Selasa, 02 Oktober 2012

AG - 07 PENGARUH PRESTASI BELAJAR AL-ISLAM TERHADAP PENGALAMAN AJARAN ISLAM PDA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI


PENGARUH PRESTASI BELAJAR AL-ISLAM TERHADAP
PENGALAMAN AJARAN ISLAM PDA MAHASISWA
FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
SEMESTER II TAHUN
AKADEMI 1985/1986
BAB I
M U Q O D D I M A H

A.      Tinjauan Umum
Sejak tahun 1912, Muhammadiyah sebagai organisasi Islam telah berkembang dalam dunia pendidikan, dakwah dan sosial. Dan sampai sekarang Muhammadiyah terus berusaha untuk meningkatkan kegiatan-kegiatannya. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya pada sekolah-sekolah dari tingkat dasar sampai lanjutan atas, tetapi Muhammadiyah juga mengelola berbagai pendidikan tinggi yang terbesar di berbagai kota di tanah air.
Namun demikian lembaga pendidikan tinggi Muhammadiyah baru didirikan pada tahun 1955, yaitu pada saat berdirinya Fakultas Hukum dan Filsafah di padang Panjang pada tanggal 18 Nopember 1955 bertepatan dnegan milad Muhammadiyah ke 43. Setelah itu disusul dengan beberapa perguruan tinggi di berbagai kota, baik Universitas, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), Instutut Agama Islam Muhamamadiyah (IAIM), Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan lain-lain.
Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah termasuk salahs atu dari beberapa Perguruan Tinggi yang dikelola Muhammadiyah. Sapai saat ini Universitas Muhammadiyah Surakarta memiliki delapan Fakultas, dengan delapan jurusan dan delapan program studi. Delapan fakultas tersbeut adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, fakultas Tehnik, fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Faklultas Geografi, Fakultas Tarbiyah, dan fakultas Ushuluddin.
Fakultas Psikologi termasuk salah satu fakultas yang terbaru di Universitas Muhammadiyah Surtakarta ini. Pada tahun akademi 1985/1986 menampung 71 mahasiswa. Dengan sejumlah mahasiswa tersbeut, Fakultas Psikologi bertanggung jawab penuh untuk membawa mereka kepdaa suatu tujuan. Tujuan tersbeut telah ditetapkan dalam :
1.       Surat Keterangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor : 35/PP/1975 tentang Qaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah bab I pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :
Terbentuknya Sarjana Muslim yang berakhlak mulia, cakap, percaya pada diri sendiri dan berguna bagi masyarakat dan negera, beramal menuju terwujudnya masyarakat islam yang sebenar-benarnya. 

2.        Tujuan pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berbunyi sebagai berikut :
Membentuk Sarjana Psikologi muslim yang pancasila, bermoral luhur, dan berjiwa mengamalkan dan mengamankan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 

Untuk mencapai tujuan tersbeut diperlukan pembinaan secara intensif dan penuh tanggung jawab pembinaan ini dilakukan melalui kegiatan-kegiatan intra kurikuler, kekurikuler dan ekstra kurikuler.
Dami terwujudnya tujuan pendidikan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah, pembinaan di bidang agama mempunyai peranan yang sangat penting. Mengenai pengelolaan pembinaan agama islam di Universitas Muhammadiyah Surakarta telah didirikan suatu departemen, yaitu departemen Pembinaan dan Pengembangan Al-Islam dan kemuhammadiyahan (DP2AK) yang khusus menangani maslaah pembinaan dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Khusus untuk semester I dan II pelaksanaannya melalui kegiatan studium general dibantu dengan asisten yang khusus memberikan bimbingan pengalaman agama dalam kehidupan sehari-hari yang diarahkan pada pelaksanaan shalat yang tertib, benar dan terus-menerus dan pemahaman Al-Quran yang mendalam.
Di dalam mempelajari Agama Islam tidak hanya berorietasi pada intelektual saja, yaitu dengan menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan Agama Islam. Tetapi di dalam mempelajari Agama Islam di samping berorientasi pada intelektual juga berorientasi pada perubahan kelakuan (a change in binavior) sebagaimana definisi belajar menurut Ernest R. Hilgard :
Learning is the proces by which an astivity originates or is changed through training proceral (whether in the laboratory or in the naural environment) as distinguished from changes by factors not attributable to training. 

Artinya : Belajar adalah proses yang menghasilkan atau merubah suatu kegiatan melalui latihan (baik di dalam laboratorium atau di dalam lingkungan alamiah) yang dibedakan dari perubahan – perubahan oleh faktor-faktor yang tidak termasuk latihan.
Dalam definisi tersbeut dikatakan bahwa seseorang disebut belajar, apabila ia dapat melakukan sesuatu yang tak dapat dilakukannya sebelum ia belajar, atau setelah ia melakukan kegiatan belajar harus ada perubahan kelakukan sebagai produk dari belajar tersebut. Kelakuan tersebut meliputi pengamatan, pengenalan, pengertian, perbuatan, perasaan, minat, penghargaan dan sikap.
Dalam hal iniproblem yang dihadapai dalam kegiatanya dengan produk belajar Al-Islam adalah apakah mereka yang telah mempelajari Agama Islam mesti terjadi perubahan di dalam melaksanakannya terutama perubahan dalam amaliyahnya, atau hanya sekedar menimba pengetahuan agma Islam. Sementara yang diharapkan adalah ilmu yang amaliyah dan amal yang ilmiah.
Dengan permasalahan tersebut di atas, penulis ingin mengetahui apakah mahasiswa yang telah mempelajari Agama Islam terjadi perubahan kelakuan terutama dalam amal bidahnya. Dan dalam keintanya dengan DP2AK, apakah mereka yang berprestasi tinggi kualitas amaliyanya juga tinggi/lebih baik atau malah mereka yang berprestasi tinggi kualitas amaliyahnya lebih rendah. Dan apakah mereka yang berprestasi rendah kualitas amaliyahnya juga rendah atau sebaliknya.
Sehubungan dengan produk belajar Al-Islam dalam permasalahan di atas, maka penulis akan meneliti tentang pengaruh prestasi belajar Al-Islam terhadap pengalaman ajaran Islam pada mahasiswa Fakultas psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta semester II tahun akademi 18985/1986.

B.      Penjelasan Judul
Agar mempeorleh gambaran yang jelas tentang judul risalah yang penulis ajukan, yaitu : “pengaruh Prestasi Belajar Al-Islam Terhadap Pengamalan Ajaran Islam Pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta Semster II Thun Akademik 1985/1986.”
Maka menulis akan memberikan penjelasan mengenai istilah-istilah di dalam judul risalah tersebut :
1.       Pengaruh
Pengaruh adalah : “ daya yang atau yang timbul dari suatu yang berkuasa atau yang berkekuatan.Jadi kata pengaruh adalah daya atau kekuatan pihak hubungan yang sangat erat dengan pihak lain, dan hubungan tersbeut merupakan sebab akibat.
2.       Prestasi Belajar Al-Islam
Prestasi adalah hasil yang dicapai setelah mahasiswa mendapatkan mata kuliah Al-Islam selama satu semester, yaitu semester II.
3.       Pengamalan Sejarah Islam
Pengamalan adalah pelaksanaan dari perbuatan-perbuatan yang diajarkan di dalam agama islam. Karena pada semester II pokok bahasanya adalah masalah shalat, maka yang dimaksudkan pengalaman ajaran islam di sini adalah pelaksanaan shalat yang berkenaan dengan kebenaran bacaan dan gerakan dalam melaksanakan shalat wajib maupun tathawu’. 

C.      Alasan Pemilihan Judul
Dalam sebuah karangan ilmiah di tuntut adanya alasan-alasan yang dapat dipertanggung jawabkan, serta berpegang pada prinsip-prinsip yang kuat dalam pemilihan judul tersbeut.prinsip-prinsip tersbeut akan memberikan motivasi untuk meneliti lebih teliti dan sistematis. Dengan demikian pokok-pokok masalah yang terkandung di dalamnya akan jelas dan konkrit.
Adapun alasan yang mendorong penulis untuk memilih judul tersbeut adalah :
1.       Sesuai dengan tujuan pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang berbunyi sebagian berikut :
“Membentuk Sarjana Psikologi muslim yang susila bermoral luhur dan berjiwa mengamalkan dan mengamankan Pancasila dan Undang-Undang dasar 1945.
2.       Untuk menunjang tercapainya tujuan tersbeut ada mata kuliah Al-Islam yang dikelola oleh departemen Pembinaan dan pengembangan AL-Islam dan Kemuhammadiyahan, yang pelaksanaannya untuk semester II melalui studium general dan kegiatan asistensi.
3.       Kegiatan asistensi, khususnya memeberikan bimbingan tentang pengalaman ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari yang diarahkan pada pelaksanaan yang  tertib, benar dan terus-menerus, dan pemahaman Al-Quran yang mendalam.
DAFTAR KEPUSTAKAAN

Al-Qur’an dan Terjemahannya.Departemen Agama Republik Indonesia. Jakarta: proyek pengadaan kitab suci Al-Qur’an Departemen Agama R.I. 1983/1984.

Abd. bin Nuh, Oemar Bakry. Kamus Indonesia – Arab – Inggris. Jakarta: Mutaiara, t.th.

Al-Jasu’y Abu Lois Ma’luf. Al-Munjid. Beirut : A;-Moth’atul Katsulikiyah. t. th

Hasbi Ash Siddieqy, TM. Al-Islam. Djil. I. Jakarta : Bulan bintang, 1997.

Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pedoman Pembinaan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Surakarta : Univeristas Muhammadiyah Surakarta, 1984.

Mas’ud Khasan Abdul Qohar, et.al. Kamus istilah pengetahuan popular. T.t. Bintang pelajar, t.th.

Mohammad Ali, Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa, 1984.

Muslih B.Ph. Etika dan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia.t.th: t.p. 1978

Nasution,s. Asas-asas Mengajar. Bandung: Jemmars,1982

Pasaribu, I.L Simandjuntak,B. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito, 1982

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, SK Pimpinan Pusat Muhammadiyah No. 35/PP/1975 tentang Qoidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bab II Pasal 3 ayat 1.

Pusat Bimbingan dan Konseling, Beberapa Usaha Mengefektifkan Cara Belajar Di Perguruan Tinggi. Surakarta: Universitas Muhmmadiyah Surakarta, 1984.

Senapiah Faisal, Dasar dan Teknik Menyusun Angket. Surabaya: Usaha nasional, 1981.

Silvita Is. Kamus Populair. Surabaya: Jaya Agung.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.  Jakarta: Bina Aksara, 1983

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, DjiliI dan II, Yogyakarta : Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1986

________, Bimbingan Menulis Skripsi – Thesis, Djil. I dan II. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1986.

________, Statistik. Djil. II. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1986.

Universtias Muhammadiyah Surakarta. Dies Natalis ke 27 1958-1985 Universitas Muhammadiyah Surakarta 5 tahun Terakhir. Surkarta: Djagalabilawa, 1985.

Winarno Surakhmad, Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars. T.th

________, Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar metoda Teknik. Bandung: Tarsito, 1985

Zuhairini,et.al. Metodik Khusus Pendidikan Agmaa. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700



0 komentar:

Posting Komentar