PTK SD 287 = Pd 980 : UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA VARIATIF PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SD XXX TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ABSTRAK
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas belajar IPS menggunakan metode
STAD (Student Teams Achievement Division)dengan media
variatif. STAD merupakan metode tentang pengaturan kelas dan bukan metode
pengajaran komprehensif untuk subjek tertentu. Guru dapat menggunakan pelajaran
dan materi mereka sendiri. Tujuan utama dari kelompok belajar siswa adalah
mempercepat pemahaman semua siswa. Pengaruh metode ini positif bagi siswa yang
pintar, sedang maupun yang kurang pintar. Subjek penelitian adalah guru dan
siswa kelas II SD N XXX yang berjumlah 8 siswa. Sumber data dari
penelitian ini adalah guru dan siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara,
observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi
masalah, persiapan, penyusunan, rencana tindakan, implementasi tindakan,
pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian sendiri dilaksanakan
dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat tahap, yaitu:
perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan kreatifitas belajar siswa. Keberhasilan tersebut dapat
terlihat dari adanya peningkatan persentase kriteria kkratifitas dari tahap pra
siklus, siklus I hingga siklus II. Pada tahap pra siklus menunjukkan persentase
yang rendah yaitu 37,5% saja yang sudah memenuhi kriteria. Pada siklus I ada
peningkatan sebesar 25% menjadi 62,5% dari siswa yang memenuhi kriteria
kreatifitas dan pada siklus akhir sebanyak 7 siswa atau 87,5% dari siswa sudah
memenuhi kriteria kreatifitas. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan
metode STAD menggunakan media variatif dapat meningkatkan kreatifitas belajar
siswa kelas V SD N Baturejo 02.
Kata
kunci : Kreatifitas belajar IPS, metode STAD (Student Teams
Achievement Division), media variatif.
DAFTAR PUSTAKA
Cahyani, Riana. 2010. Pembelajaran IPS Kreatif. Jakarta:
Balai Pustaka.
Hamdani, Alam, Nizar. 2008. Panduan Membuat Penelitian Tindakan
Kelas. Bandung : Rahayasa.
Hidayat, Nur. 2011. Media Pembelajaran dan ICT. Solo : Qinant.
Jhonson, Lou Anne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik.
Jakarta : PT Indeks.
Khasanah, Uswatun. 2007. Pengaruh Pendekatan Sains Teknologi
Masyarakat (STM) dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa.
Surakarta: UNS
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
Sharan, Shlomon. 2009. Handbook of Cooperatif Learning.
Yogyakarta : Imperium.
Slameto. 1995. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya.
Jakarta : Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung : Remaja Rosdakarya.
______, Nana. 2005. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
Algesindo
Sumiati dan Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung : CV
Wahana Prima.
Supardan, Dadang. 2007. Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian
Pendekatan Struktural. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Solo :
PSKGJ-FKIP
Tri Anni, Catharina dkk. 2005. Psikologi Belajar. Semarang
: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran.
Jakarta : IPA Abong.
|
Untuk Mendapatkan File Lengkap silahkan Hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar