PTK SD 223 = Pd 916 : Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Karangan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD XXX Tahun 2012/2013
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa dalam menulis karangan melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL).
Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri XXX berjumlah
21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data
yang digunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data
menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan tranggulasi waktu. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis interaktif dan analisis deskriptif komparatif.
Teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan antara nilai hasil
tes pada kondisi awal dengan nilai hasil tes pada siklus I dan siklus II.Teknik
analisis interaktifterdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap :
identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi
tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap
yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam motivasi belajar siswa dalam
menulis karangan. Adapun peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari
perolehan nilai siswa dalam menulis karangan yang meningkat dari siklus I dan
siklus II. Pada siklus I persentase motivasi belajar siswa dalam menulis
karangan sebesar 76% atau 16 siswa dan pada siklus II sebesar 90% atau 19
siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam menulis karangan.
Kata kunci :
motivasi
menulis karangan, metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid. 2009. Perencanaan
Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsini. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bina Aksara
Asri. 2011. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa
Indonesia Menyusun Karangan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching dnd
Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Slungkep 03 Kecamatan Kayen
Kabupaten Pati (PTK S1-I PGSD UT). Semarang:FKIP Universitas Terbuka
Makmun, Abin Syamsudin. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2010. Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Margono,S. 2007. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Nasution. 2000. Didaktik
Asas-asas Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara
Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan.
Bandung:Remaja Grafindo Persada.
Rubiyanto. Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Solobaru:Qinant
Rosalin, Elin. 2008. Gagasan
Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Mandiri Persada
Surti Kanti, Joko Santoso. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta:UMS
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian
Tindakan Kelas. Solobaru:Qinant
Suwandi, Sarwiji, Rohmadi dan Muhammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Surakarta:Yuma
Pustaka – FKIP UNS
Wahyudi, Agus Budi. 2011. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solobaru:Qinant.
Winkel W.S. 1991. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi
Belajar. Jakarta:Gramedia.
Wiraatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Remaja Rosda Karya
Nadhirin.blogspot.com/…/model-pembelajaran-contextual-teaching.ht…10 Juli 2012
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2114607-indikator-indikator-motivasi-belajar-siswa/#ixzz1wq8YxfPC
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar