ANALIS PENGARUH PELAYANAN DAN KENAIKAN TARIF
TERHADAP
SIKAP KONSUMEN PADA PUSKESMAS WONOGIRI I
DI WONOGIRI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Tujuan perusahaan pada umurnnya untuk mencapai laba. Dalam proses
pencarian laba diperlukan strategi-strategi yang harus dipersiapkan oleh
perusahaan. Keberhasilan perusahaan dalam mencapai suatu tujuan sangat
tergantung pada ketepatan manajemen dalam mengambil keputusan. Tuntutan ini
semakin nyata sesuai dengan perkembangan perekonomian dan teknologi. Dengan
adanya perkembangan tersebut akan menyebabkan munculnya perusahaan-perusahaan
baru yang menghasilkan produk sejenis, sehingga akan mengakibatkan persaingan
yang semakin ketat, demikian juga suatu lembaga yang berorientasi pada
pelayanan masyarakat maka masyarakat juga ibarat sebagai konsumen.
Oleh sebab itu seorang pimpinan suatu lembaga yang berorientasi terhadap
pelayanan dalam usaha mencapai tujuan haruslah mampu melaksanakan fungsi
manajemen dengan baik, yaitu meliputi perencanaan, pengkoordinasian,
pengorganisasian serta pengawasan. Jadi manajemen mempunyai peranan yang sangat
besar dalam usaha mencapai tujuan perusahaan. Adapun tujuan perusahaan secara
umum adalah mencapai laba dengan menggunakan sumber-sumber ekonomi yang
dimiliki perusahaan. Untuk merealisir tujuan tersebut strategi bersaing
merupakan salah satu fungsi perusahaan yang mampu membantu memasarkan
produk-produk yang dihasilkannya.
Dalam menjalankan kegiatan pemasaran untuk menjangkau para konsumen
diperlukan pelayanan serta penentuan tarif yang sesuai dengan kemampuan masyarakat.
Dalam perkembangan dunia bisnis, persaingan bukanlah suatu hal yang aneh.
Perkembangan perusahaan juga tidak lepas dari masalah persaingan. Persaingan
dapat mendorong atau menghambat perkembangan suatu perusahaan tergantung dari
sifat persaingan itu sendiri. Persaingan yang sehat akan mendorong perkembangan
suatu perusahaan. Sebaliknya persaingan yang tidak sehat justru akan menghambat
suatu perusahaan. Hal itu disebabkan karena kemampuan suatu perusahaan berbeda
dengan perusahaan lainnya, maka strategi bersaing yang dijalankan akan berbeda
pula dalam menghadapi persaingan.
Untuk menentukan kebijaksanaan terhadap pelayanan maupun penentuan tarif
pada Puskesmas diperlukan kebijakan yang tepat sehingga paia anggota masyarakat
yang membutuhkan pelayanan mempunyai kemampuan serta memperoleh pelayanan yang
sepadan dengan kemampuannya.
Bertolak dari uraian tersebut di atas penulis mencoba menganalisis
pengaruh pelayanan serta kenaikan tarif terhadap sikap masyarakat dalam hal ini
konsumen sebagai orang yang dilayani. Selanjutnya penulis dalam meneliti
mengambil judul tentang "ANALISIS PENGARUH PELAYANAN DAN KENAIKAN TARIF TERHADAP
SIKAP KONSUMEN PADA PUSKESMAS WONOGIRI I DI WONOGIRI ".
B.
Perumusan Masalah
1.
Apakah ada pengaruh yang
signifikan antara pelayanan terhadap sikap konsumen PUSKESMAS Wonogiri I di
Wonogiri ?
2.
Apakah ada pengaruh yang
signifikan antara kenaikan tarif terhadap sikap konsumen PUSKESMAS Wonogiri I
di Wonogiri ?
3. Apakah ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pelayanan
dan kenaikan tarif terhadap sikap konsumen pada PUSKESMAS Wonogiri I di
Woriogiri?
C.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan,penelitian
ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh pelayanan terhadap sikap konsumen
pada PUSKESMAS Wonogiri I di Wonogiri.
2. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kenaikan tarif terhadap sikap
konsumen pada PUSKESMAS Wonogiri I di Wonogiri.
3.
Untuk mengetahui signifikansi
pengaruh secara bersama-sama antara pelayanan dan kenaikan tarif terhadap sikap
konsumen pada PUSKESMAS Wonogiri I di Wonogiri.
D.
Kegunaan Penelitian
Penelitian ini
diharapkan mempunyai kegunaan sebagai berikut :
DAFTAR PUSTAKA
Basu Swastha DH, 1994, Azas-azas
Marketing, Liberty, Yogyakarta.
Basu Swastha DH dan T. Hani
Handoko, 1997, Manajemen Perusahaan Modern, Liberty, Yogyakarta.
Djarwanto Ps, 1996, Mengenal
Beberapa Uji Statistik dalam Penelitian, Liberty, Yogyakarta.
Fakultas Ekonomi UNISRI, 2001,
Peraturan Urnum dan Pedoman Penyusunan Skripsi, Fakultas Ekonomi UNISRI,
Surakarta.
Koentjaraningrat, 1997, Sekapur
Sirih, Tarsito Bandung_
Kotler, Philip, 1991, Manajemen
Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian, Erlangga, Jakarta.
Radio Sunu, 1986, Marketing
Manajemen, BPFE, Yogyakarta. WJ Stanton, 1996, Manajemen Pemasaran, Erlangga,
Jakarta.
Zainal Mustafa El Qodri, 1995,
Pengantar Statistik Terapan Untuk Ekonomi, BPFE- a UII, Yogyakarta.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar