MENINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MEMAHAMI ISI
BACAAN DENGAN LATIHAN MEMBACA LANCAR SERTA MEMPERHATIKAN TANDA – TANDA BACA DAN
INTONASI YANG BENAR, DENGAN ALAT BANTU TEKS DONGENG PADA MATA PELAJARAN BAHASA
INDONESIA KELAS I SEMESTER 2 SD NEGERI NGABEYAN 02 KECAMATAN KARTASURA
KABUPATEN SUKOHARJO
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Didalam Undang-Undang Nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
telah dirumuskan fungsi sekolah yang digabung dengan tujuan pendidikan nasional
adalah sebagai berikut. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan
dan membentuk watak serta peradapan bangsa yag bermartabat dalam rangka
mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pembangunan nasional yang sedang
dilaksanakan bertujuan untuk membangun manusia Indonesia yang seutuhnya. Ini
berarti bahwa pembangunan mempunyai jangkauan yang luas dan jauh. Berhasil
tidaknya program pembangunan faktor manusia memegang peranan yang sangat
penting. Untuk pembangunan ini diperlukan manusia yang berjiwa pemikir, kreatif
dan mau bekerja keras, memiliki pengetahuan dan ketrampilan serta memiliki
pengetahuan dan ketrampilan serta memiliki sifat positif terhadap etos kerja.
Sekolah
sebagai tempat proses belajar mempunyai kedudukan yang sangt penting dan
menonjol dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu pendidikan di sekolah memegang
peranan penting dalam rangka mewujudkan tercapainya pendidikan nasional secara
optimal dalam rangka mewujudkan tercapainya pendidikan nasional secara optimal
seperti yang diharapkan. Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses
pendidikan. Dalam proses belajar mengajar tersebut guru menjadi pemeran utama
dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru
dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang
tercapainya tujuan belajar.
Bahasa
Indonesia sebagai salah satu bidang studi yang memiliki tujuan membekali siswa
untuk mengembangkan bahasa di samping aspek penalaran dan hafalan sehingga
pengetahuan dan informasi yang diterima siswa sebatas produk bahasa dan satra.
Sifat materi pelajaran Bahasa Indonesia tersebut membawa konsekuensi terhadap
proses belajar mengajar yang didominasi oleh pendekatan eksperimental, terutama
guru menggunakan metode eksperiman,
ceramah maupun tanya jawab terjadi
dialog imperatif. Padahal dalam proses belajar mengajar keterlibatan siswa
secara totalitas, artinya melibatkan pikiran, penglihatan, pendengaran dan
psikomotor (keterampilan, salah satunya sambil menulis). Jadi dalam proses
belajar mengajar, seorang guru harus mengajak siswa untuk mendengarkan,
menyajikan media yng dapat dilihat, memberi kesempatan untuk menulis dan
mengajukan pertanyaan atau tangapan, sehingga terjadi dialog kreatif yang
menunjukkan proses belajar mengajar yang interaktif.
Sebagai
seorang guru yang professional hendaknya dapat memilih dan menerapkan metode
yang efektif agar materi yang dipelajari oleh siswa dapat dipahami dengan baik
serta dapat meningkatkan prestasi belajar.
Penguasaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar
Negeri Ngabeyan 02 Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo terhadap mata
pelajaran Bahasa Indonesia masih kurang karena menurut data terakhir semester
II tahun 2007/2008 daya serap siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia
pada materi keperluan hanya 65 %, berdasarkan data tersebut maka guru akan
mencari masalah-masalah yang mengganggu dan menghambat penguasaan siswa
terhadap mata pelajaran tersebut sehingga dapat meningkatkan penguasaan materi
dan hasil belajar siswa, perbaikan pembelajaran bertujuan untuk memenuhi salah
satu tugas dalam mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PGSD 4412) pada
program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka.
Susunan
laporan ini berdasarkan catatan yng dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan
serta selama pelaksanaan, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus
penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2,
maka laporan ini disusun dengan sistematika secara garis besar meliputi
Pendahuluan, perencanaan perbaikan, pelaksanaan, temuan dan kesimpulan.
DAFTAR
PUSTAKA
Arifin Zaena. (1990). Evaluasi Instruksional
Prinsip Teknik Prosedur. Bandung : Remadja Karya
Gredler, Margaret E. Ball,
(1991). Belajar dan Membelajarkan, Jakarta : Rajawali
SK dan KD Mata pelajaran
Bahasa Indonesia
Darisman, 2006, Buku Bahasa Indonesia Kl II,
Jakarta : Yudistira
Winkel. W.S (1987). Psikologi Pengajaran.
Jakarta : Gramedia
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar