ANALISIS
PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP
LOYALITAS
KONSUMEN DIMENDIASI DENGAN
KEPUASAN
KONSUMEN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
Dalam era globalisasi sekarang ini
banyak perusahaan jasa yang didirikan. Perusahaan jasa yang digunakan peneliti
kali ini adalah perusahaan jasa yang bergerak dibidang Informasi. Dengan adanya
jasa Informasi ini, masyarakat dapat saling berkomunikasi atau bertukar
Informasi dari satu negara ke negara lain, dari satu propinsi ke propinsi lain
dan dari satu kota ke kota lain.
Salah satu perusahaan jasa Informasi
kali ini yang mempunyai peranan penting bagi masyarakat sebagai sarana
prasarana komunikasi adalah PT. Pos Indonesia. PT. Pos Indonesia ini merupakan
salah satu (Badan Umum Milik Negara) BUMN yang bergerak dibidang komunikasi. PT. Pos Indonesia adalah
perusahaan jasa, dimana yang mempunyai visi untuk melayani serta memuaskan
pengguna jasa. Sedangkan misi nya adalah menyediakan sarana komunikasi yang
handal dan terpercaya bagi masyarakat guna mendukung kebutuhan Informasi
tersebut.
Salah satu langkah strategis untuk menjamin
kelangsungan hidup perusaaan yaitu dengan peningkatan mutu pelayanan kepada
konsumen. Pengembangan usaha yang bertumpu pada peningkatan kualitas pelayanan
melalui penerapan ilmu dan teknologi, serta untuk menciptakan kepuasan
pelanggan dan menjadikan konsumen setia (loyal) pada perusahaan tersebut.
Menurut ( Kolter, 2000:36 ) Kualitas
diartikan sebagai ukuran dimana produk mampu memenuhi keinginan pengguna atau
konsumen. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan
kinerja atau hasil yang dirasakan dibandingkan dengan yang diharapkan. Kualitas
pelayanan dan kepuasan pelanggan adalah suatu konsep yang berbeda dengan
argumen bahwa kualitas pelayanan yang dipersepsikan merupakan suatu bentuk
sikap, evaluasi menyeluruh dalam jangka panjang, sedangkan kepuasan menunjukan
ukuran transaksi tertentu. Oleh karena itu, kepuasan berlangsung dalam jangka
pendek. Dengan semakin tinggi kualitas pelayanan maka menyebabkan semakin
meningkatnya kepuasan konsumen (Parasuraman, 1988: 16). Hal ini menunjukan
adanya hubungan erat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan.
Kualitas memberikan dorongan kepada
pelanggannya untuk menjalin hubungan yang erat dengan perusahaan sehingga
memungkinkan perusahaan untuk memahami harapan dan kebutuhan, yang pada
akhirnya kepuasan pelanggan dapat menciptakan kesetiaan atau loyality kepada
perusahaan. Loyalitas dapat terbentuk apabila pelanggan merasa puas dengan
merek atau tingkat layanan yang diterima dan berniat untuk terus melanjutkan
hubungan (Selnes, 1992 :21).
Pada saat ini semakin banyaknya
perusahaan jasa bermunculan dan satu dengan lainnya saling bersaing,
menyebabkan PT. Pos Indonesia ini mengalami kemunduran. Dulu bisnis komunikasi
yang selama ini menjadi andalan masyarakat tetapi sekarang tidak lagi menjadi
andalan bagi masyarakat. Hal ini disebabkan dengan munculnya jasa komunikasi
lain misalnya SMS. Dengan adanya keberadaan pesan singkat (SMS) melalui telepon
seluler serta surat elektronik (e-mail) lewat internet menjadikan orang mulai
meninggalkan budaya berkirim melalui kantor Pos. Adapun alasan yang menyebabkan
mereka meninggalkan tradisi berkirim surat yaitu bahwa dengan adanya SMS mereka
dapat lebih mudah, praktis dan cepat. Akan tetapi PT. Pos Indonesia tidak
tinggal diam. Adapun cara yang dilakukan PT. Pos Indonesia dalam menyehatkan
dan mengembangkan perusahaan jasanya, yaitu dengan cara pembentukan 4 program
kerja, yaitu terdiri dari :
1. Pengembangan bisnis.
PT. Pos Indonesia selain sebaai tempat pengiriman atau pengambilan surat
dan barang, PT. Pos dapat juga sebagai tempat pembayaran listrik, telepon,
PDAM, dan sebagai tempat simpan pinjam uang maupun sebagai pengambilan dana
Taspen.
2. Efisiensi biaya.
PT. Pos Indonesia dalam melakukan transaksi dengan biaya yang murah dan
efisien.
3. Penyehatan perusahaan
PT. Pos Indonesia dalam program penyehatan perusahaan, yaitu dengan
melakukan perbaikan gedung dan menambah fasilitas yang baru.
4. Peningkatan kualitas jasa pelayanan.
PT. Pos Indonesia dalam meningkatkan atau memperbaiki kualitas jasa
pelayanan yaitu dengan melaksanakan lima demensi kualitas jasa dikarenakan PT.
Pos Indonesia yang saat ini mengalami kemunduran dan semakin banyak persaingan,
PT, Pos Indonesia tidak mundur akan tetapi melakukan usaha untuk peningkatan
dan memajukan perusahaannya agar masyarakat mau kembali bekerjasama dan
mengunakan kembali jasa PT. Pos Indonesia sehingga menimbulkan loyalitas.
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan diatas, maka penulis
tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul: “Analisis
Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas Konsumen Dimediasi Dengan Kepuasan
Konsumen “. (Studi Kasus Pada PT. POS Indonesia Cabang Sragen)
B.
PERUMUSAN MASALAH
Perumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Apakah terdapat perbedaan antara
kualitas jasa yang dirasakan konsumen dengan kualitas jasa yang diharapkan
konsumen PT. POS Indonesia cabang Sragen ?
2. Apakah masing-masing kualitas jasa (Reliability,
Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangible) berpengaruh secara
parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT. POS Indonesia cabang Sragen ?
3. Manakah diantara kualitas jasa (Reliability,
Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangible) yang paling dominan
terhadap kepuasan konsumen pada PT. POS Indonesia cabang Sragen ?
4. Apakah kualitas jasa berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen pada PT. POS Indonesia cabang Sragen?
5. Apakah kualitas jasa berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen pada PT. POS Indonesia cabang Sragen?
6. Apakah kepuasan konsumen berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen pada PT. POS Indonesia cabang Sragen ?
7. Apakah kualitas jasa dan kepuasan
konsumen secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada PT.
POS Indonesia cabang Sragen?
C.
TUJUAN PENELITIAN
Untuk memberikan arahan dan pedoman
dalam penelitian ini agar tidak menyimpang, maka dilakukan tujuan penelitian
yaitu sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui perbedaan antara
kualitas jasa yang dirasakan konsumen dengan kualitas jasa yang diharapkan
konsumen PT. POS Indonesia cabang Sragen.
2. Untuk mengetahui masing-masing
kualitas jasa (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphary dan Tangible)
berpengaruh secara parsial terhadap kppuasan konsumen pada PT. POS
Indonesia cabang Sragen.
3. Untuk mengetahui mana diantara kualitas
jasa (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangible) yang
paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen pada PT. POS Indonesia cabang
Sragen.
4. Untuk mengetahui kualitas jasa
berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. POS Indonesia cabang Sragen.
5. Untuk mengetahui kualitas jasa
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada PT. POS Indonesia cabang Sragen.
6. Untuk mengetahui kepuasan konsumen
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada PT. POS Indonesia cabang Sragen.
7. Untuk mengetahui kualitas jasa dan
kepuasan konsumen secara bersama sama berpengaruh terhadap loyalitas konsumen
pada PT. POS Indonesia cabang Sragen.
D.
MANFAAT PENELITIAN
Manfaat yang di peroleh dalam penelitian ini yaitu :
1.
Bagi
Peneliti
Sebagai sarana
penerapan ilmu-ilmu dan teori-teori yang telah diperoleh selama kuliah ini.
2.
Bagi
PT. POS Indonesia
Hasil
penelitian ini diharapkan bisa memberikan masukan bagi perusahaan agar nantinya
dapat menciptakan dan meningkatkan kualitas jasa pelayanan yang memuaskan
terhadap konsumen.
3.
Bagi
Akademis
Hasil
penelitian ini diharapkan bisa dijadikan referensi masukan atau tambahan dalam
melakukan penelitian yang serupa.
DAFTAR PUSTAKA
Ari Cahyanto, Septana. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen,
Surakarta: Manajemen UNS.
Andrey, Bagus. 2005. Analisls Hubungan Demensi Kualitas Jasa
Terhadap Kepuasan - Pelanggan PT. Telkom, Tbk. Unit Pelayanan Ambarawa. Surakarta:
Manajemen UNS
Assael, Henry. 2001. Consumer Behavior and Marketing Action, Ch
edition. New York University. Thomson Learning.
Aaker, David A. 1996. Managing Brand Equity : Second
edition. New York : Maxwell Macmillia. Canada, Inc.
Aryani dan Utami. 2004. Pengaruh Faktor Kualitas Jasa Terhadap
Kepuasan Nasabah (Study Kasus. Di Bank Syariah Mandiri Cabang
Surakarta). Surakarta: Jurnal Akuntansi dan bisnis. Vo14. No 1.
Djarwanto dan Pangestu. S. 1996. Statistik Induktif. Yogya:
BPFE UGM.
Imam Ghozali, 2001. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan
Program SPSS, Semarang : BP Undip.
____________ . 2005. Analisis
Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang : BP Undip.
Karsono. 2005. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas
Anggota Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Pemediasi, Strakarta:
Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 5, No. 2.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran : Analisis,
perencanaan dan pengendalian. Terjemahan Jaka Wasana. Jakarta: Erlangga.
____________ . 2002. Manajemen Pemasaran : Analisis,
perencanaan dan pengendalian. Terjemahan Jaka Wasana. Jakarta: Erlangga.
Lupiyadi. 2001. Manajemen
Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.
Mardirahayu, Novi. 2007. Peranan Variabel Kepuasan Dan Keluhan
Sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Surakarta:
Manajemen UNS.
DAFTAR PUSTAKA HANYA SEBAGIAN
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar