PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN
PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII IA-2 PADA
MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LOGARITMA
DI SMA NEGERI MADIUN SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2006/2007
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kegiatan
belajar merupakan salah satu kegiatan pokok dalam proses pembelajaran. Ini
berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung pada
bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik.
Keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran
dan prestasi belajar secara maksimal. Secara mudahnya prestasi belajar yang
maksimal ditandai dengan perolehan nilai atau hasil berlajar yang tinggi.
Pendidikan merupakan suatu upaya untuk meningkatkan
sumber daya manusia. Menciptakan manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi
dengan peningkatan mutu pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya
dengan mutu guru. Kunci keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh faktor
guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan
optimal apabila guru mampu merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Proses
belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari perencanaan,
pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi dan program tindak lanjut. Hal
tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak terlepas dari evaluasi.
Dengan evaluasi akan diketahui seberapa jauh seorang siswa menerima bahan ajar
yang diberikan kepadanya.
Seiring
dengan hal tersebut, tidak terlepas dari penguasaan materi pelajaran khususnya
matematika pada diri siswa di SMA Negeri 1 Madiun Menurut data hasil evaluasi belajar kelas XII
IA 2 Tahun Pelajaran 2006/2007 daya serap terhadap mata pelajaran matematika
kurang. Pada materi Logaritma dalam ulangan harian yang mencapai penguasaan
materi sebesar 49% atau hanya 19 anak dari 39 siswa. Dari permasalahan tersebut
maka guru mencari masalah yang menjadi kendala bagi siswa SMA Negeri 1 Madiun
sehingga dapat membantu meningkatkan penguasaan materi pelajaran matematika
materi Logaritma akhirnya prestasi belajar siswa juga meningkat.
Adanya kekurangan dalam pembelajaran matematika ini,
penulis refleksikan pada diri sendiri mengenai sebab-sebabnya, kemudian dibuat
catatan untuk merancang suatu kegiatan perbaikan pembelajaran. Rencananya
pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam 2 siklus penelitian tindakan kelas untuk
mata pelajaran Matematika pada materi Logaritma di Kelas XII IA-2. apabila siklus pertama telah
berhasil, maka tidak perlu dilakukan perbaikan siklus 2. tetapi apabila siklus
pertama gagal, maka dilanjutkan ke siklus-siklus berikutnya sampai diperoleh
keberhasilan perbaikan yang ditandai dengan tercapainya Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM).
Berdasarkan uraian tersebut, maka dalam Penelitian
Tindakan Kelas ini mengambil judul : “PENGGUNAAN ALAT PERAGA TABEL DALAM UPAYA
MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII IA-2 PADA MATA
PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LOGARITMA DI SMA NEGERI MADIUN SEMESTER II TAHUN
PELAJARAN 2006/2007”.
B.
Identifikasi
Masalah
Proses
belajar mengajar Kelas XII IA-2 SMA Negeri 1 Madiun terhadap pelajaran
Matematika dalam materi pelajaran Logaritma dalam ulangan harian hanya 19 siswa
dari 39 siswa yang mencapai penguasaan materi. Selama pembelajaran berlangsung
siswa tidak termotivasi untuk memahami penjelasan guru, karena guru dalam
mengajar tidak melibatkan siswa secara aktif, bahkan sering guru memberi
pertanyaan ke siswa pada akhirnya guru sendiri yang menjawab. Hal tersebut
terlihat bahwa pelajaran didominasi oleh guru dan penjelasan guru kurang
didukung dengan metode dan alat peraga yang sesuai serta menarik perhatian
siswa.
Pada umumnya para siswa kurang berminat terhadap
mata pelajaran Matematika karena dianggap sebagai pelajaran yang sangat sulit
karena harus menghitung dan menghafalkan rumus. Berdasarkan hal tersebut,
peneliti meminta bantuan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari
pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi dengan supervisor terungkap
beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran, yaitu :
1.
Siswa mempunyai anggapan bahwa
Matematika merupakan mata pelajaran yang sukar untuk dipelajari
2.
Siswa tidak berani bertanya dan
cenderung pasif
3.
Pengetahuan dan informasi yang diterima
siswa masih sebatas produk hafalan
4.
Rendahnya tingkat penguasaan siswa
terhadap materi pelajaran
5.
Guru sering tidak menggunakan metode
pembelajaran yang sesuai
6.
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan
guru
7.
Tidak digunakannya alat peraga yang
sesuai dengan materi.
Berangkat dari masalah-masalah yang sangat
mengganggu dan menghambat siswa yang bersangkutan untuk meraih prestasi yang
lebih tinggi, maka guru mengadakan perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan
penguasaan terhadap mata pelajaran matematika pada diri siswa.
C.
Rumusan
Masalah
Temuan tersebut merupakan alternatif dari sekian banyak
temuan yang muncul selama pembelajaran berlangsung. Atas dasar temuan
permasalahan itu penulis dapat merumuskan masalah dalam pembelajaran yaitu:
“Apakah penggunaan alat peraga Tabel dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi
belajar siswa kelas XII IA-2 pada Mata Pelajaran Matematika Materi Logaritma di
SMA Negeri Madiun Tahun pelajaran 2006/2007”.
D.
Tujuan
Penelitian
Dari latar belakang yang telah dikemukakan maka
penelitian ini bertujuan untuk :
1.
Mendeskripsikan cara yang lebih efektif dalam
membelajarkan Matematika pada materi Logaritma
2.
Untuk meningkatkan kualitas pembelajara Matematika
khususnya dalam materi logaritma dengan menggunakan media alat peraga tabel
atau tabel.
3.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran
Matematika.
E.
Manfaat
Perbaikan
Proses
penulisan laporan dimulai dengan adanya masalah yang dirasakan dalam
pembelajaran. Langkah menemukan masalah dilanjutkan dengan mengidentifikasi
masalah, menganalisis dan merumuskan masalah, kemudian merencanakan PTK dalam
bentuk perbaikan, melakukan tindakan, mengamati dan melakukan refleksi. Adapun
manfaat dari perbaikan pembelajaran adalah :
1.
Bagi Guru
Dengan dilaksanakannya penelitian tindakan kelas penggunaan alat peraga
tabel dalam pembelajaran matematika, guru sedikit demi sedikit mempunyai
keinginan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan-permasalahan
yang dihadapi baik oleh guru maupun siswa sedikit demi sedikit dapat diatasi
dengan penanaman konsep yang benar.
2.
Bagi Siswa
Penelitian ini sangat bermanfaat bagi siswa yang bermasalah di kelas XII IA-2 dalam meningkatkan pemahamannya
terhadap Materi Logaritma. Keberhasilan peningkatan pemahaman tersebut dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa.
3.
Bagi Sekolah
Setelah keberhasilan penelitian ini yaitu penerapan metode demonstrasi
dan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika khususnya Logaritma,
akan memberikan sumbangan yang baik pada sekolah untuk meningkatkan prestasi
belajar siswa di dalam kegiatan belajar di kelas.
DAFTAR
PUSTAKA
Arifin Zaenal. (1990). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja
Rosda Karya
Choiriyah, Siti (2006). Acuan Pengayaan Matematika. Solo : Sindhunata
Elizabeth B. Hurlock. (1990). Psikologi Perkembangan. Jakarta:
Penerbit Gelora Aksara Pratama.
Gredler, Margaret E. Ball, (1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta :
Rajawali
Kuntarti, Sulistyono, Sri Kurnianingsih. (2006). Matematika SMA. Untuk Kelas XII Program
Ilmu Alam. Jakarta : Gelora Aksara Pratama.
Suryadi, Didi. (1997). Alat Peraga dan Pengajaran Matematika. Jakarta : Ditjen Dikdasmen
D2 Karunika UT
UU No. 2 Tahun 1989. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia
Untuk
mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi
: 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar