UPAYA PENINGKATAN BELAJAR SISWA MATA
PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PELAJARAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN ALAT
PERAGA TABEL BILANGAN KELAS I SEMESTER 2 SD NEGERI NGABEYAN 02 KECAMATAN
KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kegiatan
belajar merupakan salah satu kegiatan pokok dalam proses pembelajaran. Ini
berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung pada
bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik.
Keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran
dan prestasi belajar secara maksimal.
Pendidikan
merupakan suatu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Menciptakan
manusia yang cerdas dan maju perlu diimbangi dengan peningkatan mutu
pendidikan. Mutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci
keberhasilan pelaksanaan sangat ditentukan oleh faktor guru sebagai pengelola
kegiatan pembelajaran. Proses belajar mengajar akan optimal apabila guru mampu
merencanakan pelaksanaan sampai evaluasi. Menurut Suryo Subroto (1997 : 19)
proses belajar mengajar meliputi kegiatan yang dilakukan guru mulai dari
perencanaan, pelaksanaan kegiatan sampai dengan evaluasi dan program tindak
lanjut. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa pembelajaran tidak terlepas
dari evaluasi.
Seiring dengan hal diatas tidak terlepas dari
penguasaan materi pelajaran khususnya matematika pada diri siswa kelas 1 di
Sekolah Dasar Negeri Ngabeyan 02
Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Menurut data hasil ujian Kelas I Tahun Pelajaran 2007/2008 daya serap
terhadap mata pelajaran matematikan hanya 65%. Pada materi penjumlahan dan
pengurangan dalam dua kali ulangan yang mencapai penguasaan materi sebesar 70%
hanya 8 orang dari 25 siswa. Dari permasalahan tersebut maka guru akan mencari
masalah yang menjadi kendala bagi siswa Sekolah Dasar Ngabeyan 02 Kecamatan
Kartasura Kabupaten Sukoharjo sehingga dapat membantu meningkatkan penguasaan
materi pelajaran matematika sehinggga prestasi belajar siswa juga meningkat,
perbaikan pembelajaran bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas dalam mata
kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PGSD 4412) pada program S1 Pendidikan
Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Terbuka.
Susunan
laporan ini berdasarkan catatan yang dibuat ketika merancang kegiatan perbaikan
serta selama pelaksanaan, observasi dan diskusi yang dilakukan dalam 2 siklus
penelitian tindakan kelas untuk mata pelajaran Matematika di Kelas I, maka laporan ini disusun dengan
sistematika secara garis besar meliputi Pendahuluan, Pelaksanaan Perbaikan,
Hasil Penelitian dan Pembahasan, Kesimpulan dan Saran.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap
(Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar