PENGARUH
PRESTASI BELAJAR AL-ISLAM TERHADAP
PENGALAMAN
AJARAN ISLAM PDA MAHASISWA
FAKULTAS
PSIKOLOGI UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH
SURAKARTA
SEMESTER
II TAHUN
AKADEMI
1985/1986
BAB I
M U Q O D D I M A H
A. Tinjauan Umum
Sejak tahun 1912, Muhammadiyah sebagai organisasi
Islam telah berkembang dalam dunia pendidikan, dakwah dan sosial. Dan sampai
sekarang Muhammadiyah terus berusaha untuk meningkatkan kegiatan-kegiatannya.
Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya pada sekolah-sekolah dari tingkat dasar
sampai lanjutan atas, tetapi Muhammadiyah juga mengelola berbagai pendidikan
tinggi yang terbesar di berbagai kota di tanah air.
Namun demikian lembaga pendidikan tinggi Muhammadiyah
baru didirikan pada tahun 1955, yaitu pada saat berdirinya Fakultas Hukum dan
Filsafah di padang Panjang pada tanggal 18 Nopember 1955 bertepatan dnegan
milad Muhammadiyah ke 43. Setelah itu disusul dengan beberapa perguruan tinggi
di berbagai kota, baik Universitas, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan
(IKIP), Instutut Agama Islam Muhamamadiyah (IAIM), Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah
dan lain-lain.
Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah termasuk
salahs atu dari beberapa Perguruan Tinggi yang dikelola Muhammadiyah. Sapai
saat ini Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki delapan Fakultas, dengan
delapan jurusan dan delapan program studi. Delapan fakultas tersbeut adalah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, fakultas Tehnik, fakultas Hukum,
Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Faklultas Geografi, Fakultas Tarbiyah,
dan fakultas Ushuluddin.
Fakultas Psikologi termasuk salah satu fakultas yang
terbaru di Universitas Muhammadiyah Surtakarta ini. Pada tahun akademi
1985/1986 menampung 71 mahasiswa. Dengan sejumlah mahasiswa tersbeut, Fakultas
Psikologi bertanggung jawab penuh untuk membawa mereka kepdaa suatu tujuan.
Tujuan tersbeut telah ditetapkan dalam :
1.
Surat Keterangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor :
35/PP/1975 tentang Qaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah bab I pasal 3 yang
berbunyi sebagai berikut :
Terbentuknya Sarjana Muslim yang berakhlak mulia,
cakap, percaya pada diri sendiri dan berguna bagi masyarakat dan negera,
beramal menuju terwujudnya masyarakat islam yang sebenar-benarnya.
2.
Tujuan
pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berbunyi
sebagai berikut :
Membentuk Sarjana Psikologi muslim yang pancasila,
bermoral luhur, dan berjiwa mengamalkan dan mengamankan Pancasila dan
Undang-Undang Dasar 1945.
Untuk mencapai tujuan tersbeut diperlukan pembinaan
secara intensif dan penuh tanggung jawab pembinaan ini dilakukan melalui
kegiatan-kegiatan intra kurikuler, kekurikuler dan ekstra kurikuler.
Dami terwujudnya tujuan pendidikan di Perguruan Tinggi
Muhammadiyah, pembinaan di bidang agama mempunyai peranan yang sangat penting.
Mengenai pengelolaan pembinaan agama islam di Universitas Muhammadiyah
Surakarta telah didirikan suatu departemen, yaitu departemen Pembinaan dan
Pengembangan Al-Islam dan kemuhammadiyahan (DP2AK) yang khusus menangani
maslaah pembinaan dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Khusus untuk
semester I dan II pelaksanaannya melalui kegiatan studium general dibantu
dengan asisten yang khusus memberikan bimbingan pengalaman agama dalam
kehidupan sehari-hari yang diarahkan pada pelaksanaan shalat yang tertib, benar
dan terus-menerus dan pemahaman Al-Quran yang mendalam.
Di dalam mempelajari Agama Islam tidak hanya
berorietasi pada intelektual saja, yaitu dengan menambah dan mengumpulkan
sejumlah pengetahuan Agama Islam. Tetapi di dalam mempelajari Agama Islam di
samping berorientasi pada intelektual juga berorientasi pada perubahan kelakuan
(a change in binavior) sebagaimana definisi belajar menurut Ernest R. Hilgard :
Learning is the proces by which an astivity originates
or is changed through training proceral (whether in the laboratory or in the
naural environment) as distinguished from changes by factors not attributable
to training.
Artinya : Belajar adalah proses yang menghasilkan atau merubah suatu
kegiatan melalui latihan (baik di dalam laboratorium atau di dalam lingkungan
alamiah) yang dibedakan dari perubahan – perubahan oleh faktor-faktor yang
tidak termasuk latihan.
Dalam definisi tersbeut dikatakan bahwa seseorang
disebut belajar, apabila ia dapat melakukan sesuatu yang tak dapat dilakukannya
sebelum ia belajar, atau setelah ia melakukan kegiatan belajar harus ada
perubahan kelakukan sebagai produk dari belajar tersebut. Kelakuan tersebut
meliputi pengamatan, pengenalan, pengertian, perbuatan, perasaan, minat,
penghargaan dan sikap.
Dalam hal iniproblem yang dihadapai dalam kegiatanya
dengan produk belajar Al-Islam adalah apakah mereka yang telah mempelajari
Agama Islam mesti terjadi perubahan di dalam melaksanakannya terutama perubahan
dalam amaliyahnya, atau hanya sekedar menimba pengetahuan agma Islam. Sementara
yang diharapkan adalah ilmu yang amaliyah dan amal yang ilmiah.
Dengan permasalahan tersebut di atas, penulis ingin
mengetahui apakah mahasiswa yang telah mempelajari Agama Islam terjadi
perubahan kelakuan terutama dalam amal bidahnya. Dan dalam keintanya dengan
DP2AK, apakah mereka yang berprestasi tinggi kualitas amaliyanya juga
tinggi/lebih baik atau malah mereka yang berprestasi tinggi kualitas
amaliyahnya lebih rendah. Dan apakah mereka yang berprestasi rendah kualitas
amaliyahnya juga rendah atau sebaliknya.
Sehubungan dengan produk belajar Al-Islam dalam
permasalahan di atas, maka penulis akan meneliti tentang pengaruh prestasi
belajar Al-Islam terhadap pengalaman ajaran Islam pada mahasiswa Fakultas
psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta semester II tahun akademi
18985/1986.
B. Penjelasan Judul
Agar mempeorleh gambaran yang jelas tentang judul
risalah yang penulis ajukan, yaitu : “pengaruh Prestasi Belajar Al-Islam
Terhadap Pengamalan Ajaran Islam Pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas
Muhammadiyah Surakarta Semster II Thun Akademik 1985/1986.”
Maka menulis akan memberikan penjelasan mengenai
istilah-istilah di dalam judul risalah tersebut :
1.
Pengaruh
Pengaruh adalah : “ daya yang atau yang timbul dari suatu yang berkuasa
atau yang berkekuatan.Jadi
kata pengaruh adalah daya atau kekuatan pihak hubungan yang sangat erat dengan
pihak lain, dan hubungan tersbeut merupakan sebab akibat.
2.
Prestasi Belajar Al-Islam
Prestasi adalah hasil yang dicapai setelah mahasiswa mendapatkan mata
kuliah Al-Islam selama satu semester, yaitu semester II.
3.
Pengamalan Sejarah Islam
Pengamalan adalah pelaksanaan dari perbuatan-perbuatan yang diajarkan di dalam
agama islam. Karena pada semester II pokok bahasanya adalah masalah shalat,
maka yang dimaksudkan pengalaman ajaran islam di sini adalah pelaksanaan shalat
yang berkenaan dengan kebenaran bacaan dan gerakan dalam melaksanakan shalat
wajib maupun tathawu’.
C. Alasan Pemilihan Judul
Dalam sebuah karangan ilmiah di tuntut adanya
alasan-alasan yang dapat dipertanggung jawabkan, serta berpegang pada
prinsip-prinsip yang kuat dalam pemilihan judul tersbeut.prinsip-prinsip
tersbeut akan memberikan motivasi untuk meneliti lebih teliti dan sistematis.
Dengan demikian pokok-pokok masalah yang terkandung di dalamnya akan jelas dan
konkrit.
Adapun alasan yang mendorong penulis untuk memilih
judul tersbeut adalah :
1.
Sesuai dengan tujuan pendidikan Fakultas Psikologi
Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang berbunyi sebagian berikut :
“Membentuk Sarjana Psikologi muslim yang susila bermoral luhur dan
berjiwa mengamalkan dan mengamankan Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945.
2.
Untuk menunjang tercapainya tujuan tersbeut ada mata
kuliah Al-Islam yang dikelola oleh departemen Pembinaan dan pengembangan
AL-Islam dan Kemuhammadiyahan, yang pelaksanaannya untuk semester II melalui studium
general dan kegiatan asistensi.
3.
Kegiatan asistensi, khususnya memeberikan bimbingan
tentang pengalaman ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari yang diarahkan pada
pelaksanaan yang tertib, benar dan
terus-menerus, dan pemahaman Al-Quran yang mendalam.
DAFTAR
KEPUSTAKAAN
Al-Qur’an dan
Terjemahannya.Departemen Agama Republik Indonesia. Jakarta: proyek
pengadaan kitab suci Al-Qur’an Departemen Agama R.I. 1983/1984.
Abd. bin Nuh, Oemar Bakry. Kamus Indonesia – Arab – Inggris. Jakarta: Mutaiara, t.th.
Al-Jasu’y Abu Lois Ma’luf. Al-Munjid. Beirut : A;-Moth’atul Katsulikiyah. t. th
Hasbi Ash Siddieqy, TM. Al-Islam.
Djil. I. Jakarta : Bulan bintang, 1997.
Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Al-Islam dan
Kemuhammadiyahan, Pedoman Pembinaan
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Surakarta : Univeristas Muhammadiyah
Surakarta, 1984.
Mas’ud Khasan Abdul Qohar, et.al. Kamus istilah pengetahuan popular. T.t. Bintang pelajar, t.th.
Mohammad Ali, Penelitian
Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa, 1984.
Muslih B.Ph. Etika dan
Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia.t.th: t.p. 1978
Nasution,s. Asas-asas
Mengajar. Bandung: Jemmars,1982
Pasaribu, I.L Simandjuntak,B. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito, 1982
Pimpinan Pusat Muhammadiyah, SK Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 35/PP/1975 tentang Qoidah Perguruan
Tinggi Muhammadiyah Bab II Pasal 3 ayat 1.
Pusat Bimbingan dan Konseling, Beberapa Usaha Mengefektifkan Cara Belajar Di Perguruan Tinggi. Surakarta:
Universitas Muhmmadiyah Surakarta, 1984.
Senapiah Faisal, Dasar
dan Teknik Menyusun Angket. Surabaya: Usaha nasional, 1981.
Silvita Is. Kamus
Populair. Surabaya: Jaya Agung.
Suharsimi Arikunto, Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bina Aksara, 1983
Sutrisno Hadi, Metodologi
Research, DjiliI dan II, Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi
UGM, 1986
________, Bimbingan
Menulis Skripsi – Thesis, Djil. I dan II. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan
Fakultas Psikologi UGM, 1986.
________, Statistik.
Djil. II. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1986.
Universtias Muhammadiyah Surakarta. Dies Natalis ke 27 1958-1985 Universitas Muhammadiyah Surakarta 5
tahun Terakhir. Surkarta: Djagalabilawa, 1985.
Winarno Surakhmad, Metodologi
Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars. T.th
________, Pengantar
Penelitian Ilmiah Dasar metoda Teknik. Bandung: Tarsito, 1985
Zuhairini,et.al. Metodik
Khusus Pendidikan Agmaa. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar