MENINKATKAN KEMAMPUAN GURU MATA PELAJARAN BIOLOGI DALAM MELAKSANAKAN
PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA SWASTA PAKET BINAAN SANGGAR 07 JAKARTA BARAT
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.
Permasalahan pendidikan yang
dihadapi oleh bangsa
Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, tentang
Standar Nasional Pendidikan memuat (kriteria minimal tentang sistem pendidikan
di seluruh wilayah Indonesia. Lingkup standar nasional pendidikan tersebut
meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar
pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar
pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan (Depdiknas
2005:8)
Standar proses pendidikan
berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk
mencapai standar kompetensi lulusan. Sehingga seluruh sekolah harus
mengusahakan pelaksanaan proses pembelajaran dengan baik. Proses pembelajaran
yang dilakukan dengan sungguh-sungguh melalui perencanaan yang matang,
memanfaatkan seluruh sumberdaya yang ada dan memperhatikan taraf perkembangan
intelektual anak akan menghasilkan kwalitas lulusan yang baik. Lemahnya proses
pembelajaran yang dikembangkan oleh guru menjadi salah satu masalah yang
dihadapi pada kegiatan pembelajaran. Sehubungan dengan upaya meningkatkan
kwalitas lulusan maka proses pembelajaran perlu dibenahi. Dalam pelaksanaan
proses pembelajaran guru terlebih dahulu mengadakan persiapan tertulis seperti
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan digunakan sebagai acuan dalam
kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas perlu
mendapat perhatian khusus. Peneliti dalam melaksanakan tugas khususnya pada
pelaksanaan supervisi kunjungan kelas memperoleh temuan:
- Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tidak dibawa pada saat pelaksanaan kegiatan
pembelajaran.
- Kegiatan
pembelajaran tidak sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
yang telah dipersiapkan.
- Kegiatan
pembelajaran tidak bervariasi dan umumnya berpusat pada guru.
Dari temuan dalam pelaksanaan
supervisi kegiatan pembelajaran tersebut maka diharapkan untuk meningkatkan
keberhasilan proses pembelajaran dapat dilakukan melalui pelaksanaan supervisi
klinis. Supervisi klinis merupakan sarana bimbingan dan pembinaan yang
dilakukan secara kolegial sehingga guru lebih mudah menerima perbaikan. Dan
supervisi klinis dilakukan terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran
meliputi:
- Pra pembelajaran,
- Membuka kegiatan pembelajaran,
- Kegiatan inti pembelajaran,
- Pemanfaatan
media pembelajaran/sumber belajar,
- Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa,
- Penilaian
proses dan hasil belajar,
- Penggunaan bahasa,
- Penutup kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan uraian tersebut penelilian ini bertujuan melihat apakah
supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelaiaran.
Penulis memberikan judul
nenelitian ini: ”Meningkatkan Kemampuan Guru Mata
Pelajaran Biologi Dalam Melaksanakan Pembelajaran Melalui Supervisi Klinis Di
SMA Paket Binaan, Sanggar 07 Jakarta Barat.”
B. Rumusan Masalah dan Pemecahannya
1. Rumusan
masalah
Apakah supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan
guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran ?
2. Pemecahan
Masalah
Tindakan yang dilakukan, kegiatan pembelajaran yang
dilaksanakan oleh guru diobservasi dan dari hasil observasi yang dilakukan oleh
peneliti diadakan diskusi untuk merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang sesuai dengan kondisi sekolah. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang disusun dijadikan sebagai acuan dalam kegiatan pembelajaran
berikutnya. Dan kegiatan pembelajaran tersebut diobservasi untuk memperoleh
data hasil pelaksanaan tindakan. Data yang diperoleh dianalisis dan kemudian
dijadikan acuan untuk tindakan berikutnya.
C. Tujuan Penelitian.
Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru
mata pelajaran biologi dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Swasta Paket
Binaan Sanggar 07 Jakarta Barat.
D. Manfaat Penelitian
- Sebagai masukan bagi guru untuk meningkatkan keterampilannya dalam proses pembelajaran.
- Sebagai bahan masukan kepada kepala sekolah dalam upaya meningkatkan keterampilan guru dalam proses pembelajaran.
E. Hipotesis Tindakan.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah: Supervisi klinis dapat
meningkatkan kemampuan guru biologi dalam melaksanakan pembelajaran.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar