MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU
DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
DI SMPN 13 BANJARBARU MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT)
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Kebijakan
pemerintah di bidang pendidikan telah bergulir dengan ditetapkannya Peraturan
pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang
meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar
pendidik dan tenaga kependidikan,standar sarana dan prasarana,standar
pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.
Dalam
standar penilaian pada KTSP diantaranya setiap sekolah dalam hal ini guru
setiap awal semester tahun pelajaran lebih dahulu menetapkan Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) namun pada
pelaksanaan kegiatan supervisi di SMPN 13 Banjarbaru sebagai salah satu sekolah
binaan, pengawas mendapat satu temuan permasalahan yakni ada diantara guru
belum dan bahkan ada yang tidak mampu
menetapkan KKM.
Saat ini
pengawas sekolah dituntut untuk memiliki kompetensi penelitian pengembangan,
yang tidak cukup dianggap hanya sekedar penerima pembaharuan dari hasil
penelitian para peneliti dari kalangan perguruan tinggi , melainkan ikut
bertanggung jawab serta dan berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan
keterampilannya sendiri melalui penelitian tindakan sekolah yang berkaitan
dengan tugas pokok pengawas sekolah yaitu memantau, menilai, membina dan
melaporkan serta melaksanakan tindak lanjut hasil kepengawasan.
Berdasarkan hasil temuan dan sesuai dengan
tugas pokok pengawas maka peneliti berupaya meningkatkan kinerja guru untuk
menetapkan KKM melalui In house training (IHT).
B.
Identifikasi Masalah
Dari hasil
supervisi pengawas, maka faktor penyebab ketidakmampuan guru dalam menetapkan
KKM adalah sebagai berikut :
1. Guru belum mendapatkan informasi yang
jelas tentang bagaimana menetapkan KKM.
2. Untuk menetapkan KKM hanya dengan
memperkirakan saja.
3. Hanya melihat KKM yang ditetapkan sekolah
lain yang kemudian ditetapkan di sekolah tempat tughasnya.
C.
Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah yang telah diuraikan maka rumusan masalah yang berkaitan
dengan judul adalah: “Bagaimana IHT dapat Meningkatkan Kemampuan Guru dalam
Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) Di SMPN 13 Banjarbaru.
D.
Pemecahan Masalah
Berdasarkan
permasalahan yang telah dikemukakan diatas bahwa dengan IHT dapat meningkatkan
kemampuan guru menetapkan KKM.
E.
Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan
yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru
dalam menetapkan KKM di SMPN 13 Banjarbaru.
Manfaat untuk guru :
Sebagai
pedoman untuk menetapkan KKm pada pada awal semester tahun pelajaran berikutnya.
Manfaat
untuk kepala sekolah :
Dapat
memberikan sumbangan untuk meningkatkan kinerja dalam membina guru yang menjadi
tugas kepala sekolah sebagai penyelia untuk melakukan supervisi di satuan pendidikan.
Manfaat
untuk pengawas :
Dengan
penelitian ini dapat meningkatkan
kemampuan dan keterampilan pengawas dalam melaksanakan tugas kepengawasan di
satuan pendidikan binaan.
DAFTAR PUSTAKA
Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi
Peneliti Kualitatif. CV. Pustaka Setia: Bandung
Departemen Pendidikan
Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2008. Penetapan KKM Bahan Diskusi TOT BINTEK KTSP.
Departemen Pendidikan
Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2008. Bahan Bantuan Teknis PTK dan Workshop
Pengembangan Kurikulum. Jakarta.
Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif
dan Kualitatif. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Institut Pertanian Bandung.
2007. Training. http://web.mb.ipb.ac.id/pies/training, diakses pada tanggal 31
Agustus 2008
Krisnadira. 2008. Publik
Training vs Inhouse Training Mana Yang Lebih Efektif.
http://www.krisnandira.com/2008/03/14/public-training-vs-inhouse-training-mana-lebih-efektif/,
diakses pada tanggal 31 Agustus 2008
Lembaga Pengembangan
Auditor Internal. 2008. Inhouse Training.
http://lpauditorinternal.org/index.php, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008
Lestari, Tita. 2000.
“Merencanakan dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah”. Disampaikan pada
Kegiatan Pembekalan Pembimbing Penelitian Tindakan Sekolah di Bogor.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar