PENINGKATAN
KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN RPS MELALUI DENGAN METODE WORKSHOP DI
.....TAHUN....
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Kepala Sekolah memiliki
peran yang sangat kuat dalam mengkoordinasikan semua sumber daya pendidikan
yang tersedia. Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang
dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Sekolah
melalui program program yang dilakukan secara berencana dan bertahap.Oleh
karena itu Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan kemampuan manajemen dan
kepemimpinan yang tangguh agar mampu mengambil keputusan dan inisiatif /
prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.
Tugas dan fungsi Kepala
sekolah adalah mengelola penyelanggaraan Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ) di sekolah masing masing, mengingat
sekolah merupakan unit terdepan dalam penyelenggaraan MBS , salah satu tugas Kepala
Sekolah adalah menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ). Hal ini sesuai
dengan Manajemen Berbasis Sekolah bahwa, Kepala Sekolah menjalankan salah satu
tugas dan fungsinya adalah menyusun Rencana dan Program Pengembangan Sekolah
dengan melibatkan semua unsur antara lain : Kepala Sekolah, Wakil Kepala
Sekolah, Guru, Tata Usaha, Wakil Siswa (Osis ) Waki orang tua siswa, Wakil
Organisasi profesi, Wakil Pemerintah dan
Tokoh masyarakat ( Depdiknas, tahun 2003 : 29 )
Panduan pelaksanaan Workshop
Pendayagunaan MBS Kecamatan / Kota dalam penyusunan Rencana Pengembangan
Sekolah ( RPS ) Non DBEP menjelaskan bahwa ;
Salah satu upaya
meningkatkan Manajemen Berbasis Sekolah yang diminta Kepala
Dinas Dikbud Kota .
adalah Sekolah mampu
Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah
(RPS ) sehingga asas transparansi, akuntabilitas dan bekerja berdasarkan
rencana dapat tercapai ( Depdikbud Kota ., tahun 2002 )
Namun dalam kenyataan di
lapangan masih banyak Kepala Sekolah belum menyusun Rencana Pengembangan
Sekolah disebabkan oleh beberapa hal antara lain : (1) Kepala Sekolah sebagai
pemimpin belum memahami secara tuntas tentang Penyusunan Rencana Pengembangan
Sekolah ( RPS ) sebagai akibat kekurangan informasi yang didapat. (2) Tugas
Kepala Sekolah utamanya di ........sangat komplek mengingat di ........tidak
memiliki staf Tata Usaha, (3) Sementara ini Kepala Seklolah menyelenggarakan
pendidikan di sekolah tidak berdasarkan perencanaan yang jelas ( tidak memiliki
RPS khususnya sekolah non DBEP ).
Berdasarkan informasi dan
pengamatan di lapangan secara langsung bahwa Kepala ........yang ada di
........ belum memahami dan mampu menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS )
maka perlu dilakukan upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun
Rencana Pengembangan Sekolah melalui workshop.
B.
Identifikasi Masalah.
Kepemimpinan Kepala Sekolah
merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan
Visi, Misi , tujuan dan sasaran sekolah melalui program program yang dilakukan
secara berencana dan bertahap. Oleh karena itu Kepala Sekolah dituntut memiliki
kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu menghasilkan
keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.
Rencana Pengembangan Sekolah
(RPS) sangat perlu dimiliki oleh sekolah untuk memberi arah dan bimbingan para
pelaku sekolah dalam rangka untuk mecapai tujuan sekolah dengan resiko yang
kecil dan mengurangi ketidak pastian masa depan.
Berdasarkan informasi dan
pengamatan langsung di lapangan, semua Kepala ........yang ada di ........,
belum memahami dan belum mampu menyusun RPS, hal ini disebabkan kurangnya
informasi serta bimbingan yang mereka dapatkan dalam menyusun Rencana
Pengembangan Sekolah ( RPS ), oleh karena itu perlu dilakukan upaya peningkatan
kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS melalui Workshop.
C.
Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang
masalah seperti diuraikan di atas maka masalah yang akan diteliti adalah “
Bagaimana meningkatkan kemampuan Kepala ........dalam menyusun RPS melalui
workshop di ........?
A.
Pemecahan Masalah.
Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan
kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS, antara lain memperdalam
pengetahuan tentang penyusunan RPS dan syarat syarat penyusunan RPS yang
baik dan
benar. Namun fokus perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah meningkatkan kemampuan Kepala
Sekolah dalam menyusun RPS melalui workshop. Melalui workshop diberikan
pembekalan dan bimbingan teknis penyusunan RPS untuk seluruh Kepala ........di
......... Pada proses perkembangan kemampuan menyusun RPS, dilakukan perbaikan
perbaikan terhadap draf – draf awal RPS. Dengan adanya umpan balik dari
fasilitator diharapkan ada motivasi sehingga kemampuan menyusun RPS dapat
ditingkatkan.
D.
Tujuan dan manfaat Penelitian.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat
sebagai berikut : (1) Peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sebagai tuntutan oprasional dalam
penyelenggaraan sekolah. (2) Dengan
disusunnya RPS oleh Kepala Sekolah diharapkan apa yang menjadi tujuan sekolah
bisa tercapai. (3) Sekolah memiliki RPS yang sesuai dengan siuasi dan kondisi
sekolah masing masing.
DAFTAR PUSTAKA
1. Badan Standar Nasional Pendidikan dan Direktorat Tenaga Kependidikan,
2006,
Naskah
Akademik Standar Kependidikan dan Kompetensi
Kepala
Sekolah,
2. Badudu.J.S, 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:
Gramedia
3. Depdiknas, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah Direktorat Jendral
Pendidikan
Dasar
dan Menengah: Direktorat
Tenaga Kependidikan.
4. Depdiknas, 2003, Panduan Penyusunan dan Implementasi Rencana
Pengembangan
Pendidikan Kabupaten/ Kota
5. Depdiknas, PP. No. 19 Tahun 2005
6. Depdiknas, 2006, Direktorat
Pembinaan SMP Direktorat Jendral Manajemen
Dikdasmen
7. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, 2007, Panduan Pelaksanaan workshop
Pendayagunaan
Mbs Kecamatan/ Kota dalam Penyusunan RPS
Non DBEP Kota .
8. Kepmendiknas, No 162 Tahun 2003, Pedoman Penugasan Guru Sebagai
Kepala
Sekolah
9. Procton and Thornton, 1983, Latihan Kerja Buku Pegangan Bagi Para
Manager,
Jakarta:
Bina Aksara
10. PT Buku Kita, 2007, Standar Kompetensi Kepala Sekolah, Jakarta:
Pustaka
Yustisia
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar