PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA
TERHADAP MATERI PELAJARAN SUMBER DAYA ALAM
DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN TANYA
JAWAB
DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOSUMAN
5 KECAMATAN SIDOARJO KABUPATEN SRAGEN 2008/2009
BAB
I
PENDAHULUAN
I. PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sekolah sebagai tempat proses belajar mempunyai kedudukan
yang sangat penting dan menonjol dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu
pendidikan di sekolah memegang peranan penting dalam rangka mewujudkan
tercapainya pendidikan nasional secara optimal dalam rangka mewujudkan
tercapainya pendidikan nasional secara optimal seperti yang diharapkan. Proses belajar
mengajar merupakan inti dari proses pendidikan. Dalam proses belajar mengajar
tersebut guru menjadi pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang
edukatif, yakni interaksi antara gur dengan siswa, siswa dengan siswa dan
dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar.
IPA
sebagai salah satu bidang studi yang memiliki tujuan membekali siswa untuk
mengembangkan penalarannya di samping aspek nilai dan moral banyak memuat
materi alam dan bersifat hafalan sehingga pengetahuan dan informasi yang
diterima siswa sebatas produk hafalan. Sifat materi pelajaran IPA tersebut
membawa konsekuensi terhadap proses belajar mengajar yang didominasi oleh
pendekatan ekspositoris, terutama guru menggunakan metode ceramah maupun tanya jawab terjadi dialog imperatif. Padahal dalam
proses belajar mengajar keterlibatan siswa secara totalitas, artinya melibatkan
pikiran, penglihatan, pendengaran dan psikomotor (keterampilan, salah satunya
sambil menulis). Jadi dalam proses belajar mengajar, seorang guru harus
mengajak siswa untuk mendengarkan, menyajikan media yang dapat dilihat, memberi
kesempatan untuk menulis dan mengajukan pertanyaan atau tangapan, sehingga
terjadi dialog kreatif yang menunjukkan proses belajar mengajar yang
interaktif. Situasi belajar ini dapat tercipta melalui penggunaan “pendekatan
tanya jawab” Sebagai seorang guru yang professional hendaknya dapat memilih dan
menerapkan metode yang efektif agar materi yang dipelajari oleh siswa dapat
dipahami dengan baik serta dapat meningkatkan prestasi belajar.
Penguasaan
siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Purwosuman 5 Kecamatan Sidoarjo Kabupaten
Sragen terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam masih kurang karena
menurut data terakhir semester I tahun 2008/2009 daya serap siswa terhadap mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi sumber daya alam keluarga hanya 60
%, berdasarkan data, penulis mengadakan penelitian yang berjudul Penggunaan
metode demonstrasi sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas
IV SD Negeri Purwosuman 5 Sidoharjo Sragen. Di samping sebagai kelengkapan
dalam menempuh s1 PGSD juga sebagai kelengkapan tugas mata kuliah Pemantapan
Kemampuan Profesional (PGSD 4412).
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar