IMPLEMENTASI
MANAJEMEN “RE” UNTUK MENGURANGI JAM KOSONG, KETERLAMBATAN GURU DATANG DI
SEKOLAH, DAN KETERLAMBATAN GURU MASUK KELAS DI SMA ……………………..
SEMESTER
1 TAHUN PELAJARAN ………….
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Disadari atau tidak disadari, guru adalah panutan
bagi siswa di sekolah dimana ia bertugas. Oleh karena itu apapun yang dilakukan
oleh guru selalu menjadi contoh bagi anak didiknya. Jika gurunya masih ada yang
datang terlambat di sekolah atau terlambat masuk kelas, jangan harap siswanya
dapat hadir tepat waktu atau masuk kelas sesuai dengan jam bel masuk.
Penulis prihatin jika menyaksikan ada guru yang
datang ke sekolah terlambat, atau masuk kelas tidak sesuai dengan bel masuk
atau bahkan ada guru yang sering meninggalkan jam mengajar dengan alasan yang
tidak jelas. Hal tersebut terjadi pada sekolah tempat penulis bertugas. Pada
saat itu tingkat kosong jam tinggi, guru terlambat datang menjadi pemandangan
sehari-hari dan guru terlambat masuk kelas menjadi kebiasan yang membudaya.
Dalam keadaan tersebut penulis ingin mengubah
kondisi itu menjadi kondisi yang disiplin. Dan disiplin itu harus dimulai dari
kepala sekolah dan guru. Oleh karena itu penulis mengimplementasikan manajemen
RE untuk mengurangi jam kosong, keterlambatan guru datang di sekolah dan
keterlambatan guru masuk kelas. Sehingga judul karya tulis ini adalah :
Implementasi Manajemen RE untuk mengurangi Jam Kosong, Keterlambatan Guru
datang di sekolah, Keterlambatan Guru Masuk Kelas di SMA ..............
B. Permasalahan
Dari latar belakang tersebut diatas, maka dapat
dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.
Sejauhmana Manajemen RE dapat mengurang jam kosong di SMA
............. ?.
2.
Sejauhmana Manajemen RE dapat mengurangi jumlah guru yang
terlambat
datang ke sekolah ?.
datang ke sekolah ?.
3.
Sejauhmana manajemen RE dapat mengurangi Jumlah guru yang
terlambat masuk kelas ?.
Dari 3 permasalahan tersebut, penulis akan bahas dan uraikan dalam
rangka membantu pemikiran untuk memecahkan masalah-masalah yang sering terjadi
di sekolah.
C. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kedisiplinan di SMA ............. melalui peningkatan disiplin guru. Sedangkan
tujuan khusus dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengurangi jam
kosong di sekolah.
2. Untuk mengurangi jumlah
guru yang terlambat datang di sekolah.
3. Untuk mengurangi jumlah
guru yang terlambat masuk kelas.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini adalah :
1. Bagi sekolah
Meningkatkan kedisiplinan warga sekolah secara keseluruhan antara
lain Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Siswa, Tenaga Kependidikan
lainnya / Staf Administrasi Sekolah, Staf Penunjang (Petugas kebersihan,
Petugas Pertamanan, Satpam, dan Penjaga Sekolah) Orang Tuan siswa / Pengurus
Komite Sekolah dan yang menjadi kunci dari kedisiplinan adalah kepala sekolah,
guru dan siswa.
2.
Bagi Kepala Sekolah
Memudahkan dalam memantau disiplin warga sekolah, secara
keseluruhan baik guru, siswa maupun staf tata usaha.
3.
Bagi Guru
Tanpa terasa guru dapat berusaha menyesuaikan dengan kesepakatan
yang sudah dibuat pada saat awal semester, yaitu menuju kedisiplinan yang
tinggi.
4.
Bagi Siswa
Mendapatkan pelajaran yang sangat berharga yaitu contoh disiplin
yang diinginkan sekolah.
5.
Bagi Orang tua
Dengan disiplin tinggi di sekolah orang tua tidak usah khawatir
anaknya beraktifitas diluar kegiatan belajar mengajar di sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Sudarman
Danim., (2002), Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Pustaka Pelajar Offset,
Bengkulu
Terry
Evans and Daryl Nation, (2000), Changing University Teaching, Reflection on
Creating Educational Technologies, Kogan Page Limited Stylus Publishing Inc.,
London
David P.
Langford., Barbara A. Cleary., (1996), Orchestrating Learning with Quality, Synergy
Books International
Hernowo.,
Chairul Nurdin., (2003), Bu Slim & Pak Bil, Kisah tentang Kiprah Guru
“Multiple Intelligences” di Sekolah, Penerbit Mizan Learning Center,
Bandung
Indra
Djati Sidi., (2001), Menuju Masyarakat Belajar, Menggagas Paradigma Baru
Pendidikan, Paramadina dengan Logos Wacana Ilmu, Telaga Kahuripan.
Ibtisam
Abu-Duhou., (2002), School Based Management, Logos Wacana Ilmu, Jakarta,
Logos
Zamroni.,
(2000), Paradigma Pendidikan Masa Depan, Bigraf Publishing
Dedi
Supriadi., (2003), Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, Penerbit
PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Jason
Tan., S. Gopinathan., Ho Wah Kam., (1997), Education in Singapore, A book of
Reading, National Institute of Education Nanyang Technological University,
Prentice Hall, Singapore
James W.
Brown., Kenneth D. Norberg., Sara K. Srygley., (1965) Administering
Educational Media - Instructional Technology and Library services, McGraw-Hill
Book Company
Joseph
Murphy., Karen Seashore Louis., (1999), Hand Book of Research on Educational
Administration-A Project of The American Educational Research Association, Jossey-Bass
Publishers
Robert G.
Owens., (1991), Organizational Behavior in Education, Allyn and Bacon
United States of America.
______ (1976), The American Heritage Dictionary, Houghton
Mifflin Company, Boston, New York, London
Sudjana.,
(2004), Manajemen Program Pendidikan-untuk Pendidikan Nonformal dan
Pengembangan Sumber Daya Manusia, Falah Production.
Untuk
mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi
: 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar