Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Divisions ( STAD )
untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Geografi SMA Muhammadiyah Wonosari..
ABSTRAK
Sri Wahyuni Dwiyanti. S.880306011.
2007. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Divisions (
STAD ) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran
Geografi SMA Muhammadiyah Wonosari..
Tesis : Program
Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) peningkatan motivasi siswa pada
mata pelajaran Geografi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD, dan (2) peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Geografi
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Masalah dalam
penelitian ini adalah bahwa: (1) motivasi belajar siswa rendah, dan (2) hasil
belajar siswa rendah. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah
Wonosari Kabupaten Gunungkidul tahun pelajaran 2006/2007, dengan subyek
penelitian 20 (duapuluh) siswa yang terdiri dari 13 (tiga belas) laki-laki dan
7 (tujuh) perempuan.
Metode yang
digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yaitu penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD yang meliputi empat tahapan penelitian yaitu:
perencanaan tindakan, implementasi tindakan, observasi, analisis dan refleksi.
Keempat tahapan tersebut membentuk siklus. Desain penelitian yang diterapkan
adalah desain penelitian menurut Hopkins. Penelitian ini bersifat kolaboratif,
yaitu peneliti melibatkan guru Geografi yang lalu untuk nielaksanakan observasi
dan refleksi. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif
dengan mendeskripsikan temuan data dan membandingkan dengan indikator kinerja
yang telah ditentukan.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: Pertama, pembelajaran dengan model kooperatif tipe
STAD ternyata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata
pelajaran Geografi SMA Muhammadiyah Wonosari tahun pelajaran 2006/2007.
Terbukti bahwa dari 20 (duapuluh) siswa yang memiliki motivasi rendah pada
tindakan pra siklus, dengan rerata skor motivasi 2,32 meningkat hingga mencapai
motivasi tinggi pada siklus III, dengan rerata skor 3,77. Kedua,
pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatan hasil belajar
siswa, terbukti persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 30 % pada
kegiatan pra siklus mcnjadi 30 % setelah pada siklus III.
DAFTAR PUSTAKA
Djemari
Mardapi dan Tim Pengembangan. 2003. Pedoman umum Pengetahuan Penilaian. Jakarta:
Depdiknas.
Beck, R.C.
1990. Motivation Theoris and Principles Engic wood Cliffs. New Jersey;
Prentice Hall.
Berenson dan
Cartel 2006. Ellin Rusoni dalam http/www.pdk.go.id (20 Desember 2006).
Bruer John T.
2003. Phychology. Learnativity com/edpsych/HTML (19 Juli 2003).
BSNP. 2006. Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tcihun 2006 tentang Standar Isi.
Jakarta: Depdiknas.
………. 2006. Pedoman
Penelitian. Jakarta: Depdiknas.
Burhan
Nuryiyantdro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta:
P.T. BPFE.
Cole, Peter
G. and Loma Chan. 1995. Teaching Principles and Practice. New York:
Prentice Hall.
Depdikbud.
1999. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta:
Depdikbud
Depdiknas.
2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta
DAFTAR
PUSTAKA HANYA SEBAGIAN
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar