PTK SD 224 = Pd 917 : Peningkatan Kreativitas Belajar Bahasa Indonesia Materi Mendengarkan Cerita Rakyat Dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V Semester I SD XXX Tahun 2012/2013
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita
rakyat melalui Metode Bermain Peran.
Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD XXX yang berjumlah 18 siswa.
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan
melalui wawancara, observasi, tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk
trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan
teknik analisis data yang terdiri dari 3 komponen yaitu; Reduksi data,
Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap:
identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi
tindakan, pengamatan dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan,
Tindakan, Pengamatan dan Relfeksi.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan
dalam kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat
pada siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan
hasil kreatifitas siswa dalam belajar bahasa Indonesia materi mendengarkan
cerita rakyat yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I
persentasi ketuntasan hasil belajar siswa dalam kreatifitas belajar bahasa
Indonesia materi mendengarkan sebesar 61,11% atau 11 siswa dan pada siklus II
sebesar 83,33% atau 15 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode
bermain peran mampu meningkatkan kreatifitas belajar bahasa Indonesia materi
mendengarkan cerita rakyat pada siswa.
Kata
kunci: Kreatifitas belajar bahasa
Indonesia materi mendengarkan cerita rakyat, metode bermain Peran
DAFTAR PUSTAKA
Agus Budi
Wahyudi. 2011.Pembelajaran Bahasa &
Sastra Indonesia. Surakarta. PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Aqid, Zainal.
2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:
Yrama Widya.
Djago Tarigan,
dkk. 2005. Pendidikan Keterampilan
Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hartiningsih.
2009. “Peningkatan Kemampuan
Mengungkapkan Pikiran dan Perasaan Secara Lisan pada Siswa Kelas IV Melalui
Pendekatan Metode Bermain Peran SD Banyuurip Kabupaten Pati” (Skripsi S-1
Progdi PGSD). Semarang: IKIP PGRI Semarang.
izzatul, http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2184729-faktor-faktor-yang-mempengaruhi
kreatifitas/#ixzz2007Zyuh.
Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI
Semarang, 2006. Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan Program Diploma 2 PGSD
IKIP PGRI Semarang. Semarang: IKIP PGRI Semarang.
Joko Suwandi.
2011. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: PSKGJ-FKIP Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Jurnal Dikbud.
2009. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Badan Penelitian dan
Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
khoirumas, http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2253627-indikator-berpikir-kreatif/#ixzz200scfqdw.
Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas
Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: Rajawali Pers.
Maryadi, dkk.
2011. Pedoman Penulisan Skripsi FKIP. Surakarta:PSKGJ-FKIP Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Monty P.
Satiadrama, Fidelis E. Waruwu. 2003. Mendidik
Kecerdasan. Jakarta: Media Grafika.
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nar Herryanto,H.M.
Akib Hamid. 2007. Statistik Dasar.
Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwodarminto.
1976. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Puji Santoso,
dkk. 2007. Materi Pembelajaran Bahasa
Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rujiyanto, Joko
Sudibyo S.N. 2005. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Rubiyanto
Rubino. 2003. Metode Penelitian.
Surakarta: PSKGJ-FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sanusi Budi,
Asep Effendi, Aswan, Syamsuddin Yusuf, Purwati. 2001. Bina Bahasa dan Sastra
Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Solihin. 2010. “Peningkatan Pemahaman Mengungkapkan Siswa
tentang Dogeng Melalui Metode Bermain Peran Kelas II SD Mulyoharjo Kabupaten
Pati” (Skripsi S-1 Progdi PGSD). Semarang: Universitas Terbuka.
Suroso. 2004. Aku
Cinta Bahasa Indonesia SD. Surabaya: Tiga Serangkai.
Wardani,
I.G.A.K. dkk. 2006. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Yamin Martinis.
2005.Profesionalisasi Guru &
Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar