Minggu, 23 September 2012

PTS -01 ENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN RPS MELALUI DENGAN METODE WORKSHOP


PENINGKATAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DALAM MENYUSUN RPS MELALUI DENGAN METODE WORKSHOP DI .....TAHUN....

BAB  I
PENDAHULUAN
A.      Latar belakang 
Kepala Sekolah memiliki peran yang sangat kuat dalam mengkoordinasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia. Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Sekolah melalui program program yang dilakukan secara berencana dan bertahap.Oleh karena itu Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu mengambil keputusan dan inisiatif / prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.
Tugas dan fungsi Kepala sekolah adalah mengelola penyelanggaraan Manajemen Berbasis Sekolah  ( MBS ) di sekolah masing masing, mengingat sekolah merupakan unit terdepan dalam penyelenggaraan MBS , salah satu tugas Kepala Sekolah adalah menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ). Hal ini sesuai dengan Manajemen Berbasis Sekolah bahwa, Kepala Sekolah menjalankan salah satu tugas dan fungsinya adalah menyusun Rencana dan Program Pengembangan Sekolah dengan melibatkan semua unsur antara lain : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha, Wakil Siswa (Osis ) Waki orang tua siswa, Wakil Organisasi profesi, Wakil Pemerintah  dan Tokoh masyarakat ( Depdiknas, tahun 2003 : 29 )
Panduan pelaksanaan Workshop Pendayagunaan MBS Kecamatan / Kota dalam penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) Non DBEP menjelaskan bahwa ;
Salah satu upaya meningkatkan Manajemen Berbasis Sekolah yang diminta Kepala
Dinas Dikbud Kota . adalah   Sekolah  mampu  Menyusun  Rencana Pengembangan  Sekolah   (RPS ) sehingga asas transparansi, akuntabilitas dan bekerja berdasarkan rencana dapat tercapai ( Depdikbud Kota ., tahun 2002 )
Namun dalam kenyataan di lapangan masih banyak Kepala Sekolah belum menyusun Rencana Pengembangan Sekolah disebabkan oleh beberapa hal antara lain : (1) Kepala Sekolah sebagai pemimpin belum memahami secara tuntas tentang Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) sebagai akibat kekurangan informasi yang didapat. (2) Tugas Kepala Sekolah utamanya di ........sangat komplek mengingat di ........tidak memiliki staf Tata Usaha, (3) Sementara ini Kepala Seklolah menyelenggarakan pendidikan di sekolah tidak berdasarkan perencanaan yang jelas ( tidak memiliki RPS khususnya sekolah non DBEP ).
Berdasarkan informasi dan pengamatan di lapangan secara langsung bahwa Kepala ........yang ada di ........ belum memahami dan mampu menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ) maka perlu dilakukan upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah melalui workshop.

B.      Identifikasi Masalah.
Kepemimpinan Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan Visi, Misi , tujuan dan sasaran sekolah melalui program program yang dilakukan secara berencana dan bertahap. Oleh karena itu Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang tangguh agar mampu menghasilkan keputusan dan prakarsa untuk meningkatkan mutu sekolah.
Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sangat perlu dimiliki oleh sekolah untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku sekolah dalam rangka untuk mecapai tujuan sekolah dengan resiko yang kecil dan mengurangi ketidak pastian masa depan.     
Berdasarkan informasi dan pengamatan langsung di lapangan, semua Kepala ........yang ada di ........, belum memahami dan belum mampu menyusun RPS, hal ini disebabkan kurangnya informasi serta bimbingan yang mereka dapatkan dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah ( RPS ), oleh karena itu perlu dilakukan upaya peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS melalui Workshop.

C.      Rumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang masalah seperti diuraikan di atas maka masalah yang akan diteliti adalah “ Bagaimana meningkatkan kemampuan Kepala ........dalam menyusun RPS melalui workshop di ........?
A.      Pemecahan Masalah.
Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS, antara lain memperdalam pengetahuan tentang penyusunan RPS dan syarat syarat penyusunan RPS yang baik  dan  benar. Namun fokus perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah  meningkatkan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun RPS melalui workshop. Melalui workshop diberikan pembekalan dan bimbingan teknis penyusunan RPS untuk seluruh Kepala ........di ......... Pada proses perkembangan kemampuan menyusun RPS, dilakukan perbaikan perbaikan terhadap draf – draf awal RPS. Dengan adanya umpan balik dari fasilitator diharapkan ada motivasi sehingga kemampuan menyusun RPS dapat ditingkatkan.

D.      Tujuan dan manfaat Penelitian.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut : (1) Peningkatan kemampuan Kepala Sekolah dalam menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sebagai tuntutan oprasional dalam penyelenggaraan  sekolah. (2) Dengan disusunnya RPS oleh Kepala Sekolah diharapkan apa yang menjadi tujuan sekolah bisa tercapai. (3) Sekolah memiliki RPS yang sesuai dengan siuasi dan kondisi sekolah masing masing.

DAFTAR PUSTAKA


1. Badan Standar Nasional Pendidikan dan Direktorat Tenaga Kependidikan, 2006,
                           Naskah Akademik Standar Kependidikan dan Kompetensi
                           Kepala Sekolah,
     
2. Badudu.J.S, 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia
     
3. Depdiknas, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah Direktorat Jendral Pendidikan
                           Dasar dan Menengah:  Direktorat Tenaga Kependidikan.
    
4. Depdiknas, 2003, Panduan Penyusunan dan Implementasi Rencana
                           Pengembangan Pendidikan Kabupaten/ Kota
   
5. Depdiknas, PP. No. 19 Tahun 2005
   
6. Depdiknas, 2006, Direktorat  Pembinaan SMP Direktorat Jendral Manajemen
                           Dikdasmen
  
7. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, 2007, Panduan Pelaksanaan workshop
                           Pendayagunaan Mbs Kecamatan/ Kota dalam Penyusunan RPS         Non DBEP Kota .
  
8. Kepmendiknas, No 162 Tahun 2003, Pedoman Penugasan Guru Sebagai Kepala
                           Sekolah
 
9. Procton and Thornton, 1983, Latihan Kerja Buku Pegangan Bagi Para Manager,
                           Jakarta: Bina Aksara
 
10. PT Buku Kita, 2007, Standar Kompetensi Kepala Sekolah, Jakarta: Pustaka
                           Yustisia
 

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700





0 komentar:

Posting Komentar