseli meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
Dalam kegiatan diskusi interaktif telah berperan secara aktif dan menyelesaikan
tugas secara mandiri dalam batas waktu yang sudah ditetapkan.
Daftar Pustaka
Abdurrahman.
Dh. 1985. Diskusi Sebagai Alat Untuk Memecahkan Masalah, Jakarta, PT Karya
Nusantara
Achmad
Juntika Nurihsan, 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam berbagai latar Kehidupan.
Jakarta; PT Refika Aditama.
Arni
Muhammad, 2008. Komunikasi Organisasi. Jakarta, Bumi Akasara
H.M.
Taylor dan A.G. Mear, 1984. Rapat Konferensi Diskusi dan mendirikan Organisasi. Pentejemah Anas Siddik. Jakarta, Balai Aksara
Depdiknas,
2007. Peraturan Mendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan
Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas,
2007. Peraturan Mendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas,
2007. Panduan Penyususnan Perangkat Portofolio Sartifikasi Guru Dalam Jabatan.
Jakarta; Depdiknas.
Depdiknas,
2008. Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur
Pendidikan Formal. Jakarta Dirjen PMPTK
Depdiknas,
2008. Bahan/Materi Bimbingan Teknis Kurikulum Tingkat Satuan Pendididikan SMA.
Jakarta; Depdiknas.
Goldberg,
Alvin.A, 1985. Komunikasi Kelompok Diskusi dan Penerapannya. Penterjemah
Koesdarinisoemiati, Gary R Jusuf. Jakarta, UI Press.
Masril,
1993. Teras Kuliah Belajar Mengajar, Padang. Angkasa Raya.
Mungin
Eddy Wibowo,.2003. Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling, Materi
Pelatihan Guru Pembimbing. Jakarta, Dirjen Dikdasmen.
Prayitno,
1995. Buku Seri Bimbingan dan Konseling di Sekolah Layanan
Bimbingan
dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta Ghalia Indonesia
Prayitno,
2002. Hubungan Pendidikan . Departemen Pendidikan Nasional. Dirjen Pendidikan
Dasar dan Menengah. Direkrorat SLTP.
Prayitno,
2003. Wawasan dan Landasan BK Buku 1 Materi Pelatihan Kompetensi Guru
Pembimbing, Jakarta, Dirjen
Dikdasmen.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar