Selasa, 02 Oktober 2012

PTS - 05 MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)


MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU
DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
DI SMPN 13 BANJARBARU MELALUI IN HOUSE TRAINING (IHT)

BAB I
  PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Kebijakan pemerintah di bidang pendidikan telah bergulir dengan ditetapkannya Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan,standar sarana dan prasarana,standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.
Dalam standar penilaian pada KTSP diantaranya setiap sekolah dalam hal ini guru setiap awal semester tahun pelajaran lebih dahulu menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal  (KKM) namun pada pelaksanaan kegiatan supervisi di SMPN 13 Banjarbaru sebagai salah satu sekolah binaan, pengawas mendapat satu temuan permasalahan yakni ada diantara guru belum dan bahkan ada yang tidak mampu  menetapkan KKM.
Saat ini pengawas sekolah dituntut untuk memiliki kompetensi penelitian pengembangan, yang tidak cukup dianggap hanya sekedar penerima pembaharuan dari hasil penelitian para peneliti dari kalangan perguruan tinggi , melainkan ikut bertanggung jawab serta dan berperan aktif dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sendiri melalui penelitian tindakan sekolah yang berkaitan dengan tugas pokok pengawas sekolah yaitu memantau, menilai, membina dan melaporkan serta melaksanakan tindak lanjut hasil kepengawasan.
Berdasarkan hasil temuan dan sesuai dengan tugas pokok pengawas maka peneliti berupaya meningkatkan kinerja guru untuk menetapkan KKM melalui In house training (IHT).
B.      Identifikasi Masalah
Dari hasil supervisi pengawas, maka faktor penyebab ketidakmampuan guru dalam menetapkan KKM adalah sebagai berikut :
1.       Guru belum mendapatkan informasi yang jelas tentang bagaimana menetapkan KKM.
2.       Untuk menetapkan KKM hanya dengan memperkirakan saja.
3.       Hanya melihat KKM yang ditetapkan sekolah lain yang kemudian ditetapkan di sekolah tempat tughasnya.

C.      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan maka rumusan masalah yang berkaitan dengan judul adalah: “Bagaimana IHT dapat Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal  (KKM) Di SMPN 13 Banjarbaru.
D.      Pemecahan Masalah
Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan diatas bahwa dengan IHT dapat meningkatkan kemampuan guru menetapkan KKM.


E.      Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menetapkan KKM di SMPN 13 Banjarbaru.
 Manfaat untuk guru :
Sebagai pedoman untuk menetapkan KKm pada pada awal semester tahun pelajaran berikutnya.
Manfaat untuk kepala sekolah :
Dapat memberikan sumbangan untuk meningkatkan kinerja dalam membina guru yang menjadi tugas kepala sekolah sebagai penyelia untuk melakukan supervisi  di satuan pendidikan.
Manfaat untuk pengawas :
Dengan penelitian ini  dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengawas dalam melaksanakan tugas kepengawasan di satuan pendidikan binaan.

DAFTAR PUSTAKA

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. CV. Pustaka Setia: Bandung

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 2008. Penetapan KKM Bahan Diskusi TOT BINTEK KTSP.

Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2008. Bahan Bantuan Teknis PTK dan Workshop Pengembangan Kurikulum. Jakarta.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Raja Grafindo Persada : Jakarta.

Institut Pertanian Bandung. 2007. Training. http://web.mb.ipb.ac.id/pies/training, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008

Krisnadira. 2008. Publik Training vs Inhouse Training Mana Yang Lebih Efektif. http://www.krisnandira.com/2008/03/14/public-training-vs-inhouse-training-mana-lebih-efektif/, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008

Lembaga Pengembangan Auditor Internal. 2008. Inhouse Training. http://lpauditorinternal.org/index.php, diakses pada tanggal 31 Agustus 2008

Lestari, Tita. 2000. “Merencanakan dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah”. Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan Pembimbing Penelitian Tindakan Sekolah di Bogor.




Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700





0 komentar:

Posting Komentar