Minggu, 23 September 2012

PTL SD-03 PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJARAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN TANYA JAWAB


PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA
TERHADAP MATERI PELAJARAN SUMBER DAYA ALAM
DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN TANYA JAWAB
DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOSUMAN 5 KECAMATAN SIDOARJO KABUPATEN SRAGEN 2008/2009

BAB I
PENDAHULUAN

I.  PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
        Sekolah sebagai tempat proses belajar mempunyai kedudukan yang sangat penting dan menonjol dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu pendidikan di sekolah memegang peranan penting dalam rangka mewujudkan tercapainya pendidikan nasional secara optimal dalam rangka mewujudkan tercapainya pendidikan nasional secara optimal seperti yang diharapkan. Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan. Dalam proses belajar mengajar tersebut guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara gur dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar.
                IPA sebagai salah satu bidang studi yang memiliki tujuan membekali siswa untuk mengembangkan penalarannya di samping aspek nilai dan moral banyak memuat materi alam dan bersifat hafalan sehingga pengetahuan dan informasi yang diterima siswa sebatas produk hafalan. Sifat materi pelajaran IPA tersebut membawa konsekuensi terhadap proses belajar mengajar yang didominasi oleh pendekatan ekspositoris, terutama guru menggunakan metode  ceramah maupun tanya  jawab terjadi dialog imperatif. Padahal dalam proses belajar mengajar keterlibatan siswa secara totalitas, artinya melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran dan psikomotor (keterampilan, salah satunya sambil menulis). Jadi dalam proses belajar mengajar, seorang guru harus mengajak siswa untuk mendengarkan, menyajikan media yang dapat dilihat, memberi kesempatan untuk menulis dan mengajukan pertanyaan atau tangapan, sehingga terjadi dialog kreatif yang menunjukkan proses belajar mengajar yang interaktif. Situasi belajar ini dapat tercipta melalui penggunaan “pendekatan tanya jawab” Sebagai seorang guru yang professional hendaknya dapat memilih dan menerapkan metode yang efektif agar materi yang dipelajari oleh siswa dapat dipahami dengan baik serta dapat meningkatkan prestasi belajar.
                Penguasaan siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 5 Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sragen terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih kurang karena menurut data terakhir semester I tahun 2008/2009 daya serap siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sumber daya alam keluarga hanya 60 %, berdasarkan data, penulis mengadakan penelitian yang berjudul Penggunaan metode demonstrasi sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Purwosuman 5 Sidoharjo Sragen. Di samping sebagai kelengkapan dalam menempuh s1 PGSD juga sebagai kelengkapan tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PGSD 4412).
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700





0 komentar:

Posting Komentar