Jumat, 01 Januari 2016

PTK SD 223 = Pd 916 : Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Karangan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD XXX Tahun 2012/2013

 PTK SD 223 = Pd 916 : Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Karangan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SD XXX Tahun 2012/2013


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis karangan melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri XXX berjumlah 21 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan tranggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dan analisis deskriptif komparatif. Teknik analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan antara nilai hasil tes pada kondisi awal dengan nilai hasil tes pada siklus I dan siklus II.Teknik analisis interaktifterdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap : identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam motivasi belajar siswa dalam menulis karangan. Adapun peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam menulis karangan yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase motivasi belajar siswa dalam menulis karangan sebesar 76% atau 16 siswa dan pada siklus II sebesar 90% atau 19 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis karangan. 
Kata kunci     :   motivasi menulis karangan, metode Contextual Teaching and Learning (CTL)

DAFTAR PUSTAKA
Abdul Majid. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Arikunto, Suharsini. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bina Aksara
Asri. 2011. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Menyusun Karangan Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching dnd Learning (CTL) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Slungkep 03 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati (PTK S1-I PGSD UT). Semarang:FKIP Universitas Terbuka
Makmun, Abin Syamsudin. 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Mulyasa. 2010. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung:Remaja Rosda Karya.
Margono,S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara
Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung:Remaja Grafindo Persada.
Rubiyanto. Rubino. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Solobaru:Qinant
Rosalin, Elin. 2008. Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Mandiri Persada
Surti Kanti, Joko Santoso. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta:UMS
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Solobaru:Qinant
Suwandi, Sarwiji, Rohmadi dan Muhammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Surakarta:Yuma Pustaka – FKIP UNS
Wahyudi, Agus Budi. 2011. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Solobaru:Qinant.
Winkel W.S. 1991. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta:Gramedia.
Wiraatmadja, Rochiati. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Remaja Rosda Karya
Nadhirin.blogspot.com/…/model-pembelajaran-contextual-teaching.ht…10 Juli 2012

Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar