PTK SD 247 = Pd 940 : Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan Dengan Bermain Kartu Soulamte Pada Siswa Kelas II SD XXX Tahun Pelajaran 2012/2013
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kualitas balajar siswa melalui pembelajaran aktif dan menyenang kandengan
bermain kartu soulmate. Penelitian
ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai dengan bulan Agustus. Subjek penelitian
adalah guru dan siswa kelas II SD XXX yang berjumlah 35 siswa.
Sumber data dalam penelitian ini adalah pengamatan pengelolaan metode pembelajaran aktif dan menyenangkan dengan bermain kartu soulmate, pengamatan
aktivitas siswa dan guru pada akhir pembelajaran, dan data tes formatif siswa pada setiap siklus.
Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi,
dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Prosedur penelitian terdiri atas kondisi awal (pra siklus),
siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu
perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi
hasil pengamatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskripsi
komparatif yaitu membandingkan antara pra siklus, siklus I, siklus II. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas belajar siswa. Adapun peningkatan
kualitas pembelajaran dapat dilihat pada pra siklus
keaktifan siswa 44,3% pada siklus I keaktifan siswa 68,6% pada siklus II
keaktifan siswa 88,6%. Hal ini membuktikan bahwa melalui
pembelajaran aktif dan menyenangkan dengan bermain kartu soulmate mampu meningkatkan kualitas belajar matematika.
Kata kunci :Kualitas-belajar, matematika,
pembelajaran-aktif, kartu-soulmate
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto,
Suharsimi dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arofah, Sri.2010. ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Keragaman Budaya Indonesia Melalui
Bermain Kartu Soulmate dan Penerapan Model Jigsaw di Kelas V SD Negeri Pekuwon
Semester Genap Tahun 2009/2010.” Semarang. Program Pasca Sarjana FKIP UT
Semarang.
Echols,
M.E dan Hassan Shadily. 2005. Kamus
Bahasa Inggris- Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia.
Hartini, Sri. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: PSKGI-FKIP Univ. Muhammadiyah
Surakarta
(http://depdiknas.go.id/Media/Document/Peranan
Guru Dalam Peningkatan Efektivitas Belajar Siswa/, diakses Kamis 28 Juni 2012).
(http://media.diknas.go.id/Media/Document/5335.Pdf.Desember/Prestasi
Belajar/, diakses Kamis 7 Juni 2012).
Jurnal Pendidikan Widya Tama, Volume 3 No.4. Desember
2006. LPMP Jawa Tengah : Semarang 2006.
Kunandar. 2011. Langkah
Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta
: Rajawali Pers.
Muhibbin, Syah. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Erlangga.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung:
Alfabeta.
Surtikanti dan Joko Santoso. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta:
Badan Penerbit-FKIP UMS.
Suwandi, Joko.2011. Penelitian Tindakan Kelas /Classroom Action Reseach. Surakarta:
PSKGI-FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta.
Tim Penyusun Badan Standar Nasional Pendidikan.
2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan
dan Pengembangan Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka.
Uno,
Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan Problema Solusi dan Reformasi Pendidikan
di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widiharto, Argo. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: FIP IKIP Semarang.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar