PENGARUH HARGA DAN PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KARTU PRABAYAR PRO XL
DI KOTA SEMARANG
SARI
BASRODIN. 2006. Pengaruh harga
dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar proXL di kota Semarang. Skripsi.
Jurusan Ekonomi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing
I : Dra. Murwatiningsih, M.M., Pembimbing II : Drs. H. Wahyono, M.M. 78 hal.
Kata Kunci : Harga, Pelayanan, Kepuasan
Pelanggan
Persaingan yang
semakin ketat dalam industri seluler menjadikan masing-masing operator seluler
di antaranya Telekomunikasi Indonesia (Telkomsel), Satelit Palapa Indonesia
(Satelindo), Excelcomindo Pratama (XL), Mobile-8 (Fren), Bakrie Telecom
(Esia), berusaha memberikan pelayanan yang terbaik dan harga yang murah bagi
konsumen agar mereka mau menggunakan jasa dan menjadi pelanggannya. Selain
persaingan harga, Excelcomindo juga selalu melakukan perbaikan kualitas
pelayanan sesuai mottonya “ Kualitas suara bening sepanjang Nusantara” dan memfokuskan
diri dalam peningkatan pelayanan pelanggan baik melalui ”Call Centre 818”
maupun melalui pusat pelayanan atau XL shop. Mengacu dari kenyataaan tersebut
peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Pengaruh harga dan pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar proXL di kota Semarang. Tujuan dari
penelitian ini adalah : Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan
antara harga dengan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar proXL
di kota Semarang.
Populasi dalam
penelitian ini adalah keseluruhan pelanggan kartu prabayar proXL di kota
Semarang. Karena populasi tidak diketahui maka penentuan jumlah sampel
menggunakan tekhnik accidental sampling dengan menggunakan rumus Iterasi
dan diperoleh banyaknya sampel sebanyak 120 orang pelanggan. Variabel dalam
penelitian ini terdiri dari harga dan pelayanan sebagai variabel bebas dan
kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data
menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptip persentase
dan analisis regresi ganda.
Berdasarkan
hasil analisis regesi ganda diperoleh persamaan regesi yaitu Y= 0,179 + 0,202X1
+ 0,112X2. Uji keberartian persamaan regesi dengan uji F
diperoleh Fhitung = 57,373 dengan harga signifikansi sebesar 0,000
< 0,05, yang berarti secara simultan ada pengaruh antara harga dan pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji parsial diperoleh t1 = 5,079
dengan signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini berarti ada pengaruh antara harga
terhadap kepuasan pelanggan, t2 = 5,881 dengan signifikansi 0,000,
hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan. Besarnya pengaruh secara simultan antara harga dan pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan adalah 49,5%. Besarnya pengaruh masing-masing
variabel yaitu harga terhadap kepuasan pelanggan sebesar 18,6% dan pelayanan
terhadap kepuasan pelanggan sebesar 22,8%.
Mengacu dari
hasil penelitian, di mana variabel pelayanan memberikan pengaruh terhadap
kepuasan pelayanan lebih besar dibandingkan variabel harga, maka pihak
perusahaan hendaknya dapat tetap mempertahankan kualitas pelayanannya yang
selama ini telah dirasakan baik oleh pelanggan dan tetap berusaha untuk
menjadikannya menjadi lebih baik lagi dengan memberikan pelatihan-pelatihan
secara berkala kepada karyawannya maupun memperluas jaringan yang ada dengan
menambah BTS (Base Tranceiver Station) sehingga pelayanan jasa
komunikasi yang ditawarkan proXL dapat dinikmati secara luas oleh masyarakat di
berbagai daerah baik di sektor perkotaan maupun pelosok-pelosok desa dan dapat
mengurangi blank spot area (wilayah tak ada sinyal).
DAFTAR PUSTAKA
Algifari, 2000. Analisis
Regresi (Teori, Kasus, dan Solusi). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Algifari, 2000. Statistika
Induktif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Ali, Muhammad, 1989. Prosedur
Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, 1998. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Assauri, Sofyan, 1999. Manajemen
Pemasaran Dasar dan Konsep Strategi. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Kotler, Philip, 1996. Manajemen
Pemasaran Jilid 1 Analsis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian . Jakarta:
Erlangga
---------------, 1997. Manajemen
Pemasaran di Indonesia (terjemahan AB. Susanto). Jakarta: Salemba Empat.
---------------- dkk, 1994. manjemen
Pemasaran Persepektif Asia. Yogyakarta: ANDI OFFSET
Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen
Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.
Moenir, HAS, 1995. Manajemen
Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Purwoko, Bambang, 2003. Ventura
(Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi) Vol. 6, No. 1. Surabaya : PPPM STIE
PERBANAS SURABAYA
Rangkuti, Freddy, 2003. Measuring
Costumer Satisfaction. Jakarta: PT SUN
Sitepu, SK, Nirwana, 1994. Analisis
Jalur (Path Analysis). Bandung : Unit Pelayanan Statsistik, FMIPA
Universitas Padjajaran.
Sugiyono, 2000. Statistika
untuk Penelitian. Bandung : CV. ALFA BETA
Swastha, Basu, 2000. Asas-Asas
Marketing. Yogyakarta: Liberty.
DAFTAR PUSTAKA HANYA SEBAGIAN
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar