Jumat, 01 Januari 2016

PTK SD 247 = Pd 940 : Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan Dengan Bermain Kartu Soulamte Pada Siswa Kelas II SD XXX Tahun Pelajaran 2012/2013

 PTK SD 247 = Pd 940 : Peningkatan Kualitas Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan Dengan Bermain Kartu Soulamte Pada Siswa Kelas II SD XXX Tahun Pelajaran 2012/2013






ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas balajar siswa melalui pembelajaran aktif dan menyenang kandengan bermain kartu soulmate. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juni sampai dengan bulan Agustus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD XXX yang berjumlah 35 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengamatan pengelolaan metode pembelajaran aktif dan menyenangkan dengan bermain kartu soulmate, pengamatan aktivitas siswa dan guru pada akhir pembelajaran, dan data tes formatif siswa pada setiap siklus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian  terdiri atas kondisi awal (pra siklus), siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi hasil pengamatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskripsi komparatif yaitu membandingkan antara pra siklus, siklus I, siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas belajar siswa. Adapun peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilihat pada pra siklus keaktifan siswa 44,3% pada siklus I keaktifan siswa 68,6% pada siklus II keaktifan siswa 88,6%. Hal ini membuktikan bahwa melalui pembelajaran aktif dan menyenangkan dengan bermain kartu soulmate mampu meningkatkan kualitas belajar matematika.
Kata kunci :Kualitas-belajar, matematika, pembelajaran-aktif, kartu-soulmate





DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi dkk.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arofah, Sri.2010. ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Keragaman Budaya Indonesia Melalui Bermain Kartu Soulmate dan Penerapan Model Jigsaw di Kelas V SD Negeri Pekuwon Semester Genap Tahun 2009/2010.” Semarang. Program Pasca Sarjana FKIP UT Semarang.
Echols, M.E dan Hassan Shadily. 2005. Kamus Bahasa Inggris- Indonesia. Jakarta. PT. Gramedia.
Hartini, Sri. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: PSKGI-FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta
(http://depdiknas.go.id/Media/Document/Peranan Guru Dalam Peningkatan Efektivitas Belajar Siswa/, diakses Kamis 28 Juni 2012).
Jurnal Pendidikan Widya Tama, Volume 3 No.4. Desember 2006. LPMP Jawa Tengah : Semarang 2006.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : Rajawali Pers.
Muhibbin, Syah. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Erlangga.
Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Surtikanti dan Joko Santoso. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Badan Penerbit-FKIP UMS.
Suwandi, Joko.2011. Penelitian Tindakan Kelas /Classroom Action Reseach. Surakarta: PSKGI-FKIP Univ. Muhammadiyah Surakarta.
Tim Penyusun Badan Standar Nasional Pendidikan. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uno, Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan Problema Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widiharto, Argo. 2007. Psikologi Belajar. Semarang: FIP IKIP Semarang.


Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar